Tuesday, August 11, 2020

Sekilas Berita Terhangat

 

  1. Budi Daya Lobster Terancam Hancur. Nasib pembudi daya lobster kian memprihatinkan. Lobster hasil panen anjlok harganya dan sulit terjual. Pembudidaya juga terancam tidak bisa lagi melanjutkan usaha pembesaran karena tidak sanggup membeli benih lobster yang harganya semakin mahal. Maraknya ekspor diduga turut mendongkrak harga benih lobster.

  2. Akibat Pandemi Covid-19, Indonesia Alami Deflasi Tak Wajar. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, deflasi pada Juli 2020 adalah sebesar 0,1 persen. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dua bulan setelah masa Ramadhan-Lebaran masih mengalami inflasi. Artinya, deflasi kali ini tidak wajar karena situasinya tidak normal. Menurut Kepala BPS Suhariyanto, ketidaknormalan deflasi tersebut merupakan imbas dari pandemi Covid-19. Akibat pandemi, kecenderungan negara-negara di tataran global mengarah pada perlambatan laju inflasi, bahkan deflasi.

  3. Penantian ”Hibakusha” atas Dunia Bebas Senjata Nuklir. Dunia yang bebas senjata nuklir menjadi impian “hibakusha”, alias para penyintas bom atom. Namun, waktu belum berpihak kepada mereka yang kini rata-rata berusia 80 tahunan itu. Banyak dari mereka menderita efek yang panjang dari radiasi, belum lagi rasa frustrasi terhadap usaha global yang tidak jelas dalam menghapuskan senjata nuklir. Para saksi terakhir kengerian 75 tahun lalu itu pun kini merasa perlu menceritakan kisah pilu mereka pada generasi muda.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter