Saturday, March 11, 2017

Maya Hirai, Seniman Origami Indonesia

Wanita bernama Maya Hirai Direktur Sanggar Origami Indonesia yang pernah mengajar origami di Ashihara Syougakko (SD) di Toyohashi Aichi, Jepang ini mengungkapkan beberapa manfaat berorigami bagi anak-anak.
Seperti :

- Melatih motorik halus pada anak sekaligus sebagai sarana bermain yang aman, murah, menyenangkan dan kaya manfaat.

- Lewat origami anak belajar membuat mainannya sendiri, sehingga menciptakan kepuasan dibanding dengan mainan yang sudah jadi dan dibeli di toko mainan.

- Membentuk sesuatu dari origami perlu melewati tahapan dan proses tahapan ini tak pelak mengajari anak untuk tekun, sabar serta disiplin untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

- Membantu anak memperluas ladang imajinasi mereka dengan bentukan origami yang dihasilkan.

- Memberikan kebanggaan dan kepuasan ketika berhasil membuatnya.

- Belajar membaca diagram/gambar, berpikir matematis serta perbandingan (proporsi) lewat bentuk-bentuk yang dibuat melalui origami adalah salah satu keuntungan lain dari mempelajari origami.

Selain manfaat-manfaat tadi, bermain origami juga melatih anak berkomunikasi, mengungkapkan apa yang dipikirannya serta memberikan waktu bermain yang menyenangkan bersama orangtua.

Seperti mengkomunikasikan bentuk apa yang tercipta dari selembar kertas yang dilipat atau anak akan berlatih bertanya kepada orangtua bila terganjal kesulitan di tengah jalan.

Sumber: mayahirai.com
Foto: madpimp.com
.
#wowfakta #wowfaktavideo

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter