Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Rabu, Desember 04, 2013

Resensi Buku - "It's My Startup," 50 Tips Membangun Startup

Oik Yusuf/Kompas.com - Buku It's My Startup: 50 tips memasuki, memulai, dan mengembangkan bisnis startup 
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memulai sebuah startup, banyak hal yang tidak diketahui namun akan ditemui. Banyak ide yang menarik untuk dijalankan, namun memiliki risiko yang cukup berdampak jika gagal.

"Jika kita berani mencoba melakukan sesuatu, maka kita telah mengurangi risiko kegalalan sebesar 50 persen, namun jika kita tidak pernah mencobanya maka sudah pasti 100 persen gagal," kata Anton Soeharyo, pendiri perusahaan pembuat game mobile TouchTen.

Itulah salah satu isi penggalan paragraf dalam buku "It's My Startup" karya Lahandi Baskoro, yang memberi "50 tips bagaimana memasuki, memulai, dan mengembangkan bisnis startup."

Buku ini direkomendasikan kepada Anda yang memiliki banyak ide kreatif, di mana ide-ide hebat itu sebenarnya berpotensi menjadi produk nyata dan memiliki nilai ekonomis.

Lahandi mendefinisikan startup sebagai organisasi yang berusaha menghasilkan produk dan mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang. Di Indonesia, istilah startup cenderung mengacu pada perusahaan rintisan yang menggunakan unsur teknologi informasi dalam produknya.

Tips dari Lahandi ditulis dalam bahasa yang sederhana, jelas, dan dan singkat, sehingga ia mudah dimengerti, bahkan oleh orang yang tidak memahami tentang bisnis digital.

Pria yang bekerja sebagai senior content strategist di Kaskus ini, mengambil intisari tips dari hasil pengalaman, pengetahuan, dan juga pergaulannya di dunia startup. Dalam setiap tips, Lahandi memberi contoh kasus tentang perjalanan sesesorang mendirikan dan mengembangkan startup. Setiap tips juga dibumbui dengan 'kata mutiara' dari orang-orang hebat yang berjuang membangun bisnis digital hingga menjadi perusahaan mapan.

Namun, kenyamanan membaca agak terganggu lantaran teks di setiap halamannya didominasi oleh warna hijau dan biru. Untungnya, huruf-huruf pada teks berukuran besar sehingga cukup membantu dalam membaca.

Oik Yusuf/Kompas.com
Halaman-halaman buku It's My Startup didominasi oleh warna hijau dan biru. Hal ini agak membuat kenyamanan membaca berkurang.
Menurut Lahandi, mendirikan startup bisa dimulai dari hasrat dan visi. "Jika yang dikerjakan itu adalah passion kita, begadang dan kerja di hari libur pun tidak merasa memberatkan." Sementara visi, "akan jadi panduan selama startup itu berkembang."

"Sejak awal Microsoft berdiri, Bill Gates dan Paul Allen memiliki satu visi yang pada saat itu terdengar agak konyol. Mereka memimpikan adanya komputer di setiap meja kerja dan di setiap rumah, menggunakan software dari Microsoft. Dari 1977 hingga hari ini, visi tersebut tidak berubah."

Namun, jika produk atau visinya mentok, tidak ada salahnya startup melakukan pivot atau mengubah arah usaha. Arah di sini bisa berupa visi, perubahan pengembangan layanan, perubahan segmen konsumen, dan sebagainya. Ada pivot yang perubahannya minor, dan ada pula yang ekstrim.

Intinya adalah melakukan hal baru yang bertujuan menyelamatkan kelangsungan hidup startup tersebut. Dalam menulis buku "It's My Startup" pun, Lahandi melakukan pivot. "Awalnya saya ingin menceritakan kesuksesan sebuah startup. Tapi pada akhirnya, saya memutuskan untuk membuat tips-tips penting membangun startup," katanya saat diskusi Depok Connection 8 yang digelar Depok Digital di coworking space Code Margonda di Depok, Sabtu (30/11/2013).

Dalam buku ini, Lahandi juga memberi tips untuk lebih membesarkan sebuah startup, tentang bagaimana mencari pendiri pendamping, membangun kerjasama strategis, membaca peluang pasar dan coba memahami pengguna produk Anda.

Lebih jauh lagi, ada tips pula tentang bagaimana menghasilkan uang dari layanan atau produk, mencari mentor yang tepat, memilih investor, mengatur cashflow, membangun jaringan dan menjalin hubungan dengan media, hingga membangun budaya kerja perusahaan.

Melalui buku "It's My Startup," Lahandi coba mengobarkan semangat pembaca yang ingin mewujudkan ide kreatifnya menjadi produk atau layanan yang nyata. Tak perlu bingung lagi untuk memasukinya, karena ada 50 tips untuk memulai dan mengembangkan bisnis startup.

Judul buku It's My Startup: 50 Tips Memasuki, Memulai, dan Mengembangkan Bisnis Startup
Penulis Lahandi Baskoro
Penerbit Metagraf, Tiga Serangkai
ISBN 978-602-9212-86-0
Kategori Bisnis, Inspirasi
Tahun September 2013
Tebal 172 halaman
Harga Rp 32.000

Source : Kompas.Com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...