Tuesday, June 29, 2010

Seputar Islam - Cara Terbaik Menurut Pandangan Islam Mengatasi Depresi



Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi depresi menurut pandangan Islam?

Jawaban:

Wa ‘alaikum salam,

Depresi memiliki 3 sebab yang mempengaruhi, dan tidak perlu tiga sebab yang dapat membuat seseorang mudah depresi, karena dengan satu sebab saja bisa mempengaruhi seseorang mudah menjadi depresi:

1) Kurangnya ilmu, yang berakibat kepada kurangnya iman.

2) Kurangnya sifat tawakkal dan terlalu materialistik dalam memandang hidup ini.

3) Dosa, artinya ketika kita berdosa, depresi terjadi akibat dosa yang kita perbuat itu. Dosa layaknya bakteri atau virus. Ketika anda terbebas dari dosa maka anda sudah menyingkirkan depresi.

Saudariku Dan Saudaraku, anda harus fokus untuk selalu membaca Al-Qur’an, memahami makna yang terkandung di dalamnya dan memperluas pengetahuan tentang agama Islam. Anda harus selalu bergaul dengan orang-orang shaleh yang dapat mengingatkan anda akan hari Akhir dan akan Allah Swt. Anda harus pikirkan bahwa dalam depresi, terdapat konflik antara keinginan anda dan rencana Allah Swt. Jika seandainya anda yakin bahwa segalanya sudah diatur oleh Allah Swt, maka anda tidak akan pernah merasa tidak puas dengan semua Qadar yang terjadi. Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur’an, “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah : 216)

Saat anda mengalami depresi, maka cobalah untuk introspeksi dan mengingat dosa-dosa apa yang sudah anda perbuat.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter