Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Wednesday, July 29, 2009

Prinsip Ekonomi Arsene Wenger

Bagi pendukung Arsenal, penjualan pemain bintang pada bursa transfer awal musim merupakan rutinitas tahunan. Memasuki musim kompetisi 2009-2010, Arsene Wenger kembali melepas dua pemain bintangnya, Emmanuel Adebayor dan Kolo Toure.

Adebayor lebih dulu menandatangani kontrak dengan Manchester City senilai 25 juta poundsterling awal Juli yang disusul oleh Kolo Toure.

Bila dirunut ke belakang, Adebayor dan Toure menyusul sejumlah pemain Arsenal yang sebelumnya meninggalkan The Gunners seperti Nicolas Anelka, Marc Overmars, Patrick Vieira, Thierry Henry, Alexander Hleb, dan Mathieu Flamini.

Wenger memang dikenal sebagai pelatih yang mampu mengorbitkan pemain muda dengan harga murah, terutama dari Prancis dan Afrika, untuk kemudian dibentuk menjadi pemain kelas dunia bernilai puluhan juta poundsterling.

Arsene Wenger menjadi pelatih paling ulung dalam hal jual beli pemain di Liga Inggris. Tahukah anda bahwa dari penjualan lima pemain saja, Wenger mampu mendapatkan "keuntungan bersih" senilai 83 juta poundsterling?

Berikut lima transaksi penting oleh Wenger yang menebalkan pundi-pundi keuangan Arsenal.

Kolo Toure

Beli: ASEC Abidjan, 150 ribu (dalam poundsterling) (2002)

Jual: Manchester City for 15 juta (2009)

Keuntungan: 14,85 juta

Kolo Toure menarik perhatian Wenger saat bersama klub Belgia, Beveren. Di bawah asuhan Wenger, Toure menjadi salah satu bek papan atas di Liga Inggris terutama saat duetnya bersama Sol Campbell.

Emmanuel Adebayor

Beli: Monaco, 7 juta (2006)

Jual: Manchester City, 25 juta (2009)

Keuntungan: 18 juta

Tidak banyak yang mengetahui rekor gol Adebayor saat didatangkan dari Monaco, terlebih saat itu Arsenal masih memiliki legenda hidup sekaligus "raja" Highbury, Thierry Henry.

Namun setelah Henry hengkang ke Barcelona, Adebayor mencatat rekor golnya bersama Arsenal dengan mencetak 30 gol untuk The Gunners yang membuat Barcelona dan AC Milan tertarik untuk mendapatkannya.

Patrick Vieira

Beli: AC Milan, 3.5 juta (1996)

Jual: Juventus, 13.7m (2005)

Keuntungan: 10.2 juta

Menurut Sportsmail, Vieira merupakan salah satu pembelian terbaik yang dilakukan Wenger. Vieira menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia saat masih berkostum Arsenal. Pemain timnas Prancis itu menggalang lini tengah Arsenal bersama Emmanuel Petit dan menjadi kapten saat Arsenal menjuarai Liga Inggris musim 2003-2004 dengan catatan rekor tak terkalahkan. Uniknya, Arsenal tidak lagi mengangkat trofi juara setelah Vieira memutuskan hengkang ke Juventus pada 2005.

Marc Overmars

Beli: Ajax, 7 juta (1997)

Jual: Barcelona, 25 juta (2000)

Keuntungan: 18 juta

Suporter Arsenal menjuluki "The flying Dutchman" ini dengan "Roadrunner" yang menggambarkan kecepatan berlari Overmars. Tercatat 16 gol dicetaknya dari sektor sayap kiri dalam musim pertamanya di Inggris dan menjadi pemain kunci saat Arsenal meraih gelar "double" pada tahun 1998.

Marc Overmars dilepas ke Barcelona pada tahun 2000 senilai 25 juta poundsterling yang merupakan rekor pemain Belanda termahal. Di Barcelona, Overmars bergabung dengan mantan pelatihnya di Ajax, Louis van Gaal.

Nicolas Anelka

Beli: Paris Saint-Germain, 500 ribu (1997)

Jual: Real Madrid, 23 juta (1999)

Keuntungan: 22.5 juta

Anelka merupakan transaksi terbaik yang pernah dilakukan Arsenal. Bergabung saat masih berusia 17 tahun dan langsung menjadi pemain kunci Arsenal saat meraih gelar "double" tahun 1998. Tahun berikutnya, Anelka mendapat penghargaan Pemain Muda Terbaik. Setelah sempat dijual ke Real Madrid pada tahun 1999, Anelka kembali ke Inggris bersama Liverpool dan musim lalu bergabung dengan Chelsea yang merupakan klub ke delapan dalam karirnya. (kpl/bola)

Source : Bola.Net

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...