Wednesday, September 23, 2009

Jenis - Jenis Robot

Robot tidak terlepas dari motor sebagai alat geraknya, nah dari motor tersebut ada yang di modif menjadi sebuah kaki, roda dan masih banyak lagi bentuk alat gerak robot. Dilihat dari alat geraknya robot dapat dibedakan mejadi beberapa jenis yaitu: Robot mobile, Robot bekaki dll. Selain dari alat geraknya robot juga dapat di bedakan dari alat atau bentuk yang lainnya. Seperti judul di atas kali ini saya akan membahas jenis-jenis robot, langsung aja disimak ya sob. 
 
1. Robot Mobil (Bergerak) yang bisa berpindah tempat.


Robot mobile adalah suatu robot yang ciri-cirinya mempunyai alat gerak berupa roda yang digunakan untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lainnya.
Robot Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektro.
2. Robot Manipulator ( tangan )


Robot ini hanyak memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di Industri mobil, robot merakit elektronik dll.
Robot manipulator adalah robot yang menyerupai bentuk-bentuk tertentu. Contohnya robot Arm, robot ini menyerupai lengan biasanya banyak digunakan di industri. 
3. Robot Humanoid,


yaitu robot yang miliki kemampuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan oleh Honda.
Robot humanoid adalah konstruksi robot yang menyerupai manusia. Secara umum robot humanoid mempunyai tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua buah kaki. Meskipun ada robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia. 
4. Robot Berkaki


Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.
5. Flying Robot (Robot Terbang),


yaitu robot yang mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang deprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi.
6. Under Water Robot (Robot dalam air)
robot ini digunakan di bawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter