Thursday, April 29, 2010

Twitter Dan Fanpage Facebook

Twitter

Apa itu twitter
Twitter adalah layanan untuk teman, keluarga, rekan kerja untuk berkomunikasi melalui teks pendek sebanyak 140 karakter tidak kurang tidak lebih.
yang biasanya disebut “tweets”. teks tersebut diposting ke profile anda, dari pengikut anda atau yang biasa disebut “follower” dengan cara menambahkan “@username” pada status mereka.

Apa artinya follow seseorang di twitter?
following seseorang artinya adalah menerima twitter update-an mereka yang dapat dilihat pada bagian kolom home. ketika kamu men-follow seseorang, setiap saat mereka post pesan baru, anda dapat mngetahuinya tanpa perlu mengunjungi profile mereka.
dalam sehari kita dibatasin dalam mengepost status kita sebanyak 1000 kali, dan Direct messages 250 kali melalui web, ataupun di device lainnya.

Apa itu @reply
adalah sebuah balasan yang dikirm oleh seseorang diikuti dengan mengetikkan username kita, tanpa perlu mereka follow kita, mereka dapat mengirimkan kita pesan dengan cara @username diikuti pesan yang diketik dalam status kita. tetapi kalo orang tersebut tidak follow kita, kita tidak dapat mengirimkan direct messages ke orang tersebut.
semua reply-an daat dibaca di @username kita pada box sebelah kanan di bagian home …
COntohnya:
pada update status kita ketik
@fori_suwargono testing testing
(pesan tersebut langsung tertuju ke username tersebut tanpa perlu kita follow mereka, sangat simple bukan?)

Apa arti RT, retweet ?
RT adalah singkatan dari retweet yang berarti, seseorang yang kita follow dan kita senang dengan isi post mereka, di Retweet ke dalam update satus mereka. biasanya ditambah komen didepan kata “RT”
contoh:
RT @fori_suwargono testing testing
(nah, kita juga bisa membalas tweet ini dengan menambahkan komen di depan “RT”
baru belajar main twitter bu? RT @yulioperkasa testing testing
(pada bagian @username sangat penting. jangan terganggu oleh penambahan huruf disekitarnya)
RT @yfori_suwargono testing testing (kalo dengan format begini, tidak akan terbaca di reply orang yang kita Retweet)

Perbedaan dari @reply dengan direct messages?

@reply dapat dibaca oleh semua yang follow kita, sedangkan direct messages lebih bersifat privat karena hanya bisa dibaca oleh orang yang kita tuju.

Bisakah saya mengepost gambar ke dalam twitter?
bisa saja, tapi ingat twitter tidak mempunya fasilitas seperti ini dalam webnya. kita dapat menggunakan fitur ini dengan mengakses ke tweetpic atau yang imageshack, asalkan kita ada url yang sudah disingkat dengan mengcopy url tersebut kedalam status kita. tetapi sekarang sudah ada aplikasi yang meng-auto url dari photo tersebut.
silahkan dicoba…
keistimewaan dari twitter, sebenarnya hanya satu, kita dapat mengirim sebuah teks seperti sebuah sms melalui format yang berbeda tanpa perlu kita ribet menghapal email, ataupun men-follow mereka. cukup dengan mengetahui username seseorang yang ingin kita kirim atau tujukan teks tersebut.
bahkan saya @fori_suwargono sudah sering berinteraksi dengan artis dikala artis tersebut sedang dalam mood yang baik untuk men-reply tweet kita.
Untuk memberikan sebuah komentar di Twitter, anda bisa mencoba dua mudah cara berikut ini yakni mempergunakan fungsi @reply atau mempergunakan fungsi Direct Message, namun yang pasti sebelum anda mempergunakan kedua fungsi ini anda harus menjadi Follower dia, begitupun sebaliknya.

1. Fungsi @reply
Fungsi @reply ini bisa anda temukan pada profile Twitter seseorang, namun ada cara mudah mempergunakan fungsi @reply yakni dengan menulis langsung di box update anda sendiri. Cara mempergunakan fungsi @reply adalah tulis: @username(spasi)komentar anda dimana username diisi dengan username orang yang ingin anda berikan komentarnya. Sebagai catatan apa yang anda tulis dengan fungsi @reply akan selalu ada di public timeline, itu artinya orang lainpun bisa membaca apa komentar anda tersebut. Komentar yang diberikan dengan Fungsi @reply akan bisa dilihat pada menu @username orang yang bersangkutan.

2. Direct Message
Bila anda ingin komentar anda pada seseorang di Twitter tidak dibaca oleh orang lain, anda bisa mempergunakan fungsi Direct Message. Fungsi Direct Message ini bisa anda temukan di menu “Actions” di kolom sebelah kanan profile seseorang. Anda tinggal klik Message (username orang) lalu anda bisa menuliskan komentar anda dalam 140 karakter. Kalau anda ingin lebih cepat memberikan Direct Message tanpa harus melihat profile seseorang, anda bisa mempergunakan box update anda untuk memberikan Direct Message pada seseorang, caranya cukup anda tulis : D(spasi)Username(spasi)Komentar
Contoh Direct Message: D Britney Hello apa kabar? Kapan konser lagi?
Ini artinya anda memberikan Direct Message ke seseorang bernama Britney, dengan catatan bahwa si Britney ini harus telah jadi follower anda. dengan memberikan komentar lewat Direct Message, komentar anda tidak akan tampil di Timeline anda maupun Timeline orang yang anda beri komentar, namun akan masuk langsung ke inbox Direct Message seseorang.

Pages Facebook

1. Masuk ke halaman muka facebook
2. Ketemu 5 kolom bertajuk Sign Up – it’s free and anyone can join? Ok, isi kolom tersebut.
3. Nama lengkap anda di kolom Full Name
4. Alamat e-mail (Yang anda gunakan) di kolom Your Email
5. Password yang anda inginkan di kolom New Password
6. Jenis kelamin anda di I Am, Male untuk laki – laki dan Female untuk perempuan
7. Tanggal lahir anda di birthday
8. Klik Sign Up.
9. Setelah menklik sign up, anda akan derikan sebuah captcha, atau image verification. Satu metoda untuk memastikan apakah anda benar – benar manusia atau hanya spambot, program spamming. Sekarang, perhatikan tulisan acak yang tertera, lalu tuliskan di kolom Text in the box. Klik sign up lagi
Membuat grup
Group adalah sebuah fasilitas yang dimiliki facebook untuk para penggunanya (user) dalam membuat suatu komunitas atau kumpulan orang yang mempunyai hobi, aktivitas, atau berbagai persamaan lainnya. Dengan membuat group kita dapat membuat sebuah komunitas yang dapat berbagi informasi dan bahkan kopi darat jika memang diperlukan. Sayangnya, ada beberapa pihak yang menyalahgunakan fungsi dari group, misalnya menjadikan group sebagai ajang iklan kepada para membernya. Dan yang paling parahnya iklan itu tidak ada kaitannya dengan group tersebut.

Stop de !! udahan dulu basa-basinya :) , wong sudah pada tahu apa itu group dan gunanya. Mari langsung menuju ke pembahasan cara membuat group di facebook :

1. Pada halaman home facebook klik buat group/create a new group (sebelah kiri)

2. Anda akan ditampilkan sebuah kotak :
silakan isi
- Nama Grup/Group Namedengan nama yang diinginkan
- Anggota/member adalah orang-orang yang akan anda undang menjadi bagian dalam group tersebut
- Privasi/privacy grup facebook ada 3 jenis yaitu terbuka (open), tertutup (closed), dan rahasia (secret)

Perbedaan dari 3 privasi grup adalah sebagai berikut :
a) Terbuka(open) = anggota dan isi dari konten group terbuka untuk umum dalam arti bisa dilihat semua orang termasuk non anggota
b) Tertutup (closed) = anggota untuk umum dan konten hanya untuk anggota
c) Rahasia (secret) = anggota dan isi konten tidak untuk umum.

3. terakhir silakan tekan buat (create)

trik agar membuat grup anda banyak penggemar
1. Minta bantuan para anggota untuk mengundang teman-teman mereka.

2. Menjalin kerjasama dengan admin group lainnya untuk saling mempromosikan group melalui mengirim pesan ke semua anggota. Namun ingat, setelah anggota lebih dari 5000 sudah tidak bisa mengirim pesan ke seluruh anggota. Jadi manfaatkanlah momen sebaik-baiknya.

3. Pinjam facebook teman-teman anda lalu undang semua teman-teman mereka unuk bergabung di group anda. (Cara ini agak curang juga. hehe ^^v)

4. Mengiklankan group anda di facebook secara gratis dengan The Visa Business Network.

5. Mengiklankan group anda di group yang sudah memiliki jutaan anggota. Bisa melalui tautan atau berita terbaru dari group tersebut.

6. Buat tampilan group semenarik mungkin.

7. Berikan isi yang tepat dan memuaskan di Informasi group.

8. Anda harus konsisten dalam mengelola group.Jika ada yang bertanya sebaiknya anda jawab. Hal ini agar anggota merasa bahwa anda seorang yang bertanggung jawab.Tentunya dia juga akan membalas kebaikan anda dengan ikut mensukseskan group anda.

9. Memakai foto profil Group sesuai dengan judul group anda, juga yang terkesan menarik dan elegan.

10. Jika anda mempunyai teman baru, jangan lupa untuk langsung mengundangnyauntuk bergabung di group anda.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter