Thursday, March 29, 2018

Modal Dalam Bisnis

Memulai sebuah bisnis memang memerlukan *MODAL*
Sayangnya, pengertian sebagian besar orang tentang modal, *selalu tentang UANG*.
*Padahal, tidak semua modal harus berupa Uang.*


Coba pikirkan renungan ini :

Hari ini kita masih sehat, tidak kekurangan satu apapun, bisa makan cukup, minum cukup.

*Apakah itu modal?*

*Ya tentu. Bayangkan, betapa sulitnya seseorang memulai bisnis kalau tubuhnya tidak sehat. Bayangkan, betapa tidak mudahnya seseorang bekerja kalau ia kekurangan minum (kekurangan air)?*

So, sebenarnya kondisi kita saat ini *SANGAT BISA untuk disyukuri.*

Allah sudah menyediakan semua yang kita perlukan untuk hidup. *Jadi mari awali dengan BERSYUKUR.*

Modal yang amat penting untuk dimiliki oleh seorang pebisnis adalah *MENTAL dan PIKIRANNYA. Ini modal yang sangat penting..*


Apakah mungkin seseorang menjadi pebisnis sukses kalau mental atau pikirannya terganggu?

Jelas sangat sulit. *Intinya, mental dan pikiran adalah aset yang
sangat-sangat-sangat berharga.*

*Mental dan Pikiran yang baik adalah modal pertama yang harus dimiliki untuk memulai Bisnis.*


Lalu modal yang kedua adalah *KARAKTER dan SIKAP.*

Seperti apa karakter dan sikap seorang pebisnis sukses?

*Seorang pebisnis yang sukses punya karakter dahsyat, seperti :*

*- pantang menyerah,*
*- mau bekerja keras,*
*- mau belajar,*
*- rendah hati,*
*- jujur,*
*- disiplin,*
*- tekun, dsb.*


*Mari kita renungkan, apakah semua karakter positif tadi sudah
menjadi keseharian kita?*
Jika belum, mari segera kita *Mulai dan Perbaiki..*

*Ingat, ILMU yang Anda dapat akan sia-sia, jika Anda tak pernah ACTION..!!*


Semoga bermanfaat..

*SALAM SUKSES...* 😊🙏

Thursday, March 22, 2018

5 Akun Twitter 'inspiratif' Yang Seharusnya Kamu Follow

Di tengah gempuran ujaran kebencian, cuitan memecah belah, dan pengaruh negatif lainnya, lima akun twitter pilihan ini lebih memilih membagikan ilmu dan pengaruh positif dalam kancah kicau mengicau. Kicauannya selain meneduhkan juga berprotein tinggi bagi para penikmatnya. Warganet yang terpikat dan terpincut pun terus meningkat.

Berikut sejumlah akun cuit mencuit pilihan yang tidak akan disebarkan dan dibagikan oleh orang-orang pelit bin medit seperti saya. Sederhana saja, orang pelit termasuk saya tidak ingin kamu semua lebih pintar apalagi melebihi saya.

1. @hidayatbagdja

Wartawan Tempo ini hobi mengunyah informasi rumit lalu disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Melalui tulisan di blognya yang sering ditautkan di akun twitternya banyak memberikan informasi yang enak dibaca dan perlu. hehe..

Di luar itu semua, pewarta ini juga tidak sombong menghadapi mention dari petualang medsos lainnya. Dia juga tidak segan-segan membalas apabila perlu dibalas. (tidak jelas ya, saya aja tidak mengerti apa yang saya tulis). Nah, berbeda dengan bagja, hampir keseluruhan yang dia tulis betul-betul dipahaminya.

Salah satu tulisannya membahas tentang Menteri Susi dan kebiasannya berbahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Ternyata kebiasaan Menteri Susi tsb berpengaruh signifikan terhadap anggaran negara. Bahkan, semakin rumit bahasa yang digunakan cenderung disalahgunakan untuk kepentingan syaitoni.

2. @ivanlanin

Ivan Lanin mengabdikan diri melalui cuitan-cuitannya demi berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai penjaga moral berbahasa yang baik, Ivan tidak segan-segan memberitahu apabila ada yang salah dan rancu dalam berbahasa. Dia pun ringan tangan, ramah, dan tidak sombong apabila ditanya terkait bahasa Indonesia.

Penetrasi berbahasa yang sesuai kaidah lurus nan tepat yang digaungkan Ivan tidak berarti secara kaku dan tegang seperti guru matematika saya ketika makan bangku sekolah. Bahkan, cuitannya selain memiliki nilai dakwah juga membuat tersenyum pembacanya.

Contoh cuitannya :
Hampir vs nyaris:
- hampir = bisa untuk positif atau negatif
- nyaris = untuk yang negatif/kurang baik
Contoh:
benar
- hampir menang
- hampir kalah
- nyaris kalah
salah
- nyaris menang
Jadi, 'hampir menikah' atau 'nyaris menikah'?

3. @mpujayaprema

Wartawan senior Tempo bernama e-ktp, Putu Setia memiliki kemampuan luar biasa atau biasa di luar dalam mengolah kata-kata. Doski memiliki kolom sendiri setiap hari Sabtu di koran tempo bertajuk cari angin. Tulisannya kerap bernada fals dan menohok tetapi membuat para penikmatnya menyunggingkan senyum. Sebagai salah satu contoh ketika korupsi di Partai Demokrat semakin menjadi-jadi, doski menulis: katakan (saja) tidak pada(hal) korupsi. Tulisan tsb tentu memiliki pesan menyengat bagi para pembaca karena memplesetkan slogan partai itu.

Di luar itu semua, penulis buku wartawan jadi pendeta itu lebih suka mencuit kicuan yang meneduhkan. Pemuka agama Hindu itu juga memiliki pandangan yang unik terhadap berita-berita ataupun isu-isu terkini yang sedang merajalela.

Coto : (sengaja bukan contoh karena berharap ada yang mengantarkan coto makasar ke rumah).. hehe.. jayus ya

Ada yang mencuit dengan kicauan mengobarkan api separatisme dan mengancam integritas negeri ini dipadamkan sang pemuka agama dengan cuitan: Yogyakarta itu daerah istimewa harus dihormati. Kalau Bali sama dengan daerah lain yang tak istimewa. Siapa pun boleh menetap di Bali dan beli tanah di Bali.

4. @pidibaiq

Penulis buku berseri Dilan yang sedang ngehits di dunia dan akhirat ini memiliki keunikan dalam memadu kata. Kalimat bentukannya kerap mengernyitkan kening profesor bahasa Indonesia namun memiliki sebuah kesaktian yang membuat pembaca terpikat. Walaupun film besutannya yang dibuat berdasarkan buku gubahannya yang laris manis digadang-gadang bisa merajai film Indonesia doski tetap ramah, hemat, dan rajin menabung. Setiap sapaan dari para pengikutnya sebisa mungkin dia balas.

Ketika ada seorang makmum bertanya kepadanya selaku imam melalui akun twitter tentang apakah arti cinta, doski menjawab: Cinta itu bahasa Inggrisnya Love. Bahasa Indonesianya Cinta. Diberikan kepada siapa yang kamu cintai.
Unik cukup bukan..

5. @wartawanisme

Bukan bermaksud numpang ngetop. Akun twitter ini bertujuan untuk memudahkan khalayak dalam berkehidupan. Memudahkan dalam artian hanya memfokuskan ke hal-hal yang sebenarnya penting dan berpengaruh terhadap hidup kita. Selain itu, juga membagikan lowongan kerja media, kutipan-kutipan bermanfaat dari media, berbagi ilmu receh, dan masih dikit lagi.

Si mpunya ingin meraih follower hingga satu miliar untuk diwariskan kepada anak dan cucu. Sungguh cita-cita yang mulia sekali ya.
Source
  • https://www.kaskus.co.id/thread/5a8f91681ee5dfa35c8b4568/5-akun-twitter-yang-sebaiknya-tak-disebarkan/

Tuesday, March 13, 2018

Kemanakah Naskah Supersemar?



Surat Perintah Sebelas Maret alias Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani Presiden Soekarno pada 11 Maret 1966. Isinya berupa instruksi Presiden Soekarno kepada Letjen Soeharto, selaku Menteri Panglima Angkatan Darat, untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengawal jalannya pemerintahan pada saat itu.

Dalam konsep kearsipan, Supersemar merupakan salah satu jenis arsip kepresidenan berupa “Surat Perintah”, yang benilai kesejarahan sangat tinggi, khususnya sejarah awal Orde Baru. Sebagai bagian dari catatan penting sejarah perjalanan bangsa Indonesia, meski sudah berusia hampir setengah abad, naskah asli Supersemar belum juga ditemukan. Publik pun bertanya-tanya: apakah Supersemar memang benar-benar ada?

Tiga versi

Hilangnya naskah asli Supersemar masih jadi misteri. Saat ini, Supersemar yang beredar di tengah masyarakat ada tiga versi. Mengapa harus ada tiga? Apakah ada bagian-bagian tertentu yang sengaja ditutup-tutupi?

Keraguan keaslian Supersemar yang dipublikasikan secara luas muncul setelah Orde Baru (Orba) tumbang pada 1998. Keraguan publik atas keaslian fisik dan ketepercayaan isi Supersemar semakin diperkuat oleh keterangan beberapa saksi sejarah bekas tahanan politik Orba yang akhirnya buka suara.

Sejumlah versi Supersemar pun beredar. Entah mana yang benar. Namun, yang tidak bisa dibantah adalah Supersemar yang disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) saat ini bukan naskah aslinya.

Saat ini ANRI menyimpan tiga Supersemar. Namun, ketiganya memiliki versi masing-masing. Pertama, Supersemar yang diterima dari Sekretariat Negara, dengan ciri: jumlah halaman dua lembar, berkop Burung Garuda, diketik rapi, dan di bawahnya tertera tanda tangan beserta nama Sukarno.

Kedua, Supersemar yang diterima dari Pusat Penerangan TNI AD dengan ciri: jumlah halaman satu lembar, berkop Burung Garuda, ketikan tidak serapi versi pertama. Penulisan ejaan sudah menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku pada saat itu. Jika pada versi pertama di bawah tanda tangan tertulis nama Sukarno, pada versi kedua tertulis nama Soekarno.

Ketiga, Supersemar yang diterima dari Yayasan Akademi Kebangsaan, dengan ciri: jumlah halaman satu lembar, sebagian surat robek sehingga tidak utuh lagi, kop surat tidak jelas, hanya berupa salinan. Tanda tangan Soekarno pada versi ketiga ini juga berbeda dengan versi pertama dan kedua.

Dengan terdapatnya beberapa perbedaan, banyak pihak meragukan keaslian ketiga Supersemar tersebut. Untuk menjawab keraguan itu, ANRI bekerja sama dengan Pusat Laboratorium Forensik Badan Reserse Kriminal Polri telah melakukan pengujian terhadap material/bahan yang digunakan untuk membuat Supersemar (kertas, tinta, pita mesin ketik), ciri-ciri fisik dan intelektual yang terdapat dalam Supersemar (kop surat, lambang, stempel, huruf, format ketikan).

Hasilnya? Supersemar tersebut dinyatakan tidak asli (tidak otentik). Meski demikian, ANRI tidak dapat mengatakan Supersemar itu palsu sebelum naskah aslinya ditemukan untuk digunakan sebagai pembanding.

Naskah asli Supersemar seharusnya ada di tengah-tengah bangsa Indonesia yang merdeka sehingga ada kepastian terkait sejarah awal Orba. Dengan begitu, tidak ada lagi mitos terhadap Supersemar maupun tokoh-tokoh pelakunya.

(sumber: kompas.com)

Tuesday, March 06, 2018

Rayakan Hari Perempuan Internasional, Google Doodle Tampilkan 12 Karya Unik Seniman Wanita


TRIBUN-TIMUR.COM - Hari ini, Kamis (8/3/2018), Google Doodle merayakan Hari Perempuan Internasional 2018.

Dalam merayakannya, Google menampilkan 12 karya seniman wanita yang datang dari latar belakang dan kisah berbeda.

Untuk dapat melihat 12 cerita menarik, Anda dapat mengklik tombol play di bagian tengah Doodle.

Dilansir tribun-timur.com dari laman Google, Doodle hari ini, untuk merayakan cerita dan suara kelompok perempuan lain yang luar biasa - wanita sehari-hari yang tinggal di seluruh dunia.

Untuk Doodle interaktif global hari ini, Google ingin menjangkau 12 seniman wanita dari semua latar belakang untuk berbagi cerita pribadi mereka dalam serangkaian narasi visual.

Secara khusus, setiap cerita mewakili momen, orang, atau peristiwa yang telah mempengaruhi kehidupan mereka sebagai wanita.

Sementara masing-masing seniman menceritakan sebuah cerita unik, temanya universal, mengingatkan kita akan seberapa sering kita memiliki kesamaan.

"Kami berharap kekuatan gabungan kata-kata dan gambar membantu membawa cerita-cerita ini ke kehidupan dengan cara yang memunculkan perasaan akan pengertian, empati, dan semangat hari ini," kata Google.
Proyek ini merupakan perjalanan yang luar biasa bagi Google, dan pihaknya tergerak oleh keterusterangan, keintiman, dan keberanian cerita para kontributor kami.

"Menerjemahkan karya-karya ini ke 80 lebih bahasa dan membagikannya ke seluruh khalayak global sangat berarti bagi kami, dan kami berharap pembaca akan terus merasakan perasaan mereka seperti yang terinspirasi seperti yang kami lakukan," ujarnya.

"Terima kasih khusus kepada pendongeng, pembaca, dan setiap orang yang terlibat dalam proyek ini untuk merayakan hari yang penting. Dan yang terakhir - tapi tentu tidak sedikit - terima kasih kepada semua wanita dalam kehidupan kita sendiri yang terus bergerak dan mengubah dunia dengan cerita mereka sendiri," imbuhnya.

Lantas, siapakah 12 seniman wanita tersebut.?
1. Isuri - “Aarthi yang Luar Biasa"
2. Kaveri Gopalakrishnan - "Di Atas Atap"
3. Karabo Poppy Moletsane - "Kemenangan Ntsoaki"
4. Chihiro Takeuchi - "Usia dan Tahapan"
5. Tunalaya Dunn - "Berbagi Kebaikan"
6. Anna Haifisch - “Nov 1989”
7. Francesca Sanna - "Kotak"
8. Saffa Khan - "Tanah Air"
9. Philippa Rice - "Percaya"
10. EstelĂ­ Meza - "Bibiku yang Bahagia"
11. Tillie Walden - "Menit"
12. Laerte - “Cinta"

Source : Tribun Timur

Monday, March 05, 2018

17 Fakta Unit Tentang Piala Oscar

Berikut Ini Beberapa Catatan Menarik Penyelenggaraan Oscar Yang Telah Berlangsung Selama 89 kali, sejak 1929. #Oscar #AccademyAwards

1.         Aktris Meryl Steep masuk nominasi Oscar 21 kali
Dari panggung teater, Meryl Streep merambah layar lebar dengan film Julia pada 1997. Sepanjang kariernya, ia sudah membintangi 50 film. Ia sudah masuk nominasi Oscar sebanyak 21 kali dan tiga kali membawa pulang piala bergengsi itu.
2.         Rekor Octavia Spencer
Octavia Spencer merupakan aktris berkulit hitam pertama yang masuk nominasi Oscar setelah memenanginya.
Spencer meraih Oscar sebagai aktris pemeran pembantu pada 2013. Tahun ini Spencer masuk nominasi untuk kategori sama dengan film Shape of Water.
3.         Film fiksi ilmiah belum pernah jadi film terbaik
Beberapa film bergenre fiksi ilmiah masuk nominasi Film Terbaik. Contohnya Star Wars (1977), ET. The Extra-Terrestrial (1982), Avatar (2009), Inception (2010), dan Gravity (2013). Namun tidak satu pun dari film-film itu meraih gelar Film Terbaik.
4.         Satu Oscar dengan satu nominasi.
Film Grand Hotel (1932) menjadi satu-satunya film yang mendapat satu nominasi, yakni Film Terbaik, yang berhasil membawa pulang Piala Oscar.
5.         Peraih Oscar termuda berusia 10 tahun
Tatum O'Neal adalah aktris termuda yang meraih Piala Oscar. Ia menyabet gelar aktris pemeran pembantu berkat aktingnya dalam film Paper Moon. Sebelumnya ada aktris cilik Shirley Temple yang mendapat Piala Oscar kehormatan pada usia lima tahun.
6.         Mendapat Piala Oscar setelah meninggal
Peter Finch dan Heath Ledger meraih Piala Oscar setelah mereka tiada. Akting Finch dalam film Network (1976) dan Ledger dalam The Dark Knight (2008) diganjar Piala Oscar.
7.         Alfred Hitchcock tak pernah menang Oscar
Lima kali dinominasikan sebagai sutradara terbaik di Academy Awards, Alfred Hitchcock sama sekali tidak pernah membawa pulang Piala Oscar hingga ia tutup usia pada 1980. Meskipun demikian penyelenggara Oscar menganugerahkan Irving G. Thalberg Memorial Award pada 1968.
8.         Piala Oscar pernah dicuri
Pada tahun 2000, panitia Oscar pernah kecolongan. Sebanyak 55 piala Oscar yang masih tersegel dicuri. Lima puluh dua piala ditemukan di tempat sampah, sedangkan tiga lainnya raib. Tiga tahun kemudian, penyelidik FBI menemukan satu Oscar pada penyelidikan kasus narkoba.
9.         Kathryn Bigelow
Kathryn Bigelow adalah satu-satunya perempuan yang berhasil meraih Piala Oscar untuk Sutradara Terbaik. Ia meraihnya pada Academy Awards ke-82 pada tahun 2010 berkat film the Hurt Locker. Sejak itu tidak pernah ada lagi perempuan yang masuk nominasi sutradara terbaik. Baru pada 2018, sutradara Greta Gerwig dengan film Lady Bird masuk nominasi.
10.     Harga Piala Oscar hanya 1 dollar AS
Pemenang Oscar boleh menjual pialanya, tetapi kepada penyelenggara Academy Awards lebih dulu. Harganya pun ditentukan, yakni 1 dollar AS.
11.     Dua aktor ini dapat piala Oscar karena memainkan peran yang sama
Meski berbeda era, Marlon Brando dan Robert De Niro pernah memerankan tokoh Vito Corleone, Brando membintangi The Godfather (1972) sedangkan De Niro dalam The Godfather II (1974). Mereka sama-sama diganjar Piala Oscar.
12.     Di mana Oscar-ku?
Setidaknya 10 peraih Piala Oscar tidak bisa menemukan penghargaan berharga itu. Mereka lupa di mana menaruhnya. Beberapa nama di antaranya adalah Angelina Jolie, Jeff Bridges, dan Matt Damon.
13.     Tiket Oscar
Harga tiket Academy Awards ke-1 yang digelar pada 1929 hanya 5 dollar. Tahun ini tiket Academy Awards ke-90 dipatok harga 150 hingga 750 dollar AS.
14.     Hanya satu Oscar dapat Piala Oscar
Sepanjang sejarah perhelaan Academy Awards, hanya satu orang bernama Oscar yang pernah meraih Piala Oscar. Dialah Oscar Hammerstein II. Hammerstein bahkan mendapat dua kali Piala Oscar. Keduanya untuk lagu asli terbaik, masing-masing "The Last Time I Saw Paris" (1942) dan film Lady Be Good dan "It Might as Will Spring" (1946) dari film State Fair.
15.     Honor pengisi bangku kosong
Panitia Academy Awards menyewa sejumlah orang untuk mengisi bangku kosong karena ditinggalkan penghuninya. Honor pengisi bangku kosong itu 125 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta per jam.
16.     Kevin O'Connell
Kevin O'Connell adalah langganan nominasi Academy Awards untuk penata suara. Ia menjadi nomine kategori itu sebanyak 18 kali. Baru pada 2017, ia membawa pulang Piala Oscar.
17.     John C Reilly
Sejarah mencatat hanya aktor John C Reilly yang membintangi tiga film yang masuk nominasi film terbaik Academy Awards pada 2002. Film-film adalah Chicago, The Hours, dan Gangs Of New York.

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter