Saturday, August 21, 2010

Metode Penilaian Rating Program Acara di Televisi

Sering kita denger mengenai rating sebuah program acara di salah satu stasiun TV. Nah, darimanakah sebuah program itu bisa dikatakan ber-rating tinggi atau rendah? Bagaimanakah metode penilaiannya? Dan pastinya rating tersebut juga akan berpengaruh pada jumlah iklan di program tersebut.

Wawancara berikut ini akan menjawab semua metode seputar penilaian rating tersebut:

* Bagaimana pengambilan data kepemirsaan televisi dilakukan?

Pesawat-pesawat TV dan peralatan lain yang dihubungkan dengan TV, misalnya DVD player, Play Station, dan lainnya di masing-masing rumah panel dipantau secara elektronik oleh sistem yang dikenal dengan sebutan Peoplemeter. Masing-masing anggota rumah tangga diberikan sebuah tombol khusus pada handset Peoplemeter (misalnya tombol 1 untuk Ayah, tombol 2 untuk Ibu dan sebagainya).

Kemudian setiap anggota rumah tangga diminta untuk menekan tombol handset pada saat sedang menonton TV dan menekan kembali ketika selesai menonton. Pengambilan data dilakukan melalui dua sistem, yaitu sistem online dan offline. Pada sistem online, data diambil setiap malam melalui sistem telepon yang diset secara otomatis dan dihubungkan dengan sistem pengolahan data sentral di kantor AC Nielsen Media Research. Sistem online ini dilakukan untuk penarikan data harian (daily rating) di kota Jakarta, Bandung dan Surabaya. Sedangkan rumah panel yang masih offline di kota lainnya akan didatangi petugas Liaison Officer secara rutin untuk mengganti modul (alat perekam data) setiap hari Minggunya.

* Siapa saja yang dijadikan panel dalam pengukuran kepemirsaan televisi (Television Audience Measurement)?

Anggota dari rumah tangga yang memiliki pesawat televisi dalam kondisi berfungsi dengan baik dan berusia 5 tahun ke atas. Semua rumah tangga di 10 area survei AC Nielsen memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi panel melalui penyaringan dan pemilihan dengan metode Stratified Random Sampling (penarikan sampel secara acak bertingkat yang dimulai dari tingkat kotamadya hingga ke tingkat RT dan dari masing-masing RT terpilih dipilih salah satu rumah tangga untuk menjadi panel). Dengan demikian, tidak ada satu rumah tangga pun yang dapat mengajukan diri untuk menjadi panel.

* Bagaimana metode Stratified Random Sampling dilakukan dalam proses pemilihan panel?

Pertama-tama, 50 unit rumah tangga dalam lokasi yang memiliki TV dan berada pada lokasi yang berdekatan dikelompokkan dalam sebuah Primary Sampling Unit (PSU). Kemudian, pada masing-masing PSU, rumah-rumah dalam interval tertentu didata demografinya. Kemudian hasil pendataan tersebut dikompilasi dan dipilih secara acak rumah tangga yang akan dijadikan panel dengan mempertimbangkan proporsi umur, gender, serta SES sesuai dengan kondisi populasi. Proporsi populasi didapatkan dari hasil TV Establishment Survey.

* Apakah yang dimaksud dengan TV Establishment Survey?

TV Establishment Survey merupakan survei yang dilaksanakan secara tahunan dan bertujuan untuk :

1. Menetapkan ukuran dan profil demografi penduduk yang memiliki televisi di kota-kota yang dijadikan target Peoplemeter, juga karakteristik penerimaan televisi serta detail kepemilikan barang-barang rumah tangga dari rumah-rumah di area-area tersebut.
2. Untuk mengidentifikasi variabel-variabel demografik untuk penghitungan jumlah populasi yang sebenarnya dan proyeksi selama pembuatan TV rating. Juga untuk mengetahui jumlah total masing-masing variabel.
3. Untuk membentuk kelompok rumah tangga menjadi panel Peoplemeter.
4. Untuk menetapkan atau meninjau variabel kontrol dan matrix kontrol untuk pemeliharaan panel.

* Mengapa tingkat penyebaran panel tidak sama di tiap kota?

Survey AC Nielsen mencakup 10 kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Banjarmasin. Tingkat penyebaran panel didasarkan pada survei awal atau Establishment Survey (ES) di 10 kota tersebut. Dari ES, akan didapatkan jumlah rumah tangga (berusia 5 tahun ke atas) yang memiliki TV yang berfungsi dengan baik atau disebut populasi TV. Dari populasi TV, akan diperoleh proporsi populasi TV untuk masing-masing area. Berdasarkan ES, proporsi populasi TV di 10 kota secara berturut-turut adalah: Jakarta-55%, Surabaya-20%, Bandung-5%, Yogyakarta-5%, Medan-4%, Semarang-3%, Palembang-3%, Makassar-2%, Denpasar-2%, dan Banjarmasin-1%.

Dengan demikian, jumlah panel yang direkrut adalah berdasarkan pada proporsi populasi TV di masing-masing kota tersebut. Dengan kepemilikan TV di Jakarta adalah 55% dari total kepemilikan TV di 10 kota, maka 55% panel yang direkrut ada di Jakarta, dan seterusnya.

Hal yang sama juga berlaku dalam hal penyebaran panel berdasarkan target pemirsa, misalnya Status Ekonomi Sosial (SES), pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Sama dengan penyebaran panel per area yang telah dijelaskan diatas, pembagian panel per SES juga didasarkan atas ES. Jika dari ES tergambar bahwa populasi TV Jakarta sejumlah 19% berasal dari SES A, maka panel SES A yang direkrut pun sebanyak 19% dari total panel Jakarta.

* Berapa lama usia panel dan bagaimana prosedur penggantian panel?

Lamanya sebuah rumah tangga menjadi panel adalah maksimal 2 tahun, namun penggantian panel tidak dilakukan secara serentak. Tingkat berhentinya suatu rumah tangga sebagai panel secara normal adalah 20-25% dari rumah tangga yang ter-install setiap tahunnya. Tidak ada penggantian yang dipaksakan dalam keadaan normal. Selain penggantian secara normal terjadi pula penggantian panel diakibatkan karena beberapa alasan, diantaranya:

- Penolakan panel rumahtangga untuk meneruskan kerjasama.
- Menolak karena tidak memperbolehkan meng-install semua TV.
- Perubahan pada kondisi atau keadaan anggota rumah tangga.
- Pindah rumah atau renovasi.

* Apa yang sesungguhnya diberikan oleh TAM untuk industri?

TAM (TV Audience Measurement) memberikan masukan dalam kepemirsaan TV bagi agensi periklanan dan pemilik produk yang menggunakan TV sebagai medium untuk mengkomunikasikan produk mereka.

* Apakah Rating Program?

Rating Program adalah rata-rata pemirsa pada program tertentu yang dinyatakan sebagai persentase dari kelompok sampel atau potensi total. Angka Rating Program didasarkan atas unit waktu terkecil 1 menit.

* Mengapa rating program diperlukan?

Karena jaringan stasiun TV dan produser program tentunya ingin mengetahui apakah orang menyaksikan acara mereka atau tidak, siapa saja yang menonton dan berapa banyak jumlahnya.

* Kapan rating program dipakai?

Ketika ingin mengetahui banyaknya pemirsa yang menonton suatu program pada lintas periode waktu tertentu.

* Kapan share pemirsa dipakai?

Share dapat digunakan ketika ingin mengukur persentase pemirsa yang menonton program tertentu dibandingkan dengan program-program lainnya dalam periode waktu yang sama.

* Jika rating sebuah program rendah, tidakkah akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan?

Beberapa pelaku penyiaran memutuskan untuk melanjutkan program tertentu tanpa harapan untuk meraih rating tertinggi. Beberapa lainnya memutuskan untuk menghentikan tayangan. Hal ini tergantung pada tujuan utama dan strategi dalam bisnis mereka.

* Apakah TAM mengukur kualitas program acara?

Tentu saja tidak. Hasil pengukuran hanya akan memberitahu tentang berapa banyak orang yang menyaksikan acara mereka atau kuantitasnya. Banyaknya jumlah orang yang menonton pun tidak bisa secara langsung dikaitkan dengan alasan suka atau tidak suka.

* Jika responden lupa menggunakan handset Peoplemeter ketika sedang menonton TV, bagaimana pengumpulan data kepemirsaan dari responden tersebut?

Jika TV menyala tanpa seorangpun menekan tombol pada handset, maka perangkat Peoplemeter akan memberikan sinyal peringatan berupa suara dan running text, “Siapa menonton?”. Jika suara dan teks tersebut diacuhkan, AC Nielsen akan bisa mengidentifikasikannya saat data diproses melalui Periodic Statistic Report terhadap “analisis kepemirsaan yang tidak lolos produksi”.

Ada patokan tertentu untuk data kepemirsaan yang lolos quality control produksi. Jika patokan tersebut terlampaui, maka data kepemirsaan dari rumah tangga tertentu akan disingkirkan dan tidak akan diproses. AC Nielsen juga akan mengirim petugas untuk melakukan re-edukasi panel untuk menekan tombol. Jika rumah tangga panel tidak memperlihatkan perkembangan setelah dire-edukasi, maka panel akan dilepas untuk diganti dengan panel yang baru.

* Apa imbalannya untuk keluarga responden?

Sebagai apresiasi atas partisipasinya sebagai responden AC Nielsen, setiap panel akan mendapatkan poin setiap bulannya. Poin panel yang dikumpulkan dapat digunakan untuk memilih hadiah-hadiah yang berupa perabot rumah tangga, seperti timbangan, setrika, tea set, dinner set, panci, kompor, blender, dan sebagainya – yaitu dari katalog AC Nielsen berdasarkan poin yang dikumpulkan. Semakin lama kerjasama dilakukan sebagai responden, maka akan semakin besar poin yang bisa dikumpulkan. Nilai nominal hadiah yang diberikan tergantung pada jumlah poin tersebut.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter