Ajang kreatifitas pop-‐culture terbesar di Indonesia, Hellofest
dalam penyelenggaraan tahun ke-‐10 menargetkan mampu menyedot 40.000
pengunjung ke Tennis Indoor Senayan pada tanggal 22-‐23 November 2014.
Wahyu Aditya founder
HelloFest optimistis target tersebut akan dapat terpenuhi mengingat
tingginya perhatian masyarakat industri kreatif Indonesia terhadap
kegiatan yang dimulai secara swadaya sebagai acara kelulusan bagi siswa
– siswi Hellomotion Academy.
“Ajang ini menjadi saksi munculnya
kreator dalam negeri di bidang animasi, film pendek, cosplay, craft,
merchandising dan wilayah budaya pop lokal. Saat diawali hanya 300
pengunjung, tahun lalu sudah mencapai 33.000 pengunjung,” papar peraih
Juara Dunia Young Creative Enterpreneur dari British Council tersebut.
Tidak itu saja, lanjutnya, seiring
berjalannya waktu HelloFest mengembangkan ajang ini sebagai kegiatan
produktif seperti workshop, masterclass berupa diskusi membahas film
pendek dan animasi berisi praktisi nasional maupun internasional,
seminar, content development hingga big bang show yang diharapkan mampu
meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi konten dan HAKI lokal.
Menurut Waditya, format HelloFest memang
tak sekadar festival penggemar budaya pop namun ditujukan sebagai wadah
bertemunya inovator, pengambil keputusan dan pengguna awal yang sangat
berpengaruh dalam sukses tidaknya sebuah produk kreatif tersebut
diterima oleh pasar.
Dalam pengertian lebih luas, saat ini
HelloFest telah menjadi ajang tempat bertemunya para pencipta,
komunitas, media, sponsor, pengguna jasa di sektor swasta, sponsor dan
tentu saja dunia pendidikan.
Selain tiga acara utama dalam HelloFest
Anima Expo yaitu HelloFest Movies (animasi, non animasi dan film 8
detik), KostuMasa, dan tentu saja Pasar HelloFest (ekshibisi pop
culture) yang menjadi ajang transaksi langsung pengguna dan pencipta
produk-‐produk kreatif Tanah Air, juga ada program Unjuk Rasa Animasi
Lokal sebagai ajang showcase konten-‐konten animasi dari Indonesia
Eksistensi HelloFest diakui tidak saja
di dalam negeri, sejak 2008, HelloFest telah menjadi juri tetap
perwakilan Indonesia di ajang AsiaGraph di Tokyo. Perwakilan Indonesia
ke ajang AsiaGraph merupakan pemenang atau finalis dari kompetisi
HelloFest. Sejak 2008, sudah 12 penghargaan diraih Indonesia. “Secara
teknis animasi lokal tidak kalah dengan animasi luar negeri, hal itu
yang membuat saya optimis terhadap perkembangan industri animasi,” tegas
Wahyu Aditya.
Berdasarkan data Kementerian Pariwisata
dan Ekonomi Kreatif ada sekitar 40 studio animasi yang sudah terjun
dalam industri perfilman di Indonesia dan jumlah ini akan terus
meningkat. Sejumlah studi animator dalam negeri telah rutin memberikan
jasa mereka bagi negara seperti Inggris, China, dan Jepang untuk
membuat film animasi.
Pada masa mendatang, HelloFest berharap
mampu menjadi ajang rujukan industri kreatif yang mendunia setara dengan
San Diego Comic Con di Amerika Serikat yang digelar selama empat hari
dengan dihadiri 250.000 pengunjung dan ajang terbesar di dunia Comiket
di Tokyo yang dalam tiga hari penyelenggaraan dibanjiri 500.000
pengunjung.
Sebuah mimpi yang sangat realistis mungkin dicapai oleh HelloFest mengingat San Diego Comic Con dan Comiket digelar sejak era 1970-‐an, demikian juga besarnya pasar di Indonesia.
Selain menggelar ajang HelloFest di
Jakarta, di sejumlah kota yang menjadi kantong industri kreatif digelar
HelloFest Roadshow berupa edukasi dalam format seminar tentang
perkembangan dunia animasi dan film pendek lokal maupun internasional
sementara edutainment berbentuk pemutaran film animasi pendek koleksi
HelloFest tahun 2000 hingga 2014.
HelloFest Roadshow digelar dengan tujuan
memberikan edukasi dan kesadaran terhadap masyarakat tentang
produk-‐produk kreatif dengan tujuan utama memacu generasi muda untuk
berani berkarya. Salah satu kota yang akan dikunjung HelloFest pada
bulan Oktober yaitu Yogyakarta.
Sebelumnya, sebagai ajang pemanasan,
pada bulan ini HelloFest berperan serta di ajang Encounters Film
Festival Bristol dan pemutaran film di London yang dilakukan bersama
Kedutaan Besar RI & Persatuan Pelajar Indonesia.
Tentang HelloFest
Berawal dari inisiatif HelloMotion
Academy untuk membuat acara kelulusan bagi siswa – siswinya yang
diselenggarakan secara sederhana, HelloFest telah membesar dan menjadi
ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek hingga
pop‐culture. HelloFest kini menjadi wadah kegiatan yang dinanti
berbagai komunitas kreatif untuk ajang temu memamerkan dan memasarkan
karyanya.
No comments:
Post a Comment