Wednesday, March 30, 2011

Cara Download File Swf Dari Website Atau Situs

Saat ini, banyak tutorial video yang ditampilkan dalam web browser. Hampir dapat dipastikan bahwa semua animasi yang ditampilkan dalam format Shockwave Flash swf. Kelebihan format ini adalah ukuran yang kecil ( untuk video tutorial) dan dengan mudah dijalankan melalui web browser yang telah disertakan plugins shockwave player.

Terkadang setelah kita melihat video di web browser, ingin kita simpan di hardisk, sehingga bisa kita lihat offline. Tetapi hal ini sering membingungkan, bagaimana caranya menyimpan file swf itu. Karena dengan klik kanan video, tidak ada menu untuk menyimpannya. Ada tips yang bagus untuk menyimpan file embedded ini ke hardisk. Tips ini bisa dijalankan di Mozilla Firefox, Internet Explorer (IE) dan Opera tanpa menambahkan plugins apapun.

Menyimpan Dari Browser Mozilla Firefox

Untuk Pemula :

1. Klik Tools – Page Info
2. Pilih tab Media di bagian Page Info Windows
3. Disana ditampilkan daftar lengkap dengan preview data gambar, CSS files dan Shockwave Flash yang sudah didownload oleh Firefox ketika membuka filenya.
4. Scroll down dan cari file swf yang diinginkan.
5. Klik tombol Save As, dan simpan dilokasi yang diinginkan.

Untuk Power Users :

1. Buka browser
2. Tuliskan di URL Address about:cache?device=disk
3. Akan ditampilkan semua data sementara dari hasil browsing, seperti gambar, file php, Shockwave flash dan lainnya.
4. Untuk mencari tinggal klik Ctrl+F dan cari nama bagian web atau hanya tulis .swf.
5. Setelah ditemukan maka klik kanan linknya dan pilih Save Link As

Menyimpan Dari Browser Internet Explorer Dan Opera Browser

1. Klik Tools - Internet Options
2. Di bagian General Tab, Klik Settings dibagian Temporary Internet Files group.
3. Klik View Files untuk melihat isi folder Temporary Internet Files folder. Folder ini dapat berisi ratusan , ribuan bahkan lebih, tergantung setting maksimal spacenya.
4. Untuk mencari file swf, tinggal urutkan berdasarkan file types. Dan cari dengan tipe Shockwave flash object.
5. Jika sudah ditemukan, simpan file tersebut ke folder lain

Tuesday, March 29, 2011

Pelopor Dunia Internet Tutup Usia

TOKOH pelopor internet, Paul Baran, meninggal dunia di Palo Alto, California, Amerika Serikat, pada Sabtu (26/3). Sosok penting dunia internet itu tutup usia akibat komplikasi kanker paru-paru.

Pria berusia 84 tahun itu pernah bergabung dengan RAND Corporation yang fokus pada isu-isu militer Perang Dingin. Baran mendedikasikan dirinya untuk memikirkan cara berkomunikasi dalam peristiwa serangan nuklir.

Mengingat bahwa fasilitas switching terpusat hancur akibat serangan nuklir. Baran menggagas ide sebuah sistem untuk perusahaan agar tidak membutuhkan sebuah switch terpusat. Gagasan itulah yang mendasari lahirnya internet modern.

Baran datang dengan ide jaringan node tanpa awak yang berfungsi sebagai switch. Serta konsep membagi data ke dalam blok pesan yang akan dikirim keluar kantor secara terpisah, dan bergabung kembali ketika tiba di tempat tujuan.

Ia pun menguji pemikiran itu pertama kali pada 1969. Sistem itu dikenal sebagai ARPAnet dan didanai oleh Departemen Pertahanan Advanced Research Projects Agency (DARPA).

''Dalam waktu dua tahun, sistem tersebut menjadi sebuah kantor yang dilengkapi kecepatan elektronik tertinggi untuk bertukar informasi secara teknis,'' kata RAND.

kelahiran Grodno, Polandia, 29 April 1926 itu bergabung dengan RAND Corporation tahun 1959. Pada saat itu perusahaan tersebut fokus pada isu-isu militer Perang Dingin. Dan secara khusus memikirkan bagaimana berkomunikasi dalam peristiwa serangan nuklir.

Tugas mempertahankan daftar nama host dan alamat melalui ARPAnet akhirnya terbukti cukup sulit, dan DOD (Department of Defense) akhirnya menciptakan sistem nama domain (DNS) pada 1980-an.

ARPANET telah dihapus tahun 1990, dan yang berkembang menjadi NSFNET, jaringan berkecepatan tinggi nasional berdasarkan protokol internet yang dikembangkan oleh IBM, MCI, dan Merit, melalui hibah dari National Science Foundation.

Pada 1992, Kongres memberikan NSF kewenangan untuk memungkinkan kegiatan komersial pada NSFNET, yang meletakkan dasar untuk Internet yang kita kenal sekarang.

Pada 1997, Presiden Clinton mengarahkan Sekretaris Perdagangan untuk memprivatisasi DNS, dan upaya mengarahkan penciptaan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers pada tahun 1998.(MI/***)

Ciri - Ciri Komponen Komputer Yang Palsu

PROCESSOR
Processor palsu/remark/overclock biasanya dijual dalam kondisi TRAY/tanpa BOX. Processor Palsu selain kinerjanya rendah, tingkat kestabilannya juga rendah, ini diakibatkan karena processor tersebut biasanya dalam kondisi ter-overclock, sehingga panas yang ditimbulkan menjadi tinggi yang pada akhirnya membuat komputer tidak stabil/sering terjadi hang. Masa garansi processor palsu biasanya paling lama hanya satu tahun, dan harganya lebih murah dari pada processor yang asli. Cara paling efektif dalam membedakan processor asli dan palsu adalah, cek masa garansinya (processor Intel asli/AMD asli bergaransi 3 tahun), lalu cek serial numbernya, serial number ini harus sama dengan yang tertulis pada box processor.

MOTHERBOARD
MOTHERBOARD PALSU/REKONDISI biasanya dijual tanpa menyebutkan merek-nya, dan hanya disebutkan jenis chipsetnya saja, bahkan terkadang dijual juga sebagai barang second. Cara efektif untuk menghindari motherboard palsu adalah dengan menanyakan merek motherboard, masa garansi motherboard, dan meminta semua kelengkapan motherboard tersebut pada saat membeli, misal box motherboard, cd driver, buku petunjuk instalasi dan lain sebagainya. cara lainnya adalah dengan melihat serial number motherboard tersebut, serial number yang tertulis di motherboard harus sama dengan yang tertulis di boxnya. Masa garansi haruslah minimal 1 tahun dengan minimal garansi 3 bulan pertama rusak diganti baru.


VGA CARD
Sama seperti halnya dengan Motherboard, VGA palsu biasanya juga dijual tanpa merek dan hanya menyebutkan jenis chipsetnya saja. Cara menghindari VGA palsu sama dengan di atas, yaitu menanyakan merek VGA, menanyakan masa garansi, meminta kelengkapan dari VGA tersebut (box, CD Driver, dan buku petunjuknya) dan cek serial numbernya. Cara lain adalah dengan melakukan cross check ke website pabrik pembuat VGA card tersebut, karena ada beberapa VGA palsu di Yogyakarta yang dijual dengan merek terkenal, sementara pabriknya sendiri tidak membuat VGA card dengan jenis tersebut. Masa garansi haruslah minimal 1 tahun dengan minimal garansi 3 bulan pertama rusak diganti baru.

CDROM/DVDROM/CDRW
cara membedakan dan menghindarinya sama dengan di atas. HARD DISK Garansi Hard Disk original = 1 tahun rusak langsung diganti baru.


MEMORY

Sama dengan di atas. Perbedaannya adalah, Memory original itu selalu bergaransi seumur hidup/Life Time, dengan kata lain, jika rusak akan langsung diganti baru.

Berikut di bawah ini adalah perincian masa garansi dari berbagai macam peripheral yang asli/original : Processor Intel (Celeron & Pentium 4) = garansi 3 tahun rusak diganti baru Processor AMD (Athlon XP, Sempron, AMD64) = garansi 3 tahun rusak diganti baru Motherboard ASUS = garansi 2 tahun, 3 bulan rusak diganti baru Motherboard GIGABYTE = garansi 3 tahun, 1 tahun rusak diganti baru Motherboard ECS = garansi 5 tahun, 3 bulan rusak diganti baru Motherboard PC PARTNER = garansi 2 tahun rusak diganti baru Motherboard DFI = garansi 1 tahun, 3 bulan rusak diganti baru Motherboard Intel = Garansi 2 tahun, 3 bulan rusak diganti baru lain-lain minimal garansi satu tahun, dengan 3 bulan rusak diganti baru.

Monday, March 28, 2011

Cara Mempersingkat Alamat Website/Blog Dengan Domain Dot Tk

Memprsingkat alamat website bukanlah hal yang sulit. Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini. Kali ini saya akan menggunakan domain dot tk, So ikutilah langkah-langkah berikut :

1. Buka Dulu http://www.dot.tk/en/index.html?lang=en

2. Masukan Alamat Website Kamu(Sebagai Contoh Saya Akan Menggunakan Alamat Website Saya Yang Lain http://artikel-kompilasi.blogspot.com/)

3. Klik Next

4. Masukan Data-Data Website (Alamat dot tk, Huruf captcha dsb)

5. Klik Anonymous Free Domain (Kalau Gak Mau Pake Verifikasi Email)

7. Selesai.

Selamat Mencoba Guyz...
Budayakan Berkomentar Dan Menfollow Blog Saya... Terima Kasih!

Sunday, March 27, 2011

FYI, OMG, Dan LOL Masuk Dalam Kamus Oxford!

Oxford English Dictionary

Setelah istilah Googling (mencari lewat mesin telusur Google) masuk ke dalam kamus, beberapa istilah internet lain baru-baru ini secara resmi juga diakui Bahasa Inggris baku.

Kamus Bahasa Inggris Oxford (OED) telah memasukkan beberapa istilah internet seperti LOL (laugh out loud - tertawa terbahak-bahak) OMG (oh my God - oh Tuhan), dan FYI (for your information - sebagai informasi).
Menurut OED, keputusan untuk memasukkan beberapa istilah singkatan ini karena singkatan-singkatan ini penting untuk diperhatikan, dan tidak bisa dipisahkan dengan bahasa komunikasi elektronik.
"Tentu saja bahasa singkatan lebih cepat daripada bentuk lengkapnya. Dalam hal ini pesan SMS, Twitter, dan sebangsanya membantu seseorang untuk menyampaikan hal lebih efisien, di mana terdapat batasan jumlah karakter dalam sebuah pesan," tulis Oxford dalam laman resminya.
Ketiga istilah singkatan baru itu bergabung dengan istilah-istilah lain yang sebelumnya telah diakui, seperti IMHO (in my humble opinion - menurut opini saya), TMI (too much information - terlalu banyak informasi), dan BFF (best friend forever - sahabat selamanya).
Singkatan-singkatan baru ini juga menjadi bentuk lain dari ekspresi yang berhubungan dengan kemajuan teknologi. Namun para peneliti dari Oxford ternyata juga menemukan bahwa singkatan-singkatan baru itu, sudah ada sejak lama.
Misalnya saja, singkatan OMG yang telah munculhttp://www.blogger.com/img/blank.gif dalam bentuk surat sejak 1917, dengan arti dan makna yang sama. Sementara singkatan LOL sudah ada sejak tahun 1960-an namun dengan makna berbeda, yakni merupakan kependekan dari little old lady.

Source : VivaNews

Saturday, March 26, 2011

Langkah Penting Sambut Earth Hour

PADA 26 Maret 2011, jutaan orang di seluruh penjuru dunia akan mematikan lampu selama satu jam sejak pukul 20.30 WIB untuk memperingati Earth Hour. Gerakan kesadaran ini dimaksudkan untuk membuat orang memahami pentingnya mengurangi dampak aktivitas manusia di muka bumi.

Nah, berikut ini adalah sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk menghemat energi, mengurangi pengaruh Anda pada lingkungan, sekaligus membantu menyebarkan kesadaran tentang isu-isu bumi seperti perubahan iklim, seperti dikutip situs squidoo.com:

Penuhi Freezer
Tahukah Anda, kulkas kosong menggunakan lebih banyak energi dibandingkan kulkas yang terisi penuh? Jika Anda memiliki ruang kosong di freezer atau deep-freeze, Anda dapat menghemat energi dan memangkas tagihan dengan membekukan cetakan es, botol, atau plastik berisi air di dalamnya. Es ini akan membantu menjaga suhu di dalam freezer, sehingga memungkinkannya mengonsumsi lebih sedikit energi.

Undang Teman
Anda dapat membantu menyebarkan kesadaran akan Earth Hour dengan mengundang teman-teman, keluarga, atau tetangga bergabung dengan Anda untuk kegiatan Earth Hour. Lagi pula, kebersamaan itu bisa membuat waktu terasa berjalan lebih cepat.

Betulkan Jendela
Pintu dan jendela berangin bisa menyebabkan tagihan pendinginan ruangan naik. Coba untuk memperbaiki rangka pintu atau jendela untuk membantu menghemat biaya listrik. Selain itu, memasang tirai putih juga bisa membantu membuat ruangan terasa lebih sejuk di hari yang terik.

Cabut Perangkat Dapur
Anda dapat memulai Earth Hour dengan mencabut semua kabel yang menyambungkan perangkat dapur ke terminal, mulai dari kulkas, microwave, pemanas air elektrik, sampai mesin pembuat kopi.

Cabut Charger
Untuk satu jam, cabut charger ponsel Anda, charger baterai isi ulang, dan adapter lain yang terdapat di rumah. Mencabut semua perangkat tersebut ketika tidak digunakan, bisa membantu menghemat energi sekaligus tagihan listrik setiap bulan.

Cabut Perangkat Elektronik
Matikan dan cabut televisi serta perangkat lain seperti pemutar DVD, konsol video game, dan komputer Anda. Jika Anda mencolokkan semua kabel perangkat elektronik tersebut ke sebuah power bar, Anda bisa mematikannya setiap hari ketika tidak digunakan. Hal ini bisa membantu Anda menghemat sejumlah uang setiap bulan.

Cabut Kabel Lampu
Sama seperti perangkat listrik lainnya, kabel lampu harus dicabut bila tidak digunakan. Cabut semua kabel lamput lantai dan lampu meja di rumah selama Earth Hour. Colokkan kembali kabel tersebut hanya jika Anda perlu menggunakannya.(MI/*)

Source : MetroTVNews.Com

132 Negara Marakkan Earth Hour

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun ini ratusan juta orang di 132 negara, termasuk Swaziland dan Gibraltar, ikut berpartisipasi dalam kampanye Earth Hour. Hal itu dikemukakan penemu program Earth Hour Andy Ridley, Sabtu (26/3).

Aksi memadamkan lampu selama satu jam itu disambut antusias oleh warga dunia. Ini diyakini bisa mengurangi dampak pemanasan global.

Lampu-lampu di sejumlah gedung megah yang menjadi ikon di Australia, termasuk Sydney Harbour Bridge dan Opera House padam secara serempak pada pukul 20.30 waktu setempat.

Di Kanada, peringatan tersebut diikuti oleh 73 universitas dan 30 kawasan terkemuka, termasuk CN Tower, Niagara Falls, dan Lions Gate Bridge.

Ikon dunia lainnya yang berpartisipasi dalam kampanye itu di antaranya Menara Eiffel di Prancis, Empire State Building di New York, Istana Buckingham dan Big Ben di London.(MI/*)

Source : MetroTVNews

Friday, March 25, 2011

Cara Sembuhkan Cegukan Pada Bayi

Jakarta - Bayi sering mengalami cegukan setelah minum susu atau makan. Cegukan ini kadang mengganggu si bayi tapi selama bayi tetap merasa bahagia, tersenyum dan dapat makan serta minum dengan baik tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Bayi biasanya mengalami cegukan yang disebabkan oleh menyusui baik dengan ASI, susu formula atau makanan lain. Selain itu penurunan suhu yang dapat menyebabkan seorang bayi kedinginan juga bisa memicu cegukan," ujar Lynnette Mazur, profesor pediatrik dari University of Texas Health Science Center di Houston, seperti dikutip dari Babycenter.

Cegukan adalah salah satu gerakan refleks dari tubuh dan disertai dengan suara yang khas akibat iritasi dari diafragma. Diafragma memainkan peran utama dalam perjalanan respirasi dan proses metabolisme. Diafragma menarik dan mendorong secara teratur yang mengatur masuk dan keluarnya udara selama proses respirasi.

Struktur otot ini akan terganggu fungsinya jika ada sesuatu yang menghambat proses ini baik dari faktor eksternal ataupun internal.

Dikutip dari detikhealth, cegukan adalah suatu kondisi yang tidak menyenangkan dan bisa mempengaruhi orang-orang dari segala usia termasuk bayi yang baru lahir. Cegukan menjadi salah satu masalah yang paling umum dan sering dilaporkan terutama pada bayi di bawah usia satu tahun.

Profesor Mazur menuturkan cegukan merupakan hal yang normal dan wajar bagi bayi, kecuali jika cegukan sampai mengganggu aktivitasnya seperti tidur atau makan. Bayi yang memiliki penyakit gastroesophageal reflux mungkin akan lebih sering mengalami cegukan.

Jika cegukan seringkali menyebabkan bayi menjadi muntah, batuk, sangat rewel atau sangat tidak terkendali hingga bayi berusia lebih dari setahun, maka sebaiknya orangtua memeriksakan hal tersebut ke dokter.

"Sebenarnya jika bayi cegukan tak banyak yang bisa dilakukan orangtua, karena biasanya cegukan ini akan hilang dengan sendirinya. Tapi jangan pernah mencoba menghentikan cegukan dengan cara mengagetkan atau mengejutkannya," ungkap Profesor Mazur.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu menghilangkan atau mencegah cegukan pada bayi, yaitu:

1. Selalu memonitor bayi saat menyusui untuk memastikan bahwa ia minum secara perlahan-lahan.
2. Bayi yang sering bersendawa saat menyusui adalah cara yang efektif untuk menghentikan cegukan.
3. Mengubah posisi menyusui dan mencoba menenangkannya.
4. Memastikan bahwa ibu menyusui atau memberi makan bayinya dalam keadaan tenang dan tidak terlalu bersemangat.
5. Jika bayi cegukan saat minum atau makan, maka cobalah untuk menepuk-nepuk bayi pelan-pelan dan membiarkannya rileks dulu sebelum menyusui lagi.

(ver/ir)

Source : Wollipop.Com

Jack Wilshere Akui Dirinya Butuh Twitter

Wilshere tidak mengetahui cara yang lebih baik untuk berkomunikasi dengan fans.

Pemain muda Arsenal yang sedang naik daun, Jack Wilshere, mengaku membutuhkan Twitter untuk berkomunikasi dengan fans.

Sejauh yang Wilshere tahu, tidak ada cara yang lebih baik untuk berkomunikasi dengan fans dan tidak ada cara yang lebih baik untuk mengetahui pendapat fans mengenai permainan Arsenal di lapangan.

"Saya mempunyai ini (akun Twitter) untuk berkomunikasi dengan fans dan mendapatkan opini mereka," ujar Wilshere kepada arsenal.com.

"Sangat membantu dengna mengetahui apa yang mereka pikirkan, fans adalah orang terpenting di sebuah klub sepakbola dan mengetahui apa yang mereka pikirkan akan membantu kami."

"Ada hal yang positif dan negatif, saya mendapatkan respon negatif ketika saya bermain buruk, tetapi hal tersebut juga membantu."

"Jika anda berpikir bahwa hal tersebut aneh (mempunyai banyak orang yang mengetahui apa yang anda kerjakan), tetapi sungguh hal yang bagus dapat mengetahui opini mereka setelah pertandingan usai."

Thursday, March 24, 2011

5 Fakta Misterius Otak Manusia


Setelah ribuan tahun dipelajari dari berbagai, mulai terungkap beberapa sisi misterius otak manusia. Terdapat beberapa fakta yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikir oleh manusia.

Otak adalah salah satu organ yang paling menakjubkan di dalam tubuh manusia, karena ia dapat mengendalikan sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara normal.

Otak manusia sangatlah kompleks dan terdiri sekitar 100 miliar saraf (neuron) dan ada begitu banyak hal terjadi di dalam otak dengan berbagai bidang yang berbeda. Karenanya otak termasuk salah satu organ vital dalam kehidupan manusia.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, ini dia beberapa fakta lain seputar otak manusia yang belum banyak diketahui:

1. Otak Tetap Aktif Meskipun Kepala Sudah Terpenggal.
Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui bahwa otak manusia bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Namun para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedut otot.

Dr Harold Hillman, mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey menuturkan bahwa kematian terjadi karena adanya pemisahan antara otak dengan sumsum tulang belakang, tapi hal ini bersifat menyakitkan sehingga banyak negara yang tidak memberlakukan metode ini.

2. Otak Bisa Mempelajari Pesan Bawah Sadar.
Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar seseorang sehingga nantinya akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai ajang promosi untuk mempengaruhi seseorang agar mau membeli produknya.

3. Obat-Obatan Bisa Menyebabkan Lubang Di Otak.
Salah satu penelitian menyatakan penggunaan obat seperti mariyuana bisa menghilangkan sedikit memori, sedangkan untuk obat seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak. Sebenarnya satu-satunya hal yang dapat menimbulkan lubang di otak adalah akibat adanya trauma atau benturan fisik.

Selain itu sebuah studi dari New Scientist menyatakan penggunaan obat-obatan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan tidak normal dari otak yang bersifat permanen, karenanya sulit untuk mengubah perilaku dari seorang pecandu.

4. Otak Manusia Berwarna Abu-Abu.
Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebaagi materi abu-abu. Namun otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.

5. Otak Manusia Merupakan Otak Yang Paling Besar.
Beberapa binatang bisa menggunakan otaknya untuk melakukan berbagai hal yang dilakukan oleh manusia. Tapi sebenarnya otak manusia berukuran palinhttp://www.blogger.com/img/blank.gifg besar dibandingkan dengan otak binatang manapun. Rata-rata berat otak manusia dewasa sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan binatang lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.

Namun berat dari otak ini dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, sehingga otak manusia tetap saja menjadi yang paling besar. Selain itu kecerdasan juga berkaitan dengan berbagai komponen di otak, dan mamalia memiliki korteks serebral terbesar yang bertanggung jawab terhadap fungsi memori, komunikasi dan berpikir.

Sumber : Terselubung.Blogspot.Com

Asal Usul Sendok Dan Garpu

Sendok adalah alat makan yang memiliki cekungan berbentuk oval atau bulat lonjong di satu ujung dan gagang di ujung lainnya. Di Indonesia sendok umumnya dipegang di tangan kanan untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk dan menyuapkannya ke mulut, sementara garpu yang dipegang di tangan kiri membantu memasukkan makanan ke sendok.

Pada perjalanan sejarahnya konon sendok telah dipakai sejak Zaman Paleolitikum, namun bentuknya dan bahan yang digunakan jelas tidak seperti sendok yang kita kenal sekarang. Pada masa tersebut sendok terbuat dari bahan Kulit kerang, Kulit kayu, bahkan dari daun-daunan. Perkakas tersebut mereka gunakan untuk menciduk air atau makanan yang berkuah. Oleh karena bahan sendok yang terbuat dari berbagai macam bahan maka sebutan untuk sendok-pun bermacam-macam, tergantung dari bahan apa sendok tersebut dibuat.

Di dalam Bahasa Yunani dan Bahasa Latin sendok disebut dengan “Cochlea” yang berarti “Kulit Kerang berbentuk Spiral”. Lain Yunani lain pula masyarakat Anglo-Saxon, mereka cenderung menyebut sendok dengan istilah “Spon” yang berarti “Serpihan atau Potongan kayu”. Istilah Spon inilah yang kemudian dikenal oleh bangsa Eropa dan bangsa-bangsa lainnya yang dalam bahasa Inggris disebut dengan “Spoon”.

ada perkembangan selanjutnya sendok tidak hanya dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti kerang ataupun kayu, sendok-pun dapat dibuat dari bahan Tulang, Tanduk, Keramik, Porselen, Kristal, seiring dengan penemuan bahan logam maka bahan pembuatan sendok-pun bergeser menjadi terbuat dari logam seperti Besi, campuran timah dan gading, Perak bahkan dari Emas.

Pada Zaman dahulu bentuk dari sendok ini tidak sama dengan bentuk sendok yang kita kenal sekarang ini bahkan bentuk sendok Zaman dahulu cenderung berbentuk tidak Lazim. Konon bangsa pertama yang menjadi pelopor dan pencipta sendok dengan desain yang kita kenal sekarang adalah Bangsa Romawi kurang lebih pada abad pertama Masehi. Ada dua jenis sendok yang mereka buat yaitu "Ligula" dengan ujung yang bulat seperti mangkuk dengan pegangan beraneka bentuk, Ligula ini biasa mereka gunakan untuk makan makanan seperti sup atau makanan berkuah. Satu lagi adalah yang disebut "Cochleare", bentuknya kecil dengan ujung bulat dengan pegangan yang ramping. Cochleare biasa mereka gunakan untuk makan kerang dan telur.

Pasangan dari sendok adalah Garpu, konon umur dari garpu ini lebih muda dibandingkan dengan sendok, namun catatan sejarah mengatakan bahwa peralatan seperti garpu ini telah digunakan oleh masyarakat di Timur Tengah sejak seribu tahun sebelum Masehi. Ketika itu disebutkan bahwa bentuk dari garpu ini adalah bercabang lima. Di Timur tengah Pada Abad ke-VII garpu digunakan pada acara-acara kenegaraan. Penggunaan garpu ini terus berkembang penggunaannya dan meluas sekitar Abad ke-X di kalangan atas Kerajaan Byzantium

Diceritakan bahwa Kerajaan Byzantium mengenal peralatan garpu ini setelah Domenico Salvo seorang ahli waris Imperium Doge dari Venesia menikah dengan seorang putri dari kerajaan Byzantium, konon saat itu Domenico Salvo membawa dua buah garpu di dalam kopernya

Didalam perjamuan Pada abad ke-X, penggunaan garpu ini tidak ditata diatas meja, melainkan diberikan pada tamu yang duduk di meja perjamuan untuk menahan daging yang akan dipotong, dan lalu kemudian daging yang telah dipotong tersebut dimakan dengan cara memasukannya ke mulut dengan tangan. hal ini lazim dilakukan pada masa tersebut, justru apabila seorang tamu memasukan potongan daging ke mulut menggunakan garpu, hal ini akan menjadi bahan tertawaan dan celaan orang lain karena hal ini dianggap tidak sopan.

Di awal abad ke-XVI garpu mulai masuk ke Italia hingga pada perkembangan selanjutnya garpu masuk ke Perancis dibawa oleh Catherine dan Medicis yang menikah dengan King Henry II pada tahun 1533. sedangkan di Inggris garpu mulai dikenal pada awal-awal abad ke-XVII, konon hal ini karena Thomas Corryate membawa garpu yang dibelinya di Italia.

Perkembangan Garpu sangat lambat dan bahkan garpu dianggap sebagai barang berharga daripada sebagai alat makan. Karena hal inilah garpu lebih banyak disimpan dan dipamerkan sebagai barang kebanggaan. Bahkan di Inggris yang terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi tatakrama menganggap garpu bukanlah sebagai alat makan yang penting dan bahkan kalangan bangsawan disana memakai garpu hanya sekali saja sebagai ajang pamer kekayaan, hal ini karena garpu tersebut terbuat dari emas dan menjadi barang yang mewah dan berharga. Garpu hanya dipakai pada jamuan-jamuan istimewa saja untuk menghormati para tamu kerajaan.

Bentuk pertama dari garpu hanya mempunyai dua cabang dan agak lebar, ini didesain untuk memastikan daging tidak jatuh saat dipotong namun tentu saja menyulitkan apabila daging atau makanan yang dipotong berukuran kecil. Oleh karena itulah model lama ini kemudian di desain ulang dan disempurnakan dengan menambah cabang menjadi empat, garpu dengan cabang empat ini mulai diperkenalkan pada sekitar akhir abad ke-XVII. Sekitar abad ke-XIX, mulai dilakukan proses pelapisan sendok yang terbuat dari nikel dan tembaga umum. Di abad ke-XX, tepatnya 1920, perangkat makan anti karat mulai dikenal dan banyak digunakan.

Hingga pada perkembangannya kemudian Sendok dapat terbuat dari berbagai material. Yang paling umum adalah logam, Ada juga sendok yang terbuat dari plastik, umumnya dirancang agar dapat digunakan sekali dan kemudian dibuang. Bahkan kemudian sendok ini berkembang sesuai dengan fungsinya hingga banyak sekali berbagai macam sendok yang diproduksi sesuai dengan fungsinya tersebut, berikut adalah berbagai macam sendok dan garpu.

1. Macam Dan Jenis Sendok
- Sendok makan
- Sendok sayur
- Sendok teh
- Sendok kopi
- Sendok nasi
- Sendok sop
- Sendok sirup
- Sendok es krim
- Sendok kue tart

2. Macam Dan Jenis Garpu
- Garpu makan
- Garpu kue
- Garpu daging dan ikan

Source : DuniaUnik.Com

Boy Logic & Girl Science - 50 Fakta Tentang Para Pria

1. Sebenarnya pria tak mencari wanita yang cantik, yang dicari adalah wanita yang enak dilihat dan mempesona. (Untuk itu, ia selalu meminta Anda berdandan. Bukan karena ia mata keranjang, tetapi mereka ingin Anda terlihat mempesona)

2. Pria sangat benci dikhianati. (Walau mereka egois, keras, dan sok kuat, tetapi mereka adalah makhluk yang rapuh)

3. Detik ini ia menyukai Anda, beberapa detik kemudian, ia lupa dan malah asyik bersama teman-temannya. (Hal ini wajar, tetapi bukan berarti Anda tak pernah ada di hatinya)

4. Jika ia mengatakan “Ya, memang aku nggak ngerti kamu,” itu artinya pemikiran dia dan Anda berbeda. (Bukan berarti tak bisa bersatu, tetapi coba untuk saling memahami satu sama lain)

5. Dalam sehari, ia akan sibuk bermain dan menjalani aktivitasnya bersama teman-temannya. Tetapi percayalah, saat ia bersiap untuk tidur, Anda selalu terbersit di dalam benaknya. (Dan percayalah, mereka suka senyum-senyum sendiri saat membayangkan betapa cantiknya Anda hari ini)

6. “Kamu lagi ngapain?” atau “Sudah makan belum?” adalah kalimat yang paling sering diucapkan pria saat di telepon. (Mereka memang bukan makhluk yang pandai berbasa-basi, tetapi mereka sungguh ingin tahu semua hal detail soal Anda)

7. Jika seorang pria benar-benar mencintai Anda, ia akan menerima Anda apa adanya. Tak peduli Anda gemuk, hitam atau berjerawat. (Mereka mungkin akan memberi saran pada Anda untuk diet saat Anda merasa gemuk, tetapi mereka tulus mencintai Anda)

8. Pria sangat tergila-gila saat melihat senyuman Anda. (Untuk itu jangan memelihara cemberut di wajah Anda, tersenyum dan buatlah ia semakin terpesona)

9. Pria akan melakukan apa saja untuk meraih perhatian Anda. (Termasuk memamerkan kisahnya dengan sang mantan, walau terkadang hal ini tak perlu diceritakannya pada Anda)

10. Pria tak suka jika Anda bercerita soal mantannya. (Walau kadang ia suka pamer soal mantannya kepada Anda, tapi ia sangat cemburu jika ia mendengar cerita soal mantan Anda)

11. Jika pria ingin bertemu dengan orang tua Anda, jangan ragu dan malu. Ia serius dengan Anda lho!

12. Pria ingin selalu berbagi semua hal dengan Anda, namun terkadang ia tak bisa mengungkapkan semua hal dengan baik. (Untuk itu, jangan paksa dirinya bercerita jika memang ia belum siap untuk bercerita)

13. Sesekali, pria menangis. (Semua bayi, pria maupun wanita menangis, dan pria dewasa juga memiliki rasa sedih, saat mereka kecewa dan sedih, mereka pun bisa menangis seperti Anda. Berikan pelukan dan dukungan padanya, karena Anda ada untuknya)

14. Jangan berusaha membuat pria marah, karena mereka adalah makhluk temperamen yang mudah marah.

15. Pria adalah makhluk simple, mereka bukan tipikal yang selalu berharap dan berandai-andai.

16. Pria akan mencoba mendapatkan hati wanita yang memutuskannya, sebelum akhirnya mereka berusaha melupakannya. (Inilah yang membuat mereka getol menelepon Anda setelah habis putus, dan kemudian akhirnya menyerah karena Anda memberikan respon yang negatif)

17. Saat Anda membuat seorang pria jatuh cinta, selamanya ia tak akan pernah bisa melupakannya. (Untuk itu bisa dibilang pria lebih rapuh dan sulit melupakan ketimbang wanita)

18. Jangan pernah berkata padanya, “Mmhhh… ah tidak lupakan saja” karena hal ini akan membuat ia bertanya-tanya dan bahkan curiga pada Anda. (Seperti halnya wanita, mereka juga makhluk yang sensitif dan ingin tahu)

19. Pria tak akan pernah bisa tidur, jika perlahan Anda mengusap punggungnya. Dan membelai lembut kepalanya. (Percayalah, jika Anda melakukan ini pada kekasih Anda, maka ia akan terus menerus merindukan Anda)

20. Pria selalu memiliki cara untuk memuji Anda (baca: merayu Anda)

21. Jika pria ragu-ragu dan terlihat berpikir keras saat Anda menyatakan pendapat atau meminta mereka melakukan sesuatu, artinya mereka tidak mau melakukannya. (Kebanyakan pria akan berbohong dan melakukan hal yang tak ingin ia lakukan untuk wanita yang ia cintai. Tapi percayalah, mereka sangat menderita dan merasa terkekang)

22. Jika Anda berkata tidak, yang ada di dalam pikiran pria adalah “Akan aku coba lagi” (Masih ingat kan saat ia meminta Anda menjadi kekasihnya?)

23. Anda tak akan pernah bisa membuat pria mengerti dalam sekali berbicara saja. Mereka makhluk yang cerdas, tetapi terkadang sulit bagi mereka untuk mengerti Anda. (Begitulah pria menyebut wanita sebagai makhluk yang sulit dimengerti)

24. Pria benci gay! (Bukan bermaksud diskriminasi atau jahat, tetapi terkadang mereka tak habis pikir, mengapa seseorang bisa menyukai sesama jenisnya. Dan terkadang mereka malah takut dan cenderung menutup pertemanan dengan mereka yang berhubungan dengan sesama jenis)

25. Pria sangat menyayangi ibunya.

26. Pria akan menyisihkan sebagian uangnya hanya untuk membeli hadiah kecil untuk Anda.

27. Pria sering berpikir tentang wanita yang mungkin menyukai mereka (termasuk si centil yang sering kali membuat Anda jengkel dengan SMS-SMS genitnya), tetapi bukan berarti mereka menyukai wanita itu lho.

28. Anda tak akan pernah bisa mengerti pria, kecuali Anda menyediakan waktu untuk mendengar keluh kesah mereka dan bukan melulu bercerita tentang diri Anda.

29. Jika seorang pria dengan sungguh-sungguh mengatakan, Anda adalah satu-satunya orang yang dicintainya, percayalah, perkataannya tulus dari dalam hati.

30. Bukan pria saja yang gemar bergosip, di antara teman prianya, mereka juga seringkali bergosip.

31. Wanita, adalah kelemahan setiap pria. (Mereka tak akan tahan melihat air mata jatuh dari mata Anda. Mereka juga tak suka melihat Anda bersedih)

32. Tak seperti wanita, pria lebih jujur dan terbuka tentang diri mereka. Mereka lebih menerima kekurangan apa adanya.

33. Boleh saja membuat pria penasaran pada Anda, tetapi jika digantung terlalu lama, mereka juga bisa bosan dan jenuh lho.

34. Percaya atau tidak, pria adalah juri yang adil dan baik.

35. Walau terkadang mereka berkesan jorok, tetapi pada dasarnya pria suka kebersihan, aroma wangi, dan keindahan.

36. Pria lebih suka pada wanita yang menghargai dirinya apa adanya.

37. Pria mencintai seorang wanita yang bisa menjadi sahabat, sekaligus kekasih baginya.

38. Jika ada seorang pria yang menceritakan masalahnya, Anda cukup mendengarkannya. Jangan beri nasehat atau menyalahkan dirinya.

39. Jika ada seorang pria menyukai Anda, lihat lebih jauh ke dalam matanya. (Mata adalah jendela hati, dan ia tak pernah berbohong)

40. Pria selalu memiliki cara untuk menghindarkan Anda dari pria lain. (Salah satunya dengan menolak diajak jalan ke mall)

41. Pria lebih menyukai wanita yang cerdas, ketimbang wanita yang hanya tahu soal make up dan rok mini.

42. Pria adalah sosok yang sok tahu, mereka malu bertanya kepada wanita apa yang diinginkan. Alhasil, tebakan mereka seringkali meleset.

43. Ketika pria menginginkan sesuatu, mereka akan membayangkannya. Tetapi mereka tak mau terlibat terlalu jauh. Mereka lebih cenderung memendam dalam-dalam keinginan mereka jika tahu keinginan itu sulit terwujud.

44. Pria adalah makhluk yang payah dalam soal rahasia. Mereka hampir tak bisa menyimpan rahasia dengan baik.

45. Terkadang, pria terlalu banyak berpikir negatif ketimbang positif.

46. Fantasi pria soal wanita adalah satu-satunya fantasi yang tak mungkin dibatasi. (Sekalipun mereka telah memiliki pasangan dan keluarga)

47. Tinggi badan mungkin bukan masalah yang terlalu penting bagi pria, tetapi mereka cukup peduli pada berat badan (wanita khususnya, termasuk Anda)

48. Jika pria mulai serius dengan hubungannya, maka mereka akan menjadi makhluk yang super posesif. (Inilah mengapa ia selalu berusaha menjemput dan mengantar Anda, serta selalu mengecek inbox message di dalam handphone Anda)

49. Jika Anda tahu bagaimana menaklukkan pria Anda, mereka tak akan pernah bisa jauh dari Anda.

50. Bagi pria, melupakan seseorang membutuhkan waktu yang lebih lama dari seumur hidup.

Source : terselubung.blogspot.com

Wednesday, March 23, 2011

Siswa SMP Mampu Membuat Jejaring Sosial


(ICTF - Web Technology) Situs buatan Muhammad Yahya Harlan ini sepintas mirip dengan facebook, situs jejaring sosial yang tengah digandrungi masyarakat. Hal ini wajar, pasalnya sang pembuatnya mengaku terinspirasi dari situs buatan Mark Zuckerberg ini.

"Awalnya saya pikir kenapa orang sangat suka dengan facebook. Terus saya pernah baca diberita bahwa ada yang bisa buat facebook dalam bahasa Indonesia. Lalu saya mikir, saya juga bisa buat. Bahkan lebih bagus lagi," kata Yahya. Tidak perlu waktu lama bagi Yahya untuk membuat salingsapa.com ini. Hanya dalam hitungan bulan, bocah kelahiran 25 Juli 1998 ini sudah berhasil membuat situs tersebut.

"Setiap hari sepulang sekolah saya otak-atik sampai pukul 21.00 WIB. Saya belajar dari otodidak dari buku," katanya.

Kemampuan Yahya dalam komputer sudah dilihat orang tuanya sejak dia kelas 6 SD. Sang ayah, Iyan Harlan mengaku melihat bakat anaknya karena sering melihat Yahya mengotak-atik komputer miliknya. Kegigihan dan obsesinya untuk membuat sesuatu yang lebih baik membuat Yahya bisa dalam waktu singkat membuat situs ini.

"Sejak kelas 6 SD dia suka ngoprek komputer. Dia juga memiliki tabiat yang keras jika menginginkan sesuatu. Sampai hal itu belum tercapai, dia tidak akan berhenti. Selain itu juga dia memiliki obsesi yang sangat tinggi," katanya.

Awalnya Yahya menambahkan fitur khazanah dan Al Quran dalam salingsapa untuk teman-temannya saja. Namun ternyata dua fitur ini justru banyak digandrungi oleh penggunanya.

"Kita bisa mendengarkan ceramah-ceramah dari banyak ustaz di fitur khazanah. Bahkan ceramah Buya Hamka pun ada disini. Sedangkan di fitur Al Quran, kita bisa membaca atau mendengarkan ayat suci Al Quran dari Juz 1 sampai 10. Ada terjemahannya juga loh," katanya mempromosikan.

Tak hanya dua fitur Islami saja yang dibenamkan dalam situs ini. Fitur radio juga disisipkan. Fitur radio ini bisa diperdengarkan selama 24 jam. Sedangkan fitur-fitur yang lainnya yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya, seperti wall, foto, video, teman, dan lain-lain.

Kini Salingsapa.com sudah bisa diakses di 47 negara, di antaranya Amerika, Norwegia, Belanda, Singapura, dan Malaysia. Jumlah pengaksesnya pun sudah mencapai 1,8 juta. Padahal situs ini baru diluncurkan 2 minggu yang lalu.

(lw/LW/ictf-dtc)

Source : ICTFiles.Com

Tuesday, March 22, 2011

Mengkonversi Video Ke Format Ponsel

Para pengguna PC/Laptop dan memiliki akun facebook pasti pernah melihat tautan video. Tautan video terbanyak berasal dari you tube, tautan tersebut seringkali sangat menarik sehingga ada keinginan untuk menyimpannya di ponsel. Nah, buat anda yang memiliki ponsel tidak canggih tapi ingin menyimpan file tersebut, ada trik khusus untuk itu.

File video seperti yang berasal dari you tube maupun google video meskipun ada tautan dalam format mp4, namun kebanyakan adalah file flv. Bentuk flv lebih ringan dibandingkan dengan file video lainnya. Dengan PC jelas anda bisa mendownload video tersebut, tapi sedikit sekali ponsel yang dapat memainkan flv. Untuk itu anda harus mengkonversi file tersebut ke dalam format yang dikenali oleh ponsel.

Anda butuh software yang dapat mengubah file flv menjadi beragam format video yang didukung ponsel murah. Salah satunya adalah FLV Converter.

FLV converter merupakan software gratis. Sesuai dengan namanya aplikasi ini hanya dapat mengkonversi file flv saja. Output konversi berupa file AVI, MPEG, WMV, MOV, IPOD, MP4, 3GP DAN MP3 saja.

Aplikasi ini dapat didownload di http://www.flv-converter.org/. sama seperti yang lainnya, setelah di download aplikasi diinstall pada PC/Laptop dan jalankan. Yang menarik, aplikasi ini menyediakan versi portabelnya yang tersedia buat OS windows dan Mac.

Aplikasi ini termasuk sederhana dan ringkas. Pengaturan yang tersedia hanya berupa format video output dan ukuran yang diinginkan. Ukuran yang dimaksud seperti video size, frame rate, video codec dan audio codec yang sangat sedikit pilihannya.

File hasil konversi ditransfer ke ponsel. Bisa copy paste lewat kartu memori atau menggunakan kabel data. Meskipun hapenya murah tapi akan terlihat keren dengan video hasil download. Selamat mencoba

Monday, March 21, 2011

Seputar Antariksa - Fenomena Super Moon 19-20 Maret 2011

Peristiwa langit yang langka terjadi pada 19 Maret. Saat itu, bulan purnama akan muncul dan jaraknya pada posisi terdekat dengan bumi. Fenomena tersebut hanya terulang tiap 18 tahun sekali.

Astronom dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin mengatakan, pada 19 Maret 2011, bulan akan berada pada jarak terdekat dengan bumi sekaligus hampir bersamaan dengan puncak purnama.

Berdasarkan data astronomi, pada hari itu pukul 19.10 GMT atau 20 Maret pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi 356.577 kilometer. Sejam sebelumnya, puncak purnama terjadi pada 19 Maret pukul 18.11 GMT atau 20 Maret pukul 01.11 WIB.

Dalam istilah astrologi, posisi itu dikenal sebagai super moon atau extreme super moon yang diyakini sebagian orang sebagai pertanda bencana bagi kehidupan makhluk di bumi. Namun menurut Djamaluddin, kalangan astronom tidak mengenal istilah tersebut, dan menepis ramalan bencana. "Kita harus faham perbedaan astrologi dan astronomi," katanya.

Astrologi adalah pemahaman bahwa posisi benda-benda langit berpengaruh pada nasib kehidupan manusia di bumi. Astrologi, kata peneliti senior astronomi dan astrofisika, itu bukanlah cabang sains. Sedangkan astronomi adalah cabang sains atau ilmu pengetahuan yang mempelajari gerakan dan kondisi fisik benda-benda langit.

Dia mengatakan, kejadian jarak bulan terdekat dengan bumi (perigee) adalah peristiwa bulanan, walau jaraknya bervariasi dengan periodenya rata-rata 27,3 hari. Begitu pula peristiwa bulan purnama dengan periode sekitar 29,5 hari. Karena perbedaan periode itu, kemunculan perigee yang bersamaan dengan purnama hanya bisa terjadi 18 tahun sekali.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada bukti ilmiah yang mengaitkan extreme super moon dengan segala bencana 18 tahun lalu pada Maret 1993 atau sebelumnya. Tapi yang pasti harus diwaspadai adalah dampak menguatnya efek pasang surut di bumi terutama pada air laut ketika puncak bulan purnama dengan jarak bulan terdekat.

Bila cuaca buruk di laut dan wilayah pantai diperkuat dengan efek pasang maksimum saat perigee dan purnama, ujarnya, harus diwaspadai potensi bahaya di wilayah pantai yang mungkin saja menyebabkan banjir pasang (rob) yang lebih besar dari biasanya.

Demikian juga bila penumpukan energi di wilayah rentan gempa dan gunung meletus, efek penguatan pasang surut bulan mungkin berpotensi menjadi pemicu pelepasan energi.

Tetapi kondisi perigee bulan bersamaan dengan purnama bukan sebagai sebab utama bencana, tetapi bisa menjadi pemicu efek penguatan faktor lain. "Artinya, kalau tidak ada indikasi cuaca buruk di wilayah pantai atau tidak ada penumpukan energi di wilayah rawan gempa dan wilayah rawan gunung meletus, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan posisi perigee bulan bersamaan dengan purnama," kata Djamaluddin.

Cuaca cerah jadi syarat mutlak untuk bisa melihat fenomena lunar perigee atau disebut juga 'supermoon' yang terjadi pada Sabtu malam, 19 Maret 2011.

Tak seperti biasa, Bulan mengeluarkan cahaya yang terang, menyilaukan mata jika dilihat dalam waktu yang lama. masyarakat tak perlu panik menanggapi fenomena supermoon. "Kami bahkan tidak mengeluarkan peringatan karena ini peristiwa biasa." kata Alfian, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Banda Aceh.

Tahun ini, Bulan hanya akan berjarak sekitar 221.567 mil atau 356.578 kilometer. Jarak paling dekat dalam kurun waktu 18 tahun. Beberapa orang menghubung-hubungkan fenomena ini dengan bencana. Adalah astrolog, Richard Nolle yang awalnya menghubung-hubungkan fenomena supermoon dengan bencana alam. Ia mengklaim supermoon akan memicu gempa bumi, gunung meletus, dan badai besar.

Salah satunya yang dipakai jadi dasar teori ini adalah fakta tsunami Aceh 2004 yang merenggut lebih dari 200 ribu nyawa terjadi dua minggu sebelum supermoon 2005. Juga gempa 9,0 SR dan tsunami di Jepang, Jumat 11 Maret 2011 yang terjadi delapan hari sebelum supermoon 2011.

Namun, teori ini dibantah Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. Ilmuwan Goddard Space Flight Center NASA, Jim Garvin mejelaskan, supermoon terjadi saat Bulan sedikit mendekat ke Bumi daripada rata-rata. Efek ini paling terlihat saat terjadi bulan purnama. "Bulan akan terlihat lebih besar, meski perbedaan jarak dari Bumi hanya beberapa persen di banding biasanya," kata dia seperti dimuat situs Space.com.

Kata dia, efek bulan terhadap bumi telah lama menjadi subyek studi. "Efek supermoon terhadap Bumi kecil. Dan menurut studi detil para seismolog dan vulkanolog, kombinasi antara supermoon dan bulan purnama tidak mempengaruhi energi internal keseimbangan di bumi." Meski bulan berkaitan dengan kondisi pasang surut Bumi, itu tidak mampu memicu gempa besar dan mematikan.

Kekuatan justru berada di Bumi. "Bumi menyimpan energi di balik lapisan luar atau keraknya. Perbedaan daya pasang surut yang diakibatkan bulan (juga matahari) tidak cukup mendasari munculnya kekuatan besar dari dalam bumi."

Story Of Player - Rentetan Aksi Gila 'Mad Jens' Lehmann


Arsenal secara mengejutkan kembali mendatangkan kiper veteran nan kontroversial, Jens Lehmann pekan lalu untuk mengatasi krisis di bawah mistar gawang mereka.

Kiper yang dikenal dengan julukan Mad Jens itu sejatinya sudah menyatakan pensiun di tahun 2010 lalu setelah dua musim memperkuat tim Bundesliga, VfB Stuttgart.

Mantan kiper Borussia Dortmund dan AC Milan yang kini berusia 41 tahun itu meninggalkan Arsenal pada tahun 2008 silam setelah kontraknya berakhir dan kalah bersaing dengan satu-satunya kiper Arsenal yang fit saat ini, Manuel Almunia.

Namun menyusul cederanya dua kiper senior lainnya, Lukasz Fabianski dan Wojciech Szczesny musim ini, Arsenal akhirnya mengambil langkah cepat dengan menawarkan sebuah kesepakatan kontrak jangka pendek kepada mantan penjaga gawangnya tersebut.

Lehmann mendapat julukan Mad Jens karena sering melakukan hal-hal yang kontroversial, di dalam maupun di luar lapangan. Berikut ini adalah sebagian dari aksi 'gila' yang dilakukan mantan kiper timnas Jerman itu sepanjang karirnya.

PULANG DENGAN SEENAKNYA

Memulai karir bersama Schalke di akhir 80-an, Lehmann segera mendapat reputasi sebagai kiper yang kerap melakukan kesalahan dan mulai kehilangan dukungan fans saat menghadapi Bayer Leverkusen di musim 1993-1994. Kebobolan tiga gol hanya dalam waktu tujuh menit di babak pertama membuat para suporter menyuarakan rasa frustrasi mereka pada Lehmann yang kala itu masih berusia 23 tahun.

Pelatih Jorg Berger memutuskan untuk menariknya keluar di saat turun minum, dan mengatakan jika ia akan berbicara dengan Lehmann keesokan paginya. Namun Lehmann yang tampak salah paham, kemudian pulang ke rumah dengan seenaknya. Ia pun dicopot dari skuad selama sepuluh laga berikutnya.

BERPINDAH KE KLUB RIVAL

Lehmann akhirnya membuktikan dirinya di Schalke dan menjadi figur kunci dari tim yang berlaga di papan atas Jerman itu. Namun di tahun 1998 ia memilih mencari tantangan baru dan bergabung dengan AC Milan. Enam bulan kemudian, performa Lehmann yang tak menentu menjadikannya sebagai penghangat bangku cadangan.

"Saya tak tahan lagi. Saya tak siap menghabiskan karir saya dengan hanya menjadi pelapis Sebastiano Rossi," ucapnya kala itu.

Demi mencari kesempatan bermain reguler ia memutuskan untuk hengkang. Meski pernah mengatakan kalau ia 'lebih baik bermain untuk Schalke di divisi kedua ketimbang membela Dortmund', tetapi toh akhirnya Lehmann bergabung juga dengan Dortmund.

Mengingat rivalitas kedua klub, fans Dortmund menunjukkan kebencian mereka pada Lehmann sejak awal, dengan menggantung banner bertuliskan 'Sekali Musuh, Tetap Musuh'. Ia juga dicemooh fans Schalke saat kembali ke sana bersama Dortmund.

MENGENCANI PACAR REKAN SETIM

Sudah dikucilkan oleh suporter Dortmund, Lehmann kembali membuat masalah dengan mengencani Conny, wanita yang sudah lima tahun menjadi pacar legenda Dortmund, Knut Reinhardt, sesaat setelah sang gelandang dijual ke Nurnberg.

"Dia sendiri dan saya pun sendiri. Itu terjadi begitu saja," kilah Lehmann.

Reinhardt amat terguncang dengan skandal itu dan mengatakan, "Saat Conny mengungkapkan hal itu, rasanya seseorang telah memukul saya dengan tongkat kayu. Saya bahkan mempertimbangkan untuk mundur dari sepak bola."

Lehmann pada akhirnya menikahi Conny dan ia baru mengungkapkan hubungannya dengan Lehmann di tahun 2008.

KARTU MERAH

Setelah didatangkan Dortmund di bulan Januari, Lehmann menerima kartu merah pertamanya di bulan April ketika ia menarik rambut Timo Lange dalam pertandingan melawan Hansa Rostock. "Saya tak disiplin dan bodoh," sesalnya kala itu.

Namun Lehmann tak pernah jera. Ia terhindar dari kartu merah ketika menendang Soumaila Coulibaly dalam kemenangan 5-1 Dortmund melawan Freiburg di tahun 2002 karena wasit tak melihat insiden itu, namun ia akhirnya mendapat sanksi empat laga.

"Saya memang sengaja menendangnya karena saya pikir ia merusak pelindung lutut saya. Meski pada saat menendang, saya ingin menarik kaki saya karena tahu hal itu bodoh, namun sayang semua sudah terlambat saat itu," papar Lehmann, kembali menyesal.

Februari 2003, Lehmann diusir keluar lapangan 10 menit sebelum laga usai dalam laga Revierderby kontra Schalke yang berakhir imbang 2-2. Ia mendapat kartu kuning kedua karena keluar dari gawangnya karena sebuah alasan konyol, yaitu demi bertikai dengan rekan setimnya, Marcio Amoroso.

SEMBRONO

Lehmann meninggalkan Dortmund dan mendarat di Arsenal di tahun 2003. Meski sering bermain inkonsiten dan juga eksentrik, namun ia selalu diturunkan sepanjang musim di mana tim Invincible Arsenal mencatat rekor tak terkalahkan sepanjang musim kala itu.

Tiga pekan sebelum akhir musim, saat Arsenal unggul 2-1 di kandang Tottenham dan tinggal selangkah lagi mengunci gelar juara, Lehmann melakukan hal yang mengancam rekor Arsenal dengan mendorong jatuh Robbie Keane dalam situasi sepak pojok.

Wasit Mark Halsey menghadiahkan tendangan penalti dan berbicara dengan asistennya, apakah perlu memberi kartu merah pada Lehmann atau tidak. Beruntung, ia hanya diganjar kartu kuning dan pertandingan berakhir imbang 2-2, namun itu sudah cukup bagi Arsenal untuk mengunci gelar juara. Tetapi tetap saja kelakuan Lehmann itu tak bisa diabaikan.


Mengumbar Aksi Teatrikal Di Depan Drogba (c) BBC

BERSANDIWARA

Ketika bermain imbang 1-1 melawan Chelsea di musim 2006-2007, Lehmann sempat bersitegang dengan Didier Drogba dan mendorongnya hingga terjatuh. Wasit Alan Wiley sepertinya tak memperhatikan insiden itu, dan Drogba kemudian membalas dengan memberikan dorongan pelan pada Lehmann, tapi sang kiper kemudian pura-pura jatuh seperti aktor di film komedi. Keduanya diganjar kartu merah, namun untungnya insiden itu segera dilupakan.

"Tak ada apa-apa antara saya dengan Drogba. Saya menyukainya. Saya pikir jabat tangan yang kami lakukan telah mengatakan semuanya," cetus Lehmann.

BERSIKAP DINGIN

Dalam laga yang sama, Lehmann tampak mengutarakan amarahnya pada rekan setim Drogba, Frank Lampard. "Beberapa rekan setimnya menghina saya dengan sangat buruk. Lampard adalah spesialis dalam menghina seseorang," ujar Lehmann dengan emosi.

Lampard sebaliknya, memilih untuk menunggu beberapa bulan sebelum membalas komentar Lehmann itu.

"Bagi saya, itu semua karena panasnya pertarungan dan tak berguna membicarakannya pada media setelahnya, namun pekan lalu saya dan sepupu saya, Jamie Redknapp pergi makan malam di sebuah restoran di London dan Lehmann duduk hanya beberapa meter dari kami yang ada di meja lain," kata Lampard.

"Kami menghampirinya dan ia benar-benar mengacuhkan kami berdua. Faktanya, ketika ia pergi, ia melewati meja kami dan tak punya keinginan untuk berkata apa pun - entah itu baik atau buruk. Mungkin Lehmann memang lebih sensitif dari kita semua."

MENYIRAM WASIT

Saat Arsenal didepak Bayern Munich dari pentas Liga Champions dan para pemain The Gunners berjalan keluar dari lapangan, Lehmann meremas botol air minum miliknya dengan rasa frustrasi dan berusaha menyiramkannya pada wasit Massimo di Santis.

Lehmann segera menghampiri sang wasit dan menjelaskan kalau itu hanya kecelakaan, bahkan ia mengunjunginya di ruang wasit usai laga. Meski demikian, Di Santis, merasa jika hal itu disengaja dan menuliskannya dalam laporan untuk UEFA. Lehmann pun dikenai sanksi dua laga dan Arsene Wenger pun tak menunjukkan simpatinya dengan mengatakan, "Saya tak bisa menjamin ia akan mejadi pilihan pertama di awal musim karena ia diskors di Eropa. Itu sesuatu yang harus saya pikirkan."


Bersama Almunia, Bagai Musuh Dalam Selimut (c) Goal

OGAH JADI PELAPIS

Musim 2007-2008, manajer Arsene Wenger memutuskan untuk menunjuk Manuel Almunia sebagai pilihan pertamanya di bawah mistar gawang Arsenal - keputusan yang tak bisa diterima oleh Lehmann.

"Sungguh membuat frustrasi. Saat melihat performanya, saya geram dan harus mengepalkan tangan di dalam saku. Duduk di bangku cadangan di belakang seseorang yang baru bermain di usia 30 tahun tidaklah lucu," tuturnya.

Dan Lehmann terus menyuplai media dengan komentar anti-Almunia sepanjang musim kompetisi, kendati itu tak mengejutkan kiper asal Spanyol itu.

"Saya harus mengatasinya setiap hari sejak ia keluar dari tim dan bahkan sebelum itu. Itu tak mengejutkan saya. Jujur saya jadi terbiasa membaca hal itu darinya. Ia bisa mengatakan apa yang ia suka. Saya datang ke kamp latihan dan bekerja bersama Fabianski dan Vito Mannone. Lagipula, mereka kiper yang lebih baik darinya," kata Almunia pada The Guardian di bulan April 2008.

KLEPTOMANIA

Lehmann akhirnya meninggalkan Arsenal dan bergabung bersama Stuttgart di tahun 2008 dan dalam musim debutnya di sana, kelakuannya makin parah dan mencapai puncaknya dalam waktu dua laga di Februari 2009.

Saat dibekuk Zenit 2-1 di tanggal 18 Februari, Lehmann meluapkan rasa frustrasinya pada lini belakang Stuttgart dengan cara merobek bandana milik rekan setimnya, Khalid Boulahrouz dan melemparkannya ke arah anak gawang.

Tiga hari kemudian, saat bermain imbang 3-3 melawan Hoffenheim di kandang, Lehmann menemukan sepatu milik gelandang lawan Sejad Salihovic, yang baru diganjar kartu kuning akibat melanggar Arthur Boka. Lehmann mengambil sepatu itu dan melemparnya ke atas jaring gawangnya sendiri.

Ia mendapat kritik dari pelatih Hoffenheim, Ralf Rangnick namun ia malah menanggapinya dengan santai sembari berkata, "Sungguh menyedihkan karena ia tampak tak mengerti aturan. Jika Rangnick mengamati segalanya sedekat yang ia katakan, ia bakal tahu jika saya melakukan hal itu dengan segala hal yang saya temukan tergeletak di sekitar area penalti saya."

KERAP MENCARI MUSUH

Di musim 2009-2010, Lehmann dibekukan dari klub setelah ia tanpa ijin, menghadiri acara Oktoberfest di bulan September. Pada bulan yang sama di Eintracht Frankfurt, ia mendorong jatuh seorang fotografer.

Di bulan Oktober, saat kalah 0-1 dari Hannover, pada menit 81 Lehmann diejek oleh anak gawang yang menolak memberikan bola kepadanya dan memilih untuk membuangnya di udara. "Inilah tipikal kebudayaan kita - curang!" komentar Lehmann.

Bulan Desember, Lehmann mengkritik suporter dan direksi Stuttgart secara terbuka setelah demonstrasi fans berujung pada pemecatan pelatih Markus Babbel. "Ada sekumpulan bocah, sebagian besar tengah puber, dan itu membawa dampak yang memaksa klub mengambil keputusan. Jika Anda punya kekuatan dan kualitas untuk membuat keputusan yang berlawanan dengan opini publik, maka segalanya akan lebih baik," sindirnya.

Ia dijatuhi denda 40.000 euro atas komentar pedasnya itu, namun ia menolak untuk membayarnya.

BUANG AIR KECIL DI LAPANGAN


Dalam pertandingan Liga Champions kontra Unirea Urziceni, ketika rekan setimnya di Stuttgart tengah menyerang, Lehmann memutuskan untuk buang air kecil di belakang gawang.

Sebuah serangan balik lawan memaksanya berhenti, namun ia mampu kembali ke lapangan sebelum klub Rumania itu bisa memanfaatkan kondisi. Aksi itu bahkan mendapat pujian dari direktur Stuttgart, Horst Heldt. "Saya pikir ia mengatasinya dengan sangat mahir. Itu situasi yang sulit."

MENGINJAK LAWAN

Tiga hari setelah insiden di Liga Champions itu, Lehmann kembali menjadi sorotan. Saat Stuttgart unggul 1-0 atas Mainz, ia diganjar kartu merah akibat menginjak kaki Aristide Bance di menit akhir. Mainz mendapatkan penalti dan akhirnya mengunci satu poin, sementara Lehmann dikenai sanksi tiga laga.

Saat meninggalkan stadion Bruchwegstadion setelah insiden itu, seorang suporter bertanya mengapa ia tak bisa bersikap normal dan Lehmann merespon dengan mengambil kacamata fans tersebut dan pergi begitu saja.


Bersaing Tak Sehat Dengan Kahn di Timnas Jerman (c) Dailymail

MEMBUNUH KARAKTER KING KAHN

Menghabiskan tujuh tahun sebagai pelapis Oliver Kahn di timnas Jerman, Lehmann mengambil kesempatan untuk menjatuhkan sang rival jelang Euro 2004 setelah kehidupan pribadi kiper Bayern Munich itu terkuak di media.

"Saya tak punya pacar berusia 24 tahun. Saya punya hidup yang berbeda," ujar Lehmann merujuk pada fakta bahwa Kahn mengencani gadis yang ia temui di pesta disko, sesaat setelah ia bercerai dari istrinya.

Ia juga menambahkan, "Rudi Voller pernah berkata 'Pemain yang baik menarik perhatian lewat performa bagus sepanjang waktu dan tidak lewat skandal di luar lapangan'."

Komentarnya itu mengundang kritik di seantero Jerman, dan Kahn tetap menjadi kiper nomor satu di Euro 2004. Lehmann akhirnya menjadi pilihan utama Jurgen Klinsmann di Piala Dunia 2006. Keduanya pun tampak sudah mengubur perseteruan mereka setelah Kahn mendoakan sukses untuk Lehmann dan memberikan catatan dari pelatih kiper Jerman ketika mereka menang adu penalti lawan Argentina.

Namun ternyata hal itu belum berakhir, ketika dalam sebuah wawancara, Kahn menganjurkan Lehmann untuk pensiun di tahun 2009. Tak hanya itu, saat ditanya apakah Lehmann seharusnya menjadi bagian skuad Der Panzer di Piala Dunia, Kahn mengatakan, "Saya harus memberi jalan padanya untuk menjadi kiper utama di Piala Dunia 2006 dan saya pun menjadi bias. Saya akan katakan tidak."

Lehmann, dalam otobiografinya di tahun 2010, juga mengklaim kalau dirinya lebih baik dari Kahn dalam mengatasi tekanan dan mengecam kemampuan sang rival dalam membaca permainan. (bola/row)

Source : Bola.Net

Sunday, March 20, 2011

Monthly Chart Favorite TV Program - Maret 2011 (Chart Program Acara TV Favorit)

Postingan ini adalah List Chart untuk Acara Televisi Favorit yang banyak di tonton oleh masyarakat yang di Update per-bulannya. Ini merupakan “Pertama Kali” atau Premier di Blogger dan merupakan pelopor dari yang lainnya yang membuat postingan serupa, itulah kenapa ada motto “The First Chart TV Programs On Site”. Nantikan juga Award’s Chart Favorite TV Program 2011. Check This Out, Coming Soon!.

1. Barclays Premier League – BPL And The FA Cup – Season 2010/2011 – Match And Highlight (Sports, MNC TV & Global TV) --- Ter-Favorit
2. Online (Talk Show, Trans TV) --- Runner Up
3. Provocative Proactive (Talk Show, Metro TV) --- Big Three
4. Rangking 1 (Kuis, Trans TV) --- Best Four
5. Nada Cinta (Sinetron, MD Entertainment, Indosiar) --- 5 Besar

6. Islam KTP (Sinetron, Multivision Plus, SCTV)
7. Opera Van Java (Komedi, Trans 7)
8. Catatan Seorang Jurnalis (Serial, TV One)
9. Uya Emang Kuya (Reality Show, SCTV)
10. Liga Primer Indonesia – LPI (Sports, Indosiar)
11. Dancing With The Stars Indonesia (Talent Show, Indosiar) --- New Entry
12. Kick Andy (Talkshow, Metro TV)
13. Liputan 6 – Pagi, Siang, Petang, & Malam (News, SCTV)
14. Insert – Informasi Selebriti (Infotainment, Trans TV)
15. Metro News – Pagi, Siang, Sore, Hari Ini, & Malam (News, Metro TV)
16. Eight Eleven 8-11 Show (Talkshow & News, Metro TV)
17. UEFA Champions League (Sports, RCTI) --- New Entry ExChange
18. Apa Kabar Indonesia – Pagi & Malam (News & Talk Show, TV One)
19. Inovator (Documentary, Metro TV) --- New Entry
20. La Liga Fiesta Primera – LFP (Sports, TV One) --- New Entry ExChange

21. Seputar Indonesia – Pagi, Siang, & Malam (News, RCTI)
22. Bioskop Trans – Indonesia Dan Barat (Movies, Trans TV)
23. Inbox (Music & Request, SCTV)
24. Hitam Putih (Talk Show, Trans 7) --- New Entry
25. Ketika Cinta Bertasbih – Meraih Ridho Ilahi (Sinetron, Sinemart, RCTI) --- New Entry

26. Cinta Fitri Season 7 (Sinetron, MD Entertainment, Indosiar)
27. Bukan Empat Mata (Talk Show, Trans 7)
28. Arti Sahabat (Sinetron, Rapi Films, Indosiar)
29. MTV Ping! (Music, Global TV) --- New Entry
30. Djarum ISL – Indonesia Super League (Sport, ANTV)
31. Dahsyat (Music & Fitur, RCTI)
32. John Pantau (Variety Show, Trans TV)
33. Mata Najwa (Talk Show, Metro TV)
34. Mamah & Aa’ (Talkshow Religi, Indosiar)
35. On The Spot (Music & Information, Trans 7)
36. Just Dance (Talent Show, Indosiar) --- New Entry
37. E-Lifestyle (Talk Show IT, Metro TV)
38. Mario Teguh “Golden Ways” (Spirit Show, Metro TV)
39. Gaul Bareng Bule (Variety Show, Trans TV) --- New Entry
40. Katakan Katamu (Game Show, ANTV)
41. News Makers (Newstainment, Metro TV)
42. Cinta Juga Kuya (Reality Show, SCTV)
43. Happy Song (Game Show, Indosiar)
44. MTV Ampuh (Music Chart, Global TV)
45. Ketok Magic (Variety Show, MNC TV) --- New Entry
46. Status Selebriti (Infotainment, SCTV)
47. KISS – Kisah Seputar Selebritis (Infotainment, Indosiar)
48. Realigi (Reality Show, Trans TV) --- Bottom 3
49. Upin & Ipin Dan Kawan Kawan (Anime, MNC TV) --- 2 For Last
50. The Chef Indonesia (Cooking Show, Indosiar) --- Juru Kunci Chart
Sumber : LSI-A


Is Out Of Chart :

1. 1 Lawan 100 “1 Versus 100” (Kuis, Indosiar) --- Position Last Month : 7 (UpDown)
2. Suara Indonesia (Talent Show, Trans TV) --- Position Last Month : 12 (UpDown)
3. Sirkus Spekta (Talent Show, RCTI) --- Position Last Month : 20 (New Entry)
4. Clas Hits International (Music Show, Global TV) --- Position Last Month : 24 (UpDown)
5. Super Family (Kuis, ANTV) --- Position Last Month : 25 (UpDown)
6. Indonesia Mencari Bakat 2 (Talent Show, Trans TV) --- Position Last Month : 34 (UpDown)
7. Ethnic/Primitive Runaway (Variety Show, Trans TV) --- Position Last Month : 39 (UpDown)
8. Petir Express (Reality Show, ANTV) --- Position Last Month : 40 (New Entry)
9. Today’s Dialogue (Talk Show, Metro TV) --- Position Last Month : 48 (Bottom 3)
10. Termehek – Mehek (Reality Show, Trans TV) Position Last Month : 50 (Juru Kunci Chart)


Wait List :
1. Tawar-Tawaran Tawa (Game Show, MNC TV)
2. Super Game (Game Show, ANTV)
3. Sentilan Sentilun (Komedi, Metro TV)
4. Ketemu Pepeng (Talk Show, TV One)
5. Jika Aku Menjadi (Reality Show, Trans TV)
6. Mantap (Music Show, ANTV)
7. F1 GP Mania - Race & Highlights (Sport, Global TV)
8. Panji Sang Petualang (Variety Show, Global TV)
9. Hand Made (Kids Program, Global TV)
10. Black In News (Variety Show, ANTV)
11. Big Brothers Indonesia (Reality Show, Trans TV)
12. Tarung Dangdut (Talent Show, MNC TV)
13. Apa… Apa… APA? (Game Show, ANTV)
14. Putri Yang Ditukar (Sinetron, Sinemart, RCTI)
15. Ala Chef ‘Farah Quin’ (Cooking Show, Trans TV)
16. Kembali Bergoyang (Music Show, ANTV)
17. Cinta Cenat Cenut (Sinetron, Trans TV)
18. SCTV FTV (FTV, All Production, SCTV)
19. Penghuni Terakhir – Petir Season 6 “Beranda & Ekstradisi” (Reality Show, ANTV)
20. World Record (Talent Show, Trans 7)

TV Program Classic Popular Of This Month :
Nuansa Music (Music, RCTI)
Bursa Musik Indonesia (Music, ANTV)
Sensor – Sensasi Orang Ternama (Infotainment, Indosiar)

TV Events Of This Month :
Kilau 18 Tahun Anteve (ANTV)
Harmoni “Top Hits” (SCTV)
Indosat Awards 2011 (RCTI)
Panasonic Gobel Awards 2011 (RCTI)

Saturday, March 19, 2011

Ukuran Lapangan Sepakbola


Berikut ini adalah cerita lengkap tentang Ukuran Lapangan Sepakbola

Permukaan Lapangan

Pertandingan dapat dilakukan di lapangan permukaannya dilapisi dengan rumput asli atau buatan / artifisial, sepanjang ketentuan tentang itu ditetapkandalam peraturan kompetisi yang berlaku. Warna dari rumput buatan harus hijau.

Apabila lapangan yang permukaannya terbuat dari rumput buatan / artifisal dipergunakan pada pertandingan antara team – team yang mewakili Asosiasi – asosiasi Anggota yang berafiliasi kepada FIFA atau pertandingan kompetisi antar klub internasional, permukaan artifisial itu harus memenuhi persyaratan Konsep Kualitas FIFA dari lempengan tanah yang dilapisi rumput buatan / artifisial atau memenuhi standart Internasional tentang lempengan tanah yang dilapisi rumput buatan / artifisial, pengecualian dari itu hanya dapat dilakukan atas dispensasi yang diberikan FIFA.

Marka – Marka Lapangan

Lapangan permainan sepakbola harus berbentuk empat persegi panjang dan ditandai dengan garis – garis. Garis – garis ini termasuk dalam daerah permainan yang dibatasinya.

Dua garis batas yang panjang disebut garis samping. Dua garis yang pendek disebut garis gawang.

Lapangan permainan dibagi dalam dua bagian oleh sebuah garis tengah, yang bertemu dengan titik tengah dari kedua garis samping.



Titik tengah terdapat pada pertengahan garis tengah. Lingkaran dengan radius 9,15 m (10 yard) menandai disekelilingnya.

Tanda – tanda boleh dibuat diluar lapangan permainan, 9,15 m (10 yard) dari besar sudut dan garis tegak lurus dengan garis gawang dan garis samping, untuk memastikan bahwa pemain bertahan mundur sampai jarak ini ketika tendangan sudut dilakukan.

Dilarang untuk menandai lapangan permainandengan garis – garis putus atau bengkok – bengkok

Apabila seorang pemain dengan kakinya membuat tanda – tanda yang tidak diperbolehkan pada lapangan permainan, maka dia harus dihukum dengan peringatan (kartu kuning) untuk perilaku yang tidak sportif. Jika wasit melihat hal itu dilakukan pada saat pertandingan sedang berlangsung, dia harus menghukum pemain tersebut dengan peringatan (kartu kuning) pada saat bola meninggalakan lapangan permainan.

Hanya garis – garis yang ditetapkan di dalam peraturan lapangan permainan saja yang boleh ada di lapangan permainan.


Ukuran

Panjang dari garis samping harus lebih besar dari panjang garis gawang

Panjang (garis samping) : minimal 90m (100 yard)

maksimal 120m (130 yard)

Lebar (garis gawang) : minimal 45m (50 yard)

maksimal 90m (100 yard)

semua garis harus mempunyai lebar yang sama dan tidak boleh lebih lebar dari 12 cm (5 inci).

Standart Lapangan Sepakbola Internasional

Panjang : minimal 100m (110 yard)

maksimal 110m (120 yard)

Lebar : minimal 64m (70 yard)

maksimal 75m (80 yard)



Daerah Gawang

Dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang, dengan jarak 5,5m (6 yard) diukur dari bagian sebelah dalam tiang gawang. Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan permainan dengan panjang 5,5m (6 yard)dan dihubungkan dengan garis yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis – garis ini dan garis gawang adalah daerah gawang.

Daerah Pinalti

Dua buah garis tegak lurus dengan garis gawang dibuat pada sisi kiri dan kanan gawang dengan jarak 16,5m (18 yard) diukur dari bagian sebelah dalam tiang gawang.. Kedua garis ini ditarik ke dalam lapangan permainan dengan panjang 16,5m (18 yard) dan dihubungkan dengan garis yang sejajar dengan garis gawang. Daerah yang dibatasi oleh garis – garis ini dan garis gawang adalah daerah pinalti.

Pada setiap daerah pinalti dibuat sebuah titik pinalti yang berjarak 11m (12 yard) dari titik tengah antara kedua tiang gawang dan sama jaraknya dengan tiang gawang tersebut.

Diluar daerah pinalti dibuat suatu garis busur / lingkaran dengan radius 9,15m (10 yard) dari masing – masing titik pinalti.

Tiang Bendera

Tiang bendera dengan tinggi kurang dari 1,5m (5 kaki) yang bagian atasnya tumpul dan dengan bendera terpasang, ditempatkan pada setiap sudut lapangan.

Tiang bendera boleh juga ditempatkan diujung garis tengah, tidak kurang dari 1m diluar garis samping.

Busur Tendangan Sudut

Untuk tendangan sudut, dari setiap bendera sudut dibuat seperempat lingkaran dengan radius 1m (1 yard) ke dalam lapangan permainan.



Gawang

Gawang harus ditempatkan pada bagian tengah masing – masing garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang tegak lurus yang sam jaraknya dari tiang bendera sudut dan dihubungkan secara horizontal oleh sebuah mistar / palang palang gawang.

Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari kayu, logam atau bahan lain yang disetujui. Bentuknya harus bujur sangkar, empat persegi panjang, bulat atau bulat panjang dan harus tidak berbahaya bagi para keselamatan pemain.

Lebar gawang adalah 7,32m (8 yard) dan jarak dari bagian paling bawah mistar / palang gawang ke tanah adalah 2,44m (8 kaki).

Lebar kedua tiang gawang dan mistar / palang gawang sama, tidak lebih dari 12cm (5 inci). Lebar garis gawang sama dengan lebar tiang gawang dan mistar / palang gawang. Jarring gawang diikatkan ketiang gawang, mistar / palang gawang dan tanah di bagian belakang gawang, dengan syarat bahwa jarring gawang tersebut tersanggah dengan baik dan tidak mengganggu penjaga gawang.

Tiang gawang dan mistar / palang gawang harus berwarna putih. Jika mistar / palang gawang terjatuh / rusak, pertandingan dihentikan sampai perbaikan / pergantian selesai dilakukan. Jika tidak mungkin untuk diperbaiki, pertandingan ditunda / dibatalkan.

Penggunaan tali tali sebagai mistar gawang tidak diijinkan. Jika mistar / palang gawang telah diperbaiki, pertandingan dilanjutkan dengan bola jatuhan di tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan., kecuali apabila permainan dihentikan di dalam daerah gaawang, untuk kejadian ini wasit harus menjatuhkan bola di garis daerah gawang yang sejajar dengan garis gawang pada posisi yang terdekat dengan lokasi awal bola pada saat permainan dihentikan.



Iklan Niaga

Iklan niaga harus berada sekurang – kurangnya 1 meter dari garis pinggir lapangan permainan.

Dilarang memasang iklan komersil, baik secara terang – terangan atau terselubung di lapangan permainan, ditanah dalam area yang termasuk daerah yang dilingkupi oleh jarring gawang atau daerah teknik, atau 1 meter (1 yard) dari garis samping mulai dari tim memasuki lapangan permainan sampai mereka keluar pada saat pertandingan berakhir.

Pada prinsipnya tidak boleh ada barang / tanda yang bersifat promosi pada gawang, jarring gawang, tiang bendera maupun benderanya, termasuk memasangperlengkapan lainnnya (seperti kamera, mikropon dan lain – lain) pada perlengkapan tersebut.

Logo Dan Lencana

Reproduksi, baik secara terang – terangan maupun terselubung, dari lencana – lencana atau logo – logo wakil dari FIFA, kofedarasi – kofedarasi, asosiasi – asosiasi anggota, liga – liga, klub – klub atau badan – badan lain dilapangan permainan, jarring gawang termasukdaerah – daerah yang dilingkupinya, gawang, tiang bendera dan bendera – bendera mereka terlarang selama bermain waktu

Pengamanan


Gawang harus tertanam dengan aman kedalam tanah. Gawang portable dapat digunakan apabila sudah memenuhi ketentuan ini.

Daerah Teknik

Daerah Tenik adlah yang berhubungan dengan pertandingan yang diselenggarakan di stadion – stadion yang mempunyai daerah tempat duduk khusus bagi ofisial tim dan pemain pengganti seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Selagi posisi dan ukuran daerah teknik dapat berbeda antara satu stadion dengan stadion lainnya, dan uraian berikut ini dikeluarkan sebagai petunjuk umum :

Daerah teknik merupakan perluasan dari daerah tempat duduk yang ditentukan dengan jarak 1m (1 yard) kesamping kiri dan kanan serta kedepan berjarak 1 m (1 yard) dari garis samping
Disarankan membuat tanda – tanda untuk menentukan batas daerah ini
Jumlah orang yang diijinkan untuk berada didaerah teknik ditetahttp://www.blogger.com/img/blank.gifpkan dalam peraturan kompetisi
Orang yang berada di daerah teknik sudah diidentifikasi terlebih dahulu sebelum pertandingan dimulai sesuai dengan ketentuan dalam peraturan kompetisi
Hanya satu orang pada suatu saat yang diijinkan untuk memberikan instruksi teknik dan dia harus kembali pada posisinya segera setelah memberikan instruksi
Pelatih dan ofisial lainnya harus berada di dalam batas – batas daerah teknik, kecuali dalam kondisi tertentu, misalnya fisioterapis atau dokter dengan seijin wasit dapat masuk lapangan permainan untuk memeriksa cedera yang dialami pemain
Pelatih dan ofisial yang berada di daerah teknik harus berkelakuan yang bertanggung jawab

Source : RepublikBola.Net

Begini Cara Membuat Akun Instagram Anda Terkenal

Instagram adalah salah satu jejaring social yang buat para pecinta foto. Instagram mirip dengan twitter dimana tidak sistem pertemanan, melainkan hanya sistem follow satu dengan yang lainnya. Sebelumnya kita telah membahas mengenai cara memperbanyak followers di twitter. Maka kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbanyak followers di Instagram, mengingat meperbanyak follower di instagram tidak semudah di twitter. Sebab instagram butuh ide dan kreatifitas tinggi untuk bisa memiliki banyak followers.


 
Cara memperbanyak followers
1. Upload Foto setiap saat
Sebagai seorang yang suka menggunakan instagram tentunya harus punya hobby dengan dunia foto memfoto. Oleh karena itu agar kita dianggap selalu aktif, maka selalu lah bawa kemana - mana perangkat foto dan internet kamu. Sehingga setiap ada objek yang menarik untuk kamu foto langsung bisa di upload di akun kamu. Usahakan untuk mengupload foto yang sesuai dengan hobby kamu. Misalnya kamu sangat suka dengan pemandangan, maka uploadlah setiap pemandangan yang kamu temui setiap hari. Jika benar - benar menarik maka orang - orang akan menunggu setiap jepretan kamu dan memfollow kamu.

2. Foto yang unik
Foto unik tentang sesuatu lebih disukai ketimbang foto diri kita sendiri. Walaupun kita cantik atau tampan pasti suatu saat orang akan bosan dengan foto kita. Jadi sebaiknya upload lah foto yang unik dan jarang ditemui di kehidupan sehari - hari. Anda bisa berkunjung ke museum untuk mendapatkannya.

3. Foto objek langka dan lucu
Siapa yang tidak senang dengan tertawa? banyak macam cara membuat orang terhibur dan tertawa. Salah satunya dengan membuat foto - foto lucu. Untuk mendapatkan foto lucu di kehidupan sehari - hari memang sulit. Butuh ide dan kreatifitas dalam mengedit foto agar menjadi lucu. Anda dapat mengedit foto hasil jepretan anda dengan menambahkan beberapa kata kata lucu agar terlihat menarik dan disukai. Dengan demikian anda akan kebanjiran followers setiap harinya.

Friday, March 18, 2011

Hubungan Bilateral Indonesia Dengan India Dan Mesir



Dilihat dari sejarahnya, Indonesia dan India punya sejarah yang sama karena dijajah oleh negara Eropa. Indonesia oleh Belanda dan India oleh Inggris. Kedua negara ini juga berperan besar dalam suksesnya KAA 1955, saat itu PM Nehru pun menyatakan Bandung sebagai Ibukota Asia-Afrika. Hubungan bilateral ini tak berakhir saat KAA 1955, tapi terus dijaga hingga masa pemerintahan sekarang.
Dasasila Bandung adalah sepuluh poin hasil pertemuan Konferensi Asia–Afrika yang dilaksanakan pada April 1955 di Bandung, Indonesia, poin-poinnya adalah sebagai berikut :
1.       Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuan-tujuan serta asas-asas yang termuat di dalam piagam PBB.
2.       Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa.
3.       Mengakui persamaan semua suku bangsa dan persamaan semua bangsa, besar maupun kecil.
4.       Tidak melakukan campur tangan atau intervensi dalam soalan-soalan dalam negeri negara lain.
5.       Menghormati hak setiap bangsa untuk mempertahankan diri sendiri secara sendirian maupun secara kolektif, yang sesuai dengan Piagam PBB.
6.       (a) Tidak menggunakan peraturan-peraturan dan pertahanan kolektif untuk bertindak bagi kepentingan khusus dari salah satu negara-negara besar, (b) Tidak melakukan campur tangan terhadap negara lain.
7.       Tidak melakukan tindakan ataupun ancaman agresi maupun penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik suatu negara.
8.       Menyelesaikan segala perselisihan internasional dengan cara damai, seperti perundingan, persetujuan, arbitrasi, atau penyelesaian masalah hukum, ataupun lain-lain cara damai, menurut pilihan pihak-pihak yang bersangkutan, yang sesuai dengan Piagam PBB.
9.       Memajukan kepentingan bersama dan kerjasama.
10.   Menghormati hukum dan kewajiban–kewajiban internasional.
Dan Bandung telah menjadi pusat perhatian - bahkan barangkali boleh saya menyebutnya sebagai ibukota Asia dan Afrika" Jawaharal Nehru.
Tahun 2005, tepatnya pd tanggal 21-24 November SBY & PM Manmohan Singh menyepakati Pernyataan Bersama. Pernyataan itu dikenal sebagai Joint Declaration between the Republic of Indonesia and the Republic of India. Pernyataan tersebut terkait kerjasama Indonesia-India berdasarkan kesamaan nilai-nilai demi kemajuan kedua negara.
               Teman-teman tentu tahu krisis di Mesir sekarang. Tapi ingatkah kalian Mesir adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia?
Pengakuan Mesir akan kemerdekaan Indonesia sangat penting karena adanya persyaratan De Jure dlm ketentuan terbentuknya satu negara. Di tahun 1947, 4 Delegasi Indonesia, Haji Agus Salim, AR Baswedan, Mr. Nazir Pamoentjak dan Rasjidi melakukan perjalanan ke Mesir. Perjalanan itu adalah kunjungan balasan terhadap kunjungan perwakilan dari Konsulat Jenderal Mesir di India ke Yogyakarta.
Belanda pun berupaya menggagalkan usaha Indonesia. Dubes Belanda menyatakan Indonesia msh dibawah kekuasaan Belanda. Belanda menyatakan, karena masih ada dibawah kekuasaan Belanda segala tindakan politik atas nama Indonesia tidak diakui. Akan tetapi, Perdana Menteri Nokrashi atas nama bangsa Mesir tidak gentar menghadapi protes keras dari Belanda yang disampaikan dubesnya.
Perjanjian persahabatan Indonesia-Mesir pun ditandatangani oleh Haji Agus Salim dari Indonesia dan PM Nokrashi Pasha dari Mesir. Hubungan bilateral ini berlanjut saat Presiden Soekarno membuat Gerakan Non-Blok yang menghimpun negara-negara di Asia dan Afrika.
Presiden Soekarno, Presiden Mesir Gammal Abdel Nasser dan tokoh lain membentuk GNB untuk mencegah perang dunia antara Blok Barat dan Blok Timur. Melihat hubungan baik ini akan lebih baik apabila kita mendoakan supaya segera tercapai solusi damai yang terbaik untuk negara Mesir.

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter