Monday, August 02, 2010

Tips Membuat Postingan Blog

Seberapa seringkah anda mengupdate blog? Setiap hari, dua kali seminggu, sebulan sekali, atau setahun sekali pas tanggal satu Suro? Tips dari blog ini barangkali bisa membantu anda yang sering dilanda kebingungan saat hendak membuat postingan.
Pada dasarnya, dilihat dari proses pembuatannya, ada beberapa jenis postingan:

1. Original
Yaitu postingan yang murni hasil kreasi sendiri (kalaupun mengutip sumber lain, diasumsikan maksimal hanya 10 persen).

2. Rewrite
Mengutip dari sumber lain (satu atau lebih), namun ditulis ulang dengan gaya penulisan sendiri.

3. Copas
Tulisan mayoritas hasil kopi paste dari sumber tertentu.

Dari tiga kategori tersebut, semuanya pernah saya lakukan. Dan, dari ketiganya, cara paling elegan memang poin nomor 1, yaitu postingan yang original. Selain berkaitan dengan kredibilitas kita, postingan yang orisinil lebih 'dihargai' oleh search engine.

Hanya saja, bagi sebagian orang, membuat artikel yang original tidaklah mudah. Apalagi, ketika otak sedang blank sehingga bingung cari bahan postingan. Nah, tips mencari bahan postingan bisa dibaca disini.



Sedangkan pada metode rewrite, saya sering menggunakan jurus blender. Informasi tambahan, agar terkesan orisinil, biasanya saya siasati dengan mengubah dari kalimat aktif menjadi pasif (atau sebaliknya), kata 'anda' menjadi 'kita', dsb.

Cara yang paling praktis adalah poin ketiga, yaitu copas. Wis, sampeyan gak perlu pusing-pusing mengolah kata. Tinggal dikopi trus dipaste, jadi. Tapu, untuk cara satu ini sebaiknya cantumkan sumbernya. Janganlah demi jaga image, kita malah terperosok sebagai plagiat. Sedangkan biar SEO-nya nendang, trik yang saya lakukan adalah mengganti paragraf pertama (atau 200 kata pertama) dengan teknik rewrite. Terbukti dengan cara ini postingan saya lumayan sering masuk top SERP. Cuma, harus diperhatikan pula penembakan keyword dan penulisan judul yang jitu.

Terkait teknik rewrite dan copas, untuk memudahkan mencari bahan postingan, saya punya blog khusus yang isinya link-link ke website tertentu sesuai topik blog-blog saya. Link-link itu saya sebar di sidebar, postingan, header dan footer. Pokoknya, isinya link doang. Dan, saya kelompokkan sesuai kebutuhan. Misalnya kelompok gadget, seleb, sepakbola, dll.

Gimana, masih bingung bikin postingan?

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter