Wednesday, February 03, 2010

Tutorial - Animasi Dengan Type Tweening

Tweening merupakan animasi pada FlashMX atau Flash sebelumnya, yang mengandung arti suatu pergerakan dari tempat yang satu ke tempat yang lain, yang mungkin pergerakan tersebut bisa berbeda. Tempat pergerakan objek inilah disebut Tweening.
Untuk memahami tweening kita bisa umpamakan setiap objek baik yang hidup maupun yang mati mempunyai pergerakan yang bisa disebabkan oleh energi, gravitasi, momentum, dan resistansi. Misal, mobil yang sedang melaju di jalan raya, hal ini menunjukkan adanya suatu aktivitas pergerakan dari suatu tempat ke tempat yang lain.
Tweening dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
a. Motion Tweening
Animasi ini merupakan jenis tweening paling dasar sekali. Fungsinya untuk menggerakkan objek dari satu tempat ke tempat yang lain atau bisa dengan mengubah ukuran objek tersebut dari kecil menjadi besar dan sebaliknya atau bisa dari objek yang ada menjadi hilang atau sebaliknya.
b. Tint Tweening
Tint dalam FlashMX di masukkan dalam “color animasi”, yaitu mengubah warna objek menjadi warna lain. Dalam pengubahan warna ini, Anda atur sendiri RGB dan jumlah warna (dalam %).
c. Shape Tweening
Animasi jenis ini disebut juga “Efek Morphing”, yaitu cara mengubah atau mengganti objek dengan objek lain (metamorfosa).
d. Motion Guide Tweening
Motion Guide Tweening adalah motion tweening yang mengikuti arah garis yang dibentuk pada layer guide.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter