Friday, November 02, 2012

Pemenang Pertama Lomba Blog #MTGF2012 - Ketika Orang Dewasa Kembali Menjadi Anak Kecil Di #MTGF2012

Pagi tanggal 28 Oktober 2012 dari jam 9 saya udah siap2 untuk ke Benteng Somba Opu, apalagi udah janjian sama kakak @MksSunset untuk sama-sama pergi ke tempat kegiatan pelaksanaan #MTGF2012 (Makassar Traditional Games Festival 2012). Begitu ketemu di tempat janjian dengan si kakak @MksSunset berangkatlah kita ke tempat acara. Walaupun sempat salah jalan beberapa kali setengah 12 kami udah sampai di tempat kegiatan.

Siang itu ratusan orang berkumpul di Benteng Somba Opu. Ada suasana berbeda yang menyambutku disana, beberapa anak muda berlari-larian tanpa rasa malu. Mungkin ada sebagian orang yang mengatakan keliatan childish, tapi menurutku itulah seninya tidak perlu malu karena usia, tidak perlu malu karena status. Di kegiatan ini semua bersatu dengan tujuan yang sama bersenang-senang mengenang masa kecil. Mengenang masa kecil dengan beberapa permainan yang sudah disiapkan oleh kakak2 @Jalan2seru_Mks

Pujian tertinggi saya kasih untuk kakak2 dari @Jalan2seru_Mks. Hanya dari publikasi melalui twitter tapi bisa menarik perhatian ratusan orang untuk datang dan merasakan langsung kehebohan di kegiatan Makassar Traditional Games Festival. Bukan hanya itu bahkan karena publikasi dari twitter itu banyak media massa lokal yang akhirnya melirik dan tertarik untuk meliput kegiatan ini. Tidak ada biaya sedikitpun yang dikeluarkan untuk ikut kegiatan ini semuanya GRATIS.
Beberapa permainan di #MTGF2012

Berbagai permainan disiapkan pada saat kegiatan berlangsung Mulai dari dendeLompat tali, dan beklan untuk perempuan juga ada lojo-lojo, ada massanto, egrang, maccangke, magassing, mallogo, main boy2 dan lain-lain. Tidak ada permainan modern seperti yang dimainkan anak2 sekarang, hanya bermodalkan kayu, batu, kelereng, bato' kelapa dan  benda2 lain yang bisa didapatkan dengan murah bahkan gratis untuk memainkan permainan-permainan itu. Beberapa anak kecil saling berbicara dan bertanya "Permainan apa itu? permainan apa itu?" pertanyaan itu menjadi bukti semakin menghilangnya permainan-permainan tradisional itu digusur oleh permainan-permainan modern seperti PSP dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka hanya mengenal permainan kelereng dan lompat tali itupun hanya mengenal memainkan belum tentu. 


Tawa lepas dari beberapa orang yang hadir di #MTGF2012

Siang hingga sore hari itu yang kulihat dari wajah mereka yang hadir adalah senyuman, mungkin tidak semua yang ikut bermain termaksud saya tapi semuanya larut dalam kebahagiaan itu. Hari itu saya  melihat orang dewasa kembali menjadi anak kecil dan anak kecil menjadi anak kecil yang sesungguhnya. Semua tertawa bersama, bermain bersama, berlarian bersama dalam satu payung Makassar Traditional Games Festival 2012 #MTGF2012. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut tahun depan, dengan lebih banyak kehebohan, lebih banyak partisipasi, dan lebih banyak kebahagian dengan tujuan yang sama membumikan kembali permainan2 tradisional di tengah masyarakat.. Amiin... sampai jumpa di MTGF2013!!!

"Semua tertawa bersama, bermain bersama, berlarian bersama dalam satu payung Makassar Traditional Games Festival 2012 #MTGF2012."
Source : KhansaMuslim

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter