Monday, July 13, 2009

Kiat Memilih Perangkat Lunak



Ibarat dua sisi mata uang, kehadiran software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) dalam satu sistem komputer adalah satu keharusan. Namun memilih perangkat lunak yang tepat tidaklah semudah membalik telapak tangan. Apalagi sekarang, jumlah perangkat lunak yang djual di pasaran sangat beraneka ragam dengan kisaran harga yang bervariasi pula.

Untuk itu sebelum membeli perangkat lunak mana yang tepat, Anda harus memikirkan fungsi atau jenis pekerjaan apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan. Misalnya bagi para pencinta fotografi, Anda bisa memilih perangkat lunak yang selain dapat menampilkan preview foto juga dapat melakukan pengolahan pada hasil jepretan.

Langkah berikut adalah mencari tahu perangkat lunak mana yang memiliki rating yang baik. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari internet, majalah dan surat kabar, bertanya langsung pada mereka yang lebih paham, atau melihat pada bungkus/ kotak perangkat lunak. Satu hal yang patut dicermati, rating yang tinggi belum tentu berarti bahwa perangkat lunak tersebut adalah yang terbaik bagi Anda, karena bisa saja tingginya rating didasarkan pada banyaknya jumlah penjualan dibandingkan perangkat lunak yang lain.

Jika memungkinkan cobalah terlebih dahulu free trial version dari perangkat lunak tersebut. Dengan begini Anda dapat mengetahui seberapa mudah perangkat lunak tersebut saat digunakan dan bagaimana perangkat lunak tadi bekerja di dalam system computer Anda, apakah mengalami gangguan atau tidak. Adanya free trial version pada perangkat lunak tentu menjadi satu nilai tambah yang patut dipertimbangkan.

Perhatikan dengan saksama hal-hal apa saja atau nilai lebih apa lagi yang bisa didapat dari perangkat lunak tersebut. Layaknya prinsip ekonomi, Anda tentunya ingin mendapat sesuatu yang lebih dengan harga yang serendah mungkin bukan?

Terakhir jangan lupa untuk menanyakan ada atau tidaknya garansi yang ditawarkan. Adanya garansi tentu akan memberi kenyamanan tersendiri bagi Anda.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter