Friday, April 13, 2018

Perbedaan Group Dan Channel Di Telegram

Pada artikel berikut ini kami akan mengulas secara khusus tentang perbedaan Group dan Channel di Telegram. Group dan Channel merupakan 2 fitur unggulan aplikasi Telegram. Namun bagi beberapa pengguna masih ada yang belum tahu apa perbedaan Group dan Channel di Telegram ini.

Berikut ini 6 perbedaan antara Group dan Channel di Telegram yang mungkin bisa membantu Anda memahami aplikasi Telegram.

[1] Pengertian

Berdasarkan pengertiannya, berikut ini perbedaan Group dan Channel di Telegram.
Group adalah sebuah fitur dari Telegram yang memungkinkan kita bisa berkomunikasi/ berdiskusi dengan banyak orang dalam satu tempat yang sama secara realtime dan mereka bisa langsung menanggapi apa yang kita sampaikan, atau kita bisa juga menanggapi apa yang mereka sampaikan di dalam Group.

Channel adalah sebuah fitur dari Telegram yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang, hanya saja mereka tidak bisa menanggapi apa yang kita sampaikan dalam tempat tersebut. Ini sama seperti kita melakukan siaran radio tetapi dalam bentuk teks, bukan suara.

[2] Tampilan

Berdasarkan tampilan, sepertinya antara Group dan Channel di Telegram sepertinya tidak jauh berbeda.

Tampilan Group di Telegram

Perbedaan Group dan Channel di Telegram

Tampilan Channel di Telegram

Perbedaan Group dan Channel di Telegram

[3] Arah Komunikasi

Berdasarkan arah komunikasinya, perbedaan Group dan Channel di Telegram adalah sebagai berikut.
Group arah komunikasinya 2 arah. Artinya lawan chat Anda yang masih ada dalam satu group yang sama, bisa membalas atau menanggapai pesan yang Anda kirimkan secara langsung.

Channel arah komunikasinya 1 arah. Sehingga ketika Anda memposting sesuatu, orang-orang yang mengikuti Channel Anda tidak bisa menanggapinya secara langsung.

[4] Jumlah audience

Jumlah audience yang bisa masuk di dalam Group Telegram maksimal 100.000 user.
Sedangkan untuk Channel jumlah audiencenya tidak terbatas, bisa sampai ribuan hingga ratusan ribu.

[5] Urutan Pembuatan

Untuk urutan pembuatannya, Group dimulai dari memilih member atau anggota group lalu membuat nama Groupnya.
Video Player
00:00
00:20
Sedangkan untuk Channel dimulai dari membuat nama Channel dan deskripsinya lalu menentukan hak akses (public/ private) dan url channel lalu memasukkan pengikut Channel secara manual (opsional).
Video Player

[6] Invitation

Group invitationnya dilakukan secara manual, sedangkan Channel bisa dilakukan dengan menyebarkan link. url dan bisa secara manual.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter