Wednesday, June 06, 2012

Mendikbud, Pemerintah Tidak Bedakan Swasta dan Negeri



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah tidak membedakan perguruan swasta dan negeri karena sama-sama bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Bahkan, perguruan swasta lebih lama unggul karena pembentukannya berdasarkan musyawarah masyarakat, kata menteri saat berbicara di hadapan peserta Musyawarah Nasional X Badan Musyawarah Perguruan Swasta di Palembang, Selasa malam.

Dia mengatakan, bukan itu saja tetapi sejarah mencatat bahwa perguruan swasta pertama berdiri sebelum kemerdekaan RI.

Jadi pemerintah tidak membedakan antara perguruan swasta dan negeri karena punya peran sama dalam memajukan masyarakat. Selain itu, perguruan swasta juga turut andil dalam mencerdaskan kehidupan berbagsa dan bernegara.

Karena itu perhatian terhadap pendidikan baik melalui perguruan swasta maupun negeri tidak ada perbedaan, ujar dia.

Menurut dia, pendidikan memang suatu persoalan yang tidak ada hentinya karena untuk mempersiapkan sumber daya manusia di masa mendatang.

Bahkan, pendidikan selalu terkait dengan berbagai persoalan karena berhadapan langsung dengan sumber daya manusia.

Jadi pengurus Badan Musyawarah Perguruan Swasta tidak perlu khawatir akan adanya persoalan yang di hadapi karena itu sebagai tantangan dalam meningkatkan kualitas diri.

Selain itu, pendidikan terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga persoalan yang dihadapi tidak ada henti-hentinya.

Namun, ujar dia, persoalan itu ada jalan keluarnya sehingga secara tidak langsung akan menambah kualitas kehidupan.

Wakil Gubernur Sumsel H Eddy Yusuf mengatakan, perguruan swasta dan negeri bertujuan sama, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dalam berbangsa.

Sehubungan itu, bila ada persoalan dihadapi perlu disampaikan kepada pemerintah supaya ada jalan keluarnya.

Ketua Umum Badan Musyawarah Pendidikan Swasta Pusat Dr Fathoni Rodli mengatakan, perguruan swasta punya peran penting dalam memajukan kehidupan bermasyarakat.

Hal ini karena perguruan swasta punya andil dalam mencerdaskan sumber daya manusia seutuhnya, tambah dia.(rr)

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter