Saturday, August 28, 2010

Aplikasi Islami Untuk Pengguna Blackberry

TELEPON seluler kini bukan sekadar alat untuk menelepon dan berkirim pesan pendek. Di samping fitur kamera, radio, televisi, atau game, sudah banyak jenis dan merek ponsel canggih yang bisa kita gunakan untuk browsing internet, chatting, mengirim dan menerima surat elektronik, atau bahkan mencari posisi dengan fitur navigasi (GPS).

Selain fungsi-fungsi itu, ponsel juga bisa jadi alat untuk menunjang kegiatan ibadah terutama di di bulan suci Ramadhan. Aplikasi model ini amat banyak tersedia di internet. Yang menarik, aplikasi kebanyakan tidak dipungut biaya alias gratis.

Kalau di tahun-tahun sebelumnya kami menulis khusus untuk ponsel dengan sistem operasi Java atau Symbian, kali ini kami tampilkan aplikasi untuk pemegang ponsel BlackBerry. Nah, berikut berbagai aplikasi yang bakal membuat ibadah puasa Anda lebih mantap.

1. Wasolim
Wasolim aplikasi yang berfungsi sebagai pengingat waktu shalat dan imsakiyah. Layanan antarmukanya dibuat dalam bahasa Inggris karena diperuntukkan bagi pengguna BlackBerry muslim di seluruh dunia.

Prinsip kerja Wasolim adalah mengingatkan jadwal shalat untuk harian ataupun bulanan, berbasis GPS maupun BTS dari ponsel. Jadi saat seseorang berada di kota lain, ia cukup menuliskan nama kota itu, dan Wasolim pun segera memberi jadwal shalat. Soal tampilan, aplikasi yang dikembangkan Achmed Ferdyansyah, Abdul Aziz Rahman, dan Dwian Rusendro -- mereka warga negara Indonesia-- ini tidak terlalu ribet dan tidak membingungkan. Warnanya didominasi hijau, jadi enak dilihat. Berminat? Unduh saja langsung dari browser BlackBerry Anda di http://wasolim.com.

2. Ramadhan Pocket Guide
Aplikasi yang dirancang dengan teknologi GPS ini juga berfungsi menentukan jadwal shalat sesuai dengan lokasi pengguna berada. Layaknya Wasolim, aplikasi ini juga berbasis teknologi GPS untuk mendapatkan jadwal shalat, imsak, dan pengingat azan sesuai dengan lokasi pengguna. Aplikasi panduan Ramadhan ini juga dilengkapi fitur Notifikasi Alert menggunakan ribbon, icon, suara azan dan fitur getaran.

Tapi, berbeda dengan Wasolim yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa antarmukanya, Ramadhan Pocket Guide menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa antarmuka. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti suara azan serta sahur Acapella.

Veelabs, pengembang aplikasi ini, mengklaim bahwa aplikasi ini hemat memori karena berukuran kecil dan hemat baterai. Kalau ingin memiliki aplikasi ini arahkan browser BlackBerry Anda ke http://ramadhan.veelabs.com/

Catatan: Aplikasi yang tersedia hanya berlaku bagi BB Bold 9700 (Onyx), Bold 9000 (Bold), Tour 9630 (Tour), dan Curve 8900 (Javelin). Untuk BB jenis lainnya bisa langsung menuju situs pembuat aplikasi ini di veelabs.com.

3. Moslem Guide
Aplikasi yang satu ini ditujukan khusus untuk pengguna BlackBerry Indosat. Dalam Moslem Guide terdapat beragam fitur, di antaranya translator yang dapat menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab, themes dan ringtone Islami, info lokasi masjid terdekat, panduan halal atau haram, Al- Quran versi mobile, penunjuk arah kiblat yang dapat membantu menentukan arah kiblat dan jadwal shalat.

Ada pula kumpulan Fatwa MUI, mulai dari fatwa yang jadul sampai yang paling hangat.

Yang mau unduh aplikasi Moslem Guide, silakan langsung saja ke http://wap.indosat.com atau pakai Indosat Go dari BlackBerry. Sekadar informasi, Moslem Guide aplikasi yang sudah diberi sertifikat MUI.

(bin/gur)
Sumber Postingan : TabloidBintang.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter