Tuesday, March 10, 2009

Kiat Memilih Printer Warna Yang Tepat



Kini, salah satu alat yang wajib ada di kantor adalah printer, terutama printer warna. Melalui printer warna, berbagai macam pekerjaan cetak mencetak Anda akan terbantu dengan hasil yang bagus dan jelas. Nah, memilih printer warna yang tepat bukanlah hal yang mudah. Jangan sampai harga yang Anda keluarkan tidak sesuai dengan berbagai macam keunggulan yang akan Anda dapatkan.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah dari kualitas cetakannya. Kualitas cetak dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk jumlah titik per inci (dpi/ dots per inch), jumlah warna per titik dan pertumbuhan titik atau menyebar (wicking). Selain itu, perhatikan juga media cetak yang akan digunakan. Sebab, media cetak dapat menentukan kualitas cetak akhir.

Hal berikut yang perlu diperhatikan adalah dari segi kecepatan mencetaknya. Pada umumnya, printer warna memiliki kelemahan dalam hal kecepatan mencetak. oleh sebab itu, perhatikanlah kemampuan kecepatan mencetak berwarna printer warna yang akan Anda pilih. Ya, lihatlah berapa kemampuan mencetak halaman per menitnya (page per minute). Contohnya, ada printer warna yang sanggup mencetak dokumen berwarna hingga delapan halaman per menit.

Pada umumnya, keandalan sebuah printer warna tergantung pada tiga hal yaitu, kesiapan alat, ketersediaan dan kemampuan untuk secara konsisten menyelesaikan tugas pencetakan dengan hasil kualitas yang dapat diterima dan tanpa kegagalan. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dunia perkantoran. Ya, dunia bisnis memang membutuhkan printer warna yang dapat lebih banyak beroperasi dengan tingkat keandalan yang lebih tinggi dan kesempatan untuk gagal yang lebih sedikit. Oleh sebab itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah perlunya menempatkan printer warna secara tepat dan memperhatikan siklus penggunaannya.

Untuk mereduksi masalah biaya sebuah printer warna, perhitungkanlah total biaya kepemilikan sebuah printer (Total Cost of Ownership/TCO). Hal ini termasuk biaya operasional yang dibutuhkan selama masa pemakaian printer dan juga harga pembelian printer tersebut. Ya, biaya pemakaian memang sering menjadi bagian terbesar dari total biaya keseluruhan. Faktor-faktor seperti tinta, persediaan toner, kertas, pemeliharaan dan biaya lain perlu juga Anda pertimbangkan.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter