Thursday, November 01, 2012

Komunitas - Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar



Kopdar Blogger Nusantara 2011 telah sukses dilaksanakan. Kini kita akan melangkah ke Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar. Anggapan tentang event nasional/internasional yang “harus” dilaksanakan di ibukota negara kini semakin jauh lagi bahkan diluar pulau Jawa.
  
Rilis Pers Kopdar Blogger Nusantara 2012

Gedung LAN Makassar, Jalan Baruga Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia 9 – 11 Nopember 2012

Kopdar Blogger Nusantara tahun 2012 akan dilaksanakan di Gedung LAN, Jalan Raya Baruga Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 9 hingga 11Nopember 2012. Meski memakai nama Blogger namun event ini terbuka untuk umum, baik yang sudah memiliki blog ataupun para pegiat dan pengguna internet secara umum yang belum memiliki blog, termasuk tentu saja para pengguna sosial media.

Maksud Kopdar Blogger Nusantara 2012 adalah sebagai ajang keakraban para pegiat dan pekerja maya yang mau menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung sebagai bukti nyata dari persahabatan yang sudah terjadi di internet. Peserta datang dengan biaya sendiri dan berasal dari seluruh Indonesia, baik dari komunitas-komunitas blogger yang terbentuk di kota-kota besar, blogger individu maupun dari pengguna internet.

Event Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar adalah kelanjutan dari Kopdar pertama di Sidoarjo, Jawa Timur pada tahun 2011 yang dihadiri lebih dari 1500 orang.

Hari Pertama, tanggal 9 Nopember 2012 akan digelar acara pra event yang ditandai dengan tiga kelas yang dilangsungkan secara paralel. Tiga topik yang akan diangkat adalah tentang menulis kreatif, fotografi dan internet untuk UKM. Acara ini diperuntukkan bagi peserta dari kota Makassar dan sekitarnya.

Tanggal 9 Nopember juga sekaligus registrasi kedatangan peserta  dari luar kota. Hari kedua (10 Nopember) yang menjadi puncak acara digelar dengan acara penuh sehari yang berisi talkshow interaktif dengan topik pembicaraan Teknik Blogging, Entrepreneur Blogging dan Media Sosial. Literasi media dan pendalaman tentang teknis melakukan blogging menjadi acuan utama pada sesi ini selain impak yang lebih jauh yaitu menjadi blogger yang profesional dan bisa dipercaya.

Acara atraksi kesenian dari Sulawesi Selatan dan berbagai hiburan serta pameran karya komunitas menjadi bagian dari acara di hari kedua ini. Dan pada malam harinya digelar mimbar bebas Blogger Nusantara diselingi kesenian musik dengan tema keakraban hingga diskusi terbuka.

Event di tutup pada hari ketiga (11 Nopember) setelah para peserta beristirahat dan diajak menikmati kota untuk mengenal lebih jauh tentang kota yang mungkin jarang dikunjunginya dan karena event Kopdar yang tidak mengikat baru bisa menyempatkan diri berkunjung di Makassar.

Komunitas Anging Mamiri, Makassar menjadi pelaksana inti dan bahu membahu dengan Komunitas Blogger Maros, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menjadikan event Kopdar Blogger Nusantara 2012 menjadi kenyataan.

Demikian informasi ini diluncurkan sekaligus sebagai undangan untuk meliput ataupun mengikuti kegiatan Kopdar Blogger Nusantara.

Terima kasih.

Website: bloggernusantara.com
Twitter : @blognusantara
Email : panitia@bloggernusantara.com

Jadwal Kegiatan Blogger Nusantara 2012

Setelah sukses digelar di Sidoarjo, Oktober 2011 maka tahun ini giliran Makassar yang akan jadi tuan rumah kopdar Blogger Nusantara.  Apa saja yang akan dilakukan di Kopdar Blogger Nusantara 2012 ini? Berikut adalah jadwal kegiatannya:

Hari Pertama (9 Nopember 2012)
  1. Pra event berupa 3 kelas paralel dengan 3 tema berbeda: creative writing, photography dan social media for a small business.
  2. Acara ini akan diadakan di gedung LAN Jl. Raya Bukit Baruga
  3. Acara ini terbuka untuk peserta lokal dari daerah Makassar dan sekitarnya. Tidak dipungut biaya.
  4. Setiap kelas maksimal 40 orang.
  5. Informasi pra-event akan dirilis secara resmi dalam waktu dekat.
  6. Sore hingga malam hari diadakan penyambutan untuk peserta dan tamu dari luar kota Makassar.
Hari kedua (10 Nopember 2012)
  1. Pembukaan resmi #BN2012 yang dipusatkan di gedung LAN Jl. Raya Baruga, Makassar. Acara ini gabungan antara talk show interaktif, parade budaya Sulawesi Selatan, sharing komunitas dan games.
  2. Talkshow interaktif akan menghadirkan pembicara yang mengambil tema tentang internet, social media dan blogpreneur.
  3. Di dalam tempat acara disediakan booth untuk beragam komunitas kreatif. Tiap komunitas akan memajang hasil karya dan rekaman aktifitas mereka.
  4. Akan ada kampanye #SaveTurtles bekerjasam dengan Sileya Scuba Dive di Kab. Selayar-Sulawesi Selatan yang peduli pada kelangsungan hidup penyu dan pelestarian alam bawah laut.
  5. Malam harinya akan digelar mimbar bebas dengan susunan acara: sharing antar komunitas khususnya yang datang dari luar Makassar, pagelaran musik akustik, pembacaan puisi dan tentu saja aneka macam kuliner lokal.
Hari ketiga (11 Nopember 2012)
  1. Acara hari ketiga dikhususkan untuk tamu dari luar kota Makassar, berisi kegiatan rekreasi menikmati beberapa tempat wisata di kota Makassar. Acara diakhir dengan belanja ole-ole di sekitar Jl. Somba Opu.
  2. Sore hingga malam harinya para peserta dari luar kota Makassar akan kembali ke tempat masing-masing.
Demikian susunan acara Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar. Ayo, persiapkan diri anda untuk mengikuti rangkaian acara #BN2012.

Kami nantikan anda di Makassar!

Partisipasi untuk Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar

Kopdar Blogger Nusantara merupakan ajang bertemunya para blogger secara offline yang pada tahun kedua penyelenggaraannya dilangsungkan di Makassar pada tanggal 9, 10, dan 11 Nopember 2012. Event blogger berskala nasional yang untuk pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa ini menjadi titik balik kedua setelah kopdar pertamanya yang berlangsung di Sidoarjo tahun lalu.

Jauhnya jarak menjadi kendala tersendiri buat siapapun yang berkeinginan menghadiri acara berskala nasional ini. Meski selain jarak, kesibukan juga menjadi alasan lain yang menjadikan kita tak bisa menghadiri acara kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar.

Dengan tidak mengurangi kecintaan anda pada blogging dan harapan besar anda untuk berpartisipasi di acara Kopdar Blogger Nusantara, panitia menyediakan ruang khusus bagi anda semua untuk ikut serta menyatakan dukungan anda pada terselenggaranya kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar.

Untuk memberikan dukungan, beberapa hal yang bisa anda lakukan antara lain:
  • Video, anda dapat mengungkapkan dukungan anda dalam bentuk audio visual yang dapat anda upload/unggah di Youtube, dan kirimkan url-nya pada panitia;
  • Image/Gambar, anda bisa membuat kartu ucapan digital yang berisi dukungan pada Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar yang dapat anda upload/unggah di berbagai media storage online seperti flickr, picassa, dropbox, atau blog personal anda lalu kirimkan url anda pada panitia;
  • Artikel, anda dapat menuliskan harapan dan angan-angan atau dukungan anda dalam bentuk artikel yang anda tulis di blog anda lalu kirimkan url-nya pada panitia.
Oh, iya, tanpa ketiga bentuk dukungan tadi, anda juga bisa langsung menuliskan dukungan anda kok. Asal jangan lupa memberikan link gambar profil diri atau logo komunitas :)
Untuk memberikan dukungan anda, silakan submit dukungan pada form yang telah disediakan.

Semoga segala bentuk dukungan anda pada Blogger Nusantara menjadi semangat bagi kita semua untuk menuju Indonesia yang lebih lagi. Amin. Terima kasih atas partisipasi dan dukungannya.


Pertanyaan Soal BN2012

Teman-teman semua, sudah siap dengan BN2012? Berikut ada beberapa pertanyaan tentang BN2012, kami akan coba jawab. Semoga memuaskan.

Q:  Kapan acaranya BN2012?
A: Tanggal 9, 10 dan 11 Nopember 2012. Tanggal 9 pra event, ada 3 kelas paralel dengan tema menulis kreatif, fotografi dan socmed untuk UKM. Tanggal 10, acara dari pagi sampai sore di LAN Antang. Tanggal 11 khusus untuk teman-teman dari luar Makassar, kita bawa jalan-jalan ke pantai Akkarena.

Q: Acara tanggal 9 bisa daftar di mana? Terbuka untuk umum? Gratis?
A: Acara tanggal 9 akan segera kita buka pendaftarannya. Satu kelas dibatasi 40 orang, dan terbuka untuk umum tanpa dipungut bayaran.

Q: Kalau acara tanggal 10? Lokasi di mana? Bayar berapa?
A: Acara tanggal 10 berlokasi di LAN RI Jl. Raya Baruga No. 62- Antang – Makassar. Mulai jam 8:00 pagi. Kontribusi peserta sebesar Rp. 25.000,-

Q: Rp. 25.000? Dapat apa saja?
A: Rp. 25.000 itu sudah termasuk goodie bag, t-shirt, coffee break, makan siang dan sertifikat.

Q: Ada apa saja nanti di BN2012?
A: Banyak.  Ada talkshow tentang internet, social media, blogpreneur dan social movement. Terus ada juga pameran komunitas, isinya beragam komunitas kreatif di Makassar yang unjuk diri, ada juga komunitas blogger dari luar Makassar. Terus ada juga pagelaran budaya Sulawesi Selatan dan musik daerah. Pokoknya seru!!


Q: Kalau mau daftar bagaimana?
A: Registrasi online bisa di http://bloggernusantara.com di halaman registrasi peserta. Terus kalau mau registrasi offline atau beli tiket bisa juga. Ada di Astamedia, BTP silakan cari kakak @_Nanie_ atau di Koshmediatama Jl. Rappocini Raya No. 99A (samping warung makan Jawa Timur) bisa cari daeng @TaqdirArsyad.

Oke? Semua pertanyaan sudah dijawab kan? Kalau masih ada yang mau ditanyakan bisa mention akun-akun di bawah ini:
@BlogNusantara
@paccarita
@iPulG_
@_nanie_
@TaqdirArsyad
#BN2012: Tagar Resmi Kopdar Blogger Nusantara

Penggunaan social media sebagai sarana publikasi online menjadi salah satu alternatif media publikasi bagi Kopdar Blogger Nusantara.Selain menggunakan jejaring sosial Facebook, Blogger Nusantara juga menggunakan jejaring sosial twitter yang belakangan makin populer di kalangan pengguna internet Indonesia.
Pada tahun 2012 ini, Kopdar Blogger Nusantara yang diselenggarakan di Makassar pada 9-11 Nopember 2012, menggunakan hashtag/tagar #BN2012, melanjutkan tradisi tahun sebelumnya yang menggunakan hashtag/tagar #BN2011.

Diharap bagi para blogger yang berpartisipasi dalam Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar menggunakan hashtag/tagar ini saat “berkicau” di jejaring sosial twitter.

Demikian terima kasih.


No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter