Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Saturday, July 29, 2017

Healthy Life - Fokus Pada Kesehatan

*Usia 45 ke atas sebaiknya tidak usah fokus memburu kuliner. Perbanyak rekreasi saja*

Prof. Dr. dr. Bhenny Karim, SpPD-KR. (Guru Besar FK UGM)

Untuk Saudara-saudaraku yang telah berusia 45 tahun ke atas, lebih disiplin jaga kesehatan.

Proses penuaan (aging), sudah mulai sejak usia 32 tahun, dengan mulainya:

*Penurunan Fungsi Organ-Organ* (Seperti Ginjal, Lever, Anak Ginjal, Hypophyse dan lain-lain) dan

*Penurunan Hormon-Hormon* (Seperti Testosteron, Growth Hormon, Coenzym Q10, Melatonin dan Antioxydan).

Pada Wanita usia 45 tahun mulai penurunan estrogen. Pada Pria Penurunan Hormon Progesteron dan Testosteron.

Penuaan adalah "Suatu Penyakit" yang berlangsung kronis, yang sebenarnya tidak dapat dicegah, diobati atau dikembalikan menjadi muda.

Penuaan Bukanlah Hukuman , tetapi Akibat Titah dari Gen.

Beberapa Penyakit yang Muncul Akibat Proses Penuaan adalah:

1. Osteoporosis.
2. Metabolik Syndrome, dengan Akibat Penyakit Cardiovasculer (seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan Hypertensi Renal).
3. Cancer (seperti Payudara, Colorectal/Usus, Prostat, Ovarium).
4. Alzeimer (Pikun).
5. SD (Sexual Dysfunction).

Apa saja yang harus dilakukan?

*1. BERGERAK*.
Jalan kaki 3 s/d 5 km/hari dapat MenCegah Osteoporosis (Rapuh Tulang) dan Hypertensi.

*2. SENAM OLAH NAFAS*
Seperti Pranayama, Orhiba, Cikung, Yoga, dan lain-lain 2 kali per Minggu. Paru-paru Perlu Latihan Deep-breathing/maximal breathing, untuk meningkatkan Aliran Darah di alveoli, Menguras CO2.

*3. KURANGI KARBOHIDRAT*
Cukup Protein, Buah dan Sayur.

*4. JAGA BERAT BADAN*
Bobot Ideal Pria (Tinggi Badan dikurangi 100) dan Wanita (Tinggi Badan dikurangi 110). Lingkaran Perut Tak Boleh Lebih 80 cm untuk wanita, 90 cm untuk Pria. BMI Tak Boleh Lebih 30 kg/m2.

*5. TEKANAN DARAH TIDAK BOLEH LEBIH 140/90.*
Cek Tensi setiap Minggu.

*6. KADAR GULA DARAH PUASA TIDAK BOLEH LEBIH 110, Trigliserida 150, HDL Harus Lebih 50.*
Jadi Cek Darah Max Tiap 6 Bulan.

*7. Wanita MAMMOGRAFI dan PAP SMEAR setiap 1 tahun*
Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara.

*8. ISTIRAHAT CUKUP*
Tidur 6 jam sebisanya mulai pukul 10 malam. Lampu Mati (Merangsang Growth Hormon). Jangan Makan 3 jam Sebelum tidur (Mencegah GERT, Mencegah Sesak).

Bantal Pendek (Meningkatkan Oksigenasi otak).

Miring ke Kanan (mengurangi Beban Jantung).

*9. KURANGI STRESS*
Jangan bekerja di Luar Kapasitas/Kemampuan

Perbanyak Rasa Syukur, Doa atau Meditasi

Senantiasa  Perbaiki Kualitas ibadah, Iman, Sosial dan Hiburan yang Positif

Perbanyak Saat Kumpul-kumpul, ngobrol santai, Canda Ria, Silaturahim atau Berkumpul dengan Keluarga dan Sahabat juga Teman-teman. Lakukan nyanyi-nyanyi atau karaoke, dancing, line dance

Tidak boleh marah-marah atau emosional. Buang jauh-jauh hal-hal yang berpotensi membuat Sedih. Misal kasus hukum atau permusuhan. Bahkan Hadapilah Segala Hal dengan Senyum Bahagia.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...