Tuesday, April 20, 2010

Empat Pilar Ngeblog

Banyak cara agar blog rame. Salah satunya jadi seleb. Tengok saja blog-blog milik selebritis itu, hampir semuanya rame. Tapi, jadi seleb? Rasanya itu hil yang mustahal hal yang mustahil. Wong, wajah ya pas-pasan gitu..kekekek. Pada prinsipnya ada 4 pilar ngeblog yang harus dibangun agar blog rame. Empat pilar itu adalah ABCD. Mas, sampeyan ini mau ngasih tips ngeblog apa ngajarin membaca? Memangnya playgroup?!

Tenang kawan, ABCD itu sekedar rumus agar gampang diingat. Dan, jujur saja rumus itu terinspirasi dari atasan saya yang dilontarkan saat rapat kemarin.

A = Audience (Visitor/Pengunjung).
Yang menentukan ‘hidup matinya’ blog, rame tidaknya blog bukanlah kita, melainkan pengunjung. Secanggih apa pun teknik SEO-nya, toh ujung-ujungnya itu untuk menarik visitor.

B = Brand.
Jagalah kredibilitas blog dengan membuat postingan yang bisa dipercaya. Kalau itu hasil kopas jangan lupa tulis sumbernya. Dan, hindari kesalahan tulisan sekecil apa pun. Sebab, jika kita sering membuat kesalahan, maka lama-lama blog tidak akan dipercaya pengunjung. Krisis global boleh terjadi, tapi jangan sampai visitor kita mengalami krisis kepercayaan. Halah!!!

C = Content.
Buatlah pengunjung mendapat banyak hal positif dari postingan-postingan kita. Caranya tentu saja dengan membuat postingan yang berkualitas.

D = Distribution.
Dalam dunia perblogan, distribusi bisa diartikan bagaimana kita memasarkan blog agar rame dikunjungi. Caranya sudah sering diulas. Antara lain mendaftarkan blog ke blog directory, sumbit ke social media, blogwalking, dll.

Keep blogging.

2 comments:

  1. enak ya jadi selebritis,,walaupun kontenya tidak di suka,,tapi banyak yang mengunjungi

    ReplyDelete
  2. Yups... Itulah selebritis... tdk perlu capek2 meningkatkan Traffic...

    ReplyDelete

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter