Jumlah pembaca dari kalangan pria di Indonesia untuk
konsumsi media digital menarik perhatian tersendiri bagi para pebisnis
media online. Setidaknya data Scoop yang mengungkap bahwa
79 persen pembaca e-reader di Indonesia adalah kaum pria
merupakan isyarat betapa potensialnya menggarap pasar untuk media
online khusus pria. Berikut ini tujuh portal online khusus pria
terpopuler di Indonesia berdasarkan data ranking dari
SimiliarWeb.

Apa yang dominan ketika saya mengunjungi Sooperboy? Ya, foto
wanita-wanita cantik yang seksi dengan pose “menantang” bertebaran
dimana-mana. Sooperboy memang sangat memanjakan mata Anda sebagai pria
dengan foto bahkan video mengenai sosok wanita cantik dan seksi. Bahkan
Sooperboy — yang berada dalam naungan Fimela Group — menyediakan rubrik
khusus yang mengulas profil para wanita cantik dan seksi itu bernama
“Girls”. Tidak salah jika Sooperboy menempati urutan pertama pada daftar ini.
Ranking SimilarWeb:
ke-501 di Indonesia.

Men’s Health merupakan majalah
franchise yang berasal dari
Amerika Serikat dan mulai merambah Indonesia pada tahun 2002. Tahun 2013
kemarin, Men’s Health Indonesia yang berada dibawah Femina Group ini
mulai meluncurkan website resminya. Dari awal kemunculannya, Men’s
Health sudah memiliki
positioning dan pembeda sebagai majalah pria dengan secara khusus membahas kesehatan, fitness, dan nutrisi.
Ranking SimiliarWeb:
ke-3.739 di Indonesia.

Mengklaim sebagai portal online khusus pria yang
tidak fokus mengusung “fantasi seksual” sebagai konten utama,
TalkMen membuktikan eksistensinya yang masih diterima di kalangan
pembaca setelah dua tahun berdiri. Ciri khas TalkMen terletak pada
konten mengenai gaya hidup dan tren yang disesuaikan dengan kebutuhan
dan budaya pria di Indonesia. TalkMen juga dikenal dengan konten-nya
yang original dan bukan sekedar “copy paste”.
Ranking SimiliarWeb:
ke-5.541 di Indonesia

Dengan penyampaian yang lugas, tulisan-tulisan di Malezones menjadi
lebih menarik dan enak dibaca. Tidak jauh berbeda dengan portal online
khusus pria yang sudah saya bahas sekilas sebelumnya, Malezones
menyediakan informasi yang berhubungan dengan kebutuhan, kultur, dan
kepentingan pria Indonesia. Malezones sendiri membidik pembaca pria
Indonesia berusia 20 hingga 40 tahun.
Ranking SimiliarWeb:
ke-9.404 di Indonesia.

Ditargetkan untuk pembaca pria dari kelas menengah ke atas, gaya
bahasa Esquire Indonesia terasa lebih elegan. Uniknya sekalipun memiliki
konten yang tidak jauh berbeda dengan portal online khusus pria yang
saya bahas sebelumnya, hanya Esquire satu-satunya yang memiliki rubrik
fiksi berupa “Cerpen”. Jauh sebelum memiliki versi digital, Esquire
Indonesia — yang berada di bawah MRA Media Group ini — pada tahun 2008
semula hanya berupa majalah cetak.
Ranking SimiliarWeb:
ke-32.036 di Indonesia.

Selain keunikan dari pemilihan nama domain yang merupakan plesetan dari bahasa slank “
Yo my man”,
keunikan Yomamen lainnya terletak pada konten gaya hidup asli pria
Indonesia. Saya jarang menemukan tulisan hasil dari terjemahan media
asing. Dari
keterangan website-nya, Yomamen memang menghindari plagiarisme gaya hidup pria luar negeri, yang belum tentu cocok dengan gaya hidup dalam negeri.
Ranking SimiliarWeb:
ke-38.228.

Dirancang untuk para pria mapan berusia 35 tahun keatas, BestLife
Indonesia menyajikan tulisan-tulisan mengenai gaya hidup kelas atas.
Bukan hanya membahas fashion dan
gadget untuk pria dari kelas
atas, konten BestLife Indonesia lebih beragam seperti pembahasan
properti. BestLife Indonesia sendiri dengan Men’s Health Indonesia
sama-sama berada di bawah Femina Group.
Ranking SimiliarWeb:
ke-46.475 di Indonesia.
(Diedit oleh Yasser Paragian dan Enricko Lukman)
No comments:
Post a Comment