Tuesday, July 01, 2014

10 Aplikasi Al-Quran Terbaik Untuk Android

iQuran icon
Al-Quran adalah kitab suci agama Islam. Sebagai umat Islam, sudah selayaknya kita menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan ini.

Di zaman yang serba modern ini, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk membaca atau mempelajari Al-Quran. Salah satunya adalah melalui aplikasi Al-Quran untuk Android. Iya, seperti yang kita tahu, hampir semua orang kini memiliki perangkat Android, bahkan bisa dikatakan, tiada hari tanpa Android.

Nah, dengan memanfaatkan ponsel atau tablet Android, kita bisa lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan membaca, memperlajari, serta mengamalkan isi Al-Quran.

Di Google Play Store, terdapat berbagai macam aplikasi Al-Quran dengan fitur yang juga beragam. Kali ini, Memudahkan akan menyajikan daftar 10 aplikasi Al-Quran terbaik Android khusus untuk Anda.

1. Al-Quran al-Hadi

Al-Quran al-Hadi adalah aplikasi Al-Quran Android yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Hadis. Iya, aplikasi ini buatan developer Indonesia. Berbeda dengan aplikasi Al-Quran pada umumnya, Al-Quran al-Hadi dilengkapi dengan indeks tematik dan kajian ayat, yang akan memudahkan Anda untuk memahami Al-Quran.

Al-Quran al-Hadi HomeAl-Quran al-Hadi Home UI

Seperti yang tampak pada screenshot di atas, Al-Quran al-Hadi juga dilengkapi dengan fitur pencarian berdasarkan tema, terjemahan bahasa Indonesia, dan audio murattal.

Download Al-Quran al-Hadi untuk Android

2. Quran Android

Untuk pecinta aplikasi open source, aplikasi Quran Android bisa menjadi pilihan Anda. Iya, selain gratis, Quran Android juga berlisensi open source, jadi Anda bisa menggunakan kode sumber aplikasi ini untuk mengembangkan aplikasi Anda sendiri, atau berkontribusi dalam pengembangan aplikasi tersebut.

Quran AndroidTampilan Quran Android

Tampilan Quran Android diambil langsung dari Al-Quran versi cetak, sehingga selain terlihat jelas, dan kemungkinan Anda sudah akrab dengan tata letak dan huruf yang digunakan. Meski bergitu, Anda bisa memilih ayat tertentu dan menandainya untuk dibagikan (share) ataupun dibookmark.

Download Quran Android

3. iQuran

Bisa dikatakan, inilah aplikasi Al-Quran terbaik untuk Android (setidaknya sampai artikel ini ditulis). Dari segi tampilan, iQuran hadir dengan tata letak yang rapi dan indah. Menariknya, iQuran juga dilengkapi dengan penunjuk tajwid berwarna yang memudahkan Anda membedakan hukum-hukum tajwid.

iQuraniQuran main ui

Sayangnya, untuk iQuran versi lite, hanya terdapat satu terjemahan saja, yaitu terjemahan bahasa Inggris (Shakir). Audio murattalnya pun hanya disediakan semacam saja (Sheikh Husary).

Download iQuran Lite | Download iQuran Pro

4. MyQuran Indonesia

Bila Anda menginginkan aplikasi Al-Quran Android dengan terjemahan bahasa Indonesia, MyQuran Indonesia bisa menjadi pilihan. Aplikasi Al-Quran besutan developer asal Indonesia ini memiliki fitur terjemahan bahasa Indonesia (per ayat). Tampilannya pun tak kalah menarik dari iQuran.

MyQuran Indonesia

MyQuran Indonesia UI

Tak hanya itu, tajwid berwarna juga telah tersedia di MyQuran. Bermacam audio murattal pun siap diunduh (sayangnya, untuk versi lite hanya tersedia untuk surat Al Fatihah, Al Falaq, Al Ikhlas dan An Naas).

Berbeda dengan aplikasi Al-Quran Android lainnya, MyQuran dilengkapi dengan alarm untuk mengingatkan Anda waktunya membaca Al-Quran. Selain itu, terdapat pula kumpulan doa yang bersumber dari ayat-ayat Al-Quran.

Download MyQuran Indonesia Lite

5. Beautiful Quran

Berbicara mengenai terjemahan, selain terjemahan per ayat, ada juga aplikasi Al-Quran Android yang memiliki fitur terjemahan per kata (word by word). Iya, salah satunya adalah Beautiful Quran, yang menyertakan terjemahan tiap kata Al-Quran dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Beautiful QuranBeautiful Quran Night Mode

Seperti namanya, Beautiful Quran hadir dengan antarmuka yang indah, lengkap dengan pilihan tema menarik yang bisa Anda pilih (White, Black, dan Mushaf). Jenis dan ukuran huruf arab dan terjemahannya pun bisa Anda sesuaikan.

Untuk memudahkan Anda menelusuri isi Al-Quran, Beautiful Quran memiliki opsi untuk mengubah navigasi laman berdasarkan surat, laman, juz, dan hizb. Meski begitu, aplikasi Quran Android ini belum memiliki fitur pencarian maupun audio murattal.

Download Beautiful Quran APK

6. Ayat: Holy Quran

Aplikasi Ayat: Holy Quran ini merupakan proyek yang dikembangkan oleh para developer dari King Saud University. Layaknya Quran Android, Ayat: Holy Quran juga mengambil Al-Quran versi cetak sebagai tampilan utamanya.

Ayat: Holy QuranAyat: Holy Quran tafsir

Meski dibuat di Arab, terjemahan dan tafsir Quran bahasa Indonesia telah tersedia pada aplikasi Ayat: Holy Quran Android ini. Terdapat tiga pilihan mushaf (Mushaf Al-Madinah, Mushaf Tajwid, dan Mushaf Warsh) yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Download Ayat: Holy Quran


7. Complete Quran (Indonesia)

Aplikasi besutan Badr Interactive ini hadir dengan tampilan sederhana, bersih, dan jelas. Complete Quran (Indonesia) terbilang memiliki fitur yang lumayan lengkap, seperti pencarian, bookmark, dan share ayat ke media sosial (minus fitur audio murattal).

Complete Quran (Indonesia)Complete Quran (Indonesia) tema putih

Kerennya, Complete Quran memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengubah ukuran huruf Arab dan huruf Latin (masing-masing memiliki pengaturan sendiri). Tersedia juga dua pilihan tema menarik, yaitu hijau dan putih (seperti yang tampak pada screenshot).

Download Complete Quran (Indonesia)


8. Quran Terjemah

Ini adalah versi Android dari Quran-Terjemah.org. Tampilan dan fitur Quran Terjemah secara sekilas mirip dengan Complete Quran. Selain ukuran font yang bisa diubah, Anda juga bisa mengubah jenis font di aplikasi Quran Terjemah.

Quran Terjemahdaftar surat Quran Terjemah

Berbeda dengan Complete Quran, Quran Terjemah telah tersedia fitur audio murattal yang dapat diunduh ayat per ayat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur repeat di Quran Terjemah Android untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Quran.

Download Quran Terjemah

9. Quran Reader

Pada umumnya, aplikasi Quran Android menampilkan sederet ayat dalam satu laman, bisa satu surat dalam selaman, atau mungkin dua surat pendek dalam satu laman. Quran Reader mempunyai caranya sendiri dalam menyajikan ayat-ayat Al-Quran di layar Android Anda, yaitu satu laman satu ayat.

Quran ReaderQuran Reader UI

Quran Reader telah dilengkapi dengan fitur terjemahan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Fitur audio murattal di Quran Reader dapat diakses dengan streaming, jadi Anda harus online untuk menggunakannya.

Download Quran Reader

10. iAndroid Quran

Satu lagi aplikasi Al-Quran Android yang bersifat open source, iAndroid Quran. Tak jauh beda dengan aplikasi lainnya, iAndroid Quran juga menawarkan berbagai fitur standar aplikasi Al-Quran untuk Android, seperti terjemahan bahasa Indonesia, Malaysia dll, audio muratall dari berbagai qori, serta opsi untuk menyesuaikan ukuran dan jenis huruf.

iAndroid QuraniAndroid Quran terjemahan Indonesia

Dari segi tampilan, iAndroid Quran hadir dengan paduan warna biru yang menyejukkan mata. Antarmukanya didesain ringkas dan mudah untuk diakses (tersaji dalam tiga ikon di bagian bawah layar), sehingga Anda tak perlu berganti laman untuk mengganti bahasa, tranliterasi, dan ukuran/jenis huruf.
_____________________

Sebagai penutup, hendaknya aplikasi-aplikasi Al-Quran untuk Android (maupun aplikasi platform lainnya) tidak dijadikan sebagai rujukan utama. Selalu gunakan Al-Quran versi cetak sebagai media pembanding. Apabila Anda menemukan kesalahan, silakan laporkan kesalahan tersebut melalui Play Store atau langsung ke situs developer yang bersangkutan.

Semoga daftar aplikasi Quran untuk Android ini bisa Anda manfaatkan untuk memilih aplikasi mana yang sekiranya Anda butuhkan dan inginkan :)

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter