Thursday, January 21, 2010

Selamat Datang 4G

Pengguna telepon seluler, bersiaplah menyambut kehadiran teknologi wireless paling mutakhir, Long Term Evolution yang digadang-gadang sebagai fourth generation atau disingkat 4G.

Prinsipnya, teknologi 4G tak jauh beda dengan teknologi 3G atau pun 3,5G (HSDPA). Bedanya adalah pada kecepatan koneksi dan transfer data. Di atas kertas kecepatan akses data 4G bisa mencapai 100 Mbps (dalam keadaan bergerak) sampai 1 Gbps (dalam keadaan stasioner). Ini berarti 4G berpuluh-puluh kali lipat lebih cepat ketimbang layanan teknologi 3G ataupun 3,5G.

Dengan dengan kecepatan akses data sebesar itu, untuk mengunduh 100 lagu dalam format MP3, di mana rata-rata 1 MP3 sekitar 3 MB, cuma butuh 2,4 detik saja. Atau mau unduh film utuh 2 jam dengan kapasitas file sekitar 800 MB, cuma butuh 5,6 detik saja. Luar biasa bukan!

Kecepatan koneksi data 4G ini juga membuat pengguna mampu menyaksikan streaming tayangan gambar televisi yang berkualitas tinggi (high definition TV content) tanpa hambatan. Bila melakukan video calling, dijamin pengguna juga menyaksikan lawan bicara terlihat jelas dan mulus geraknya -- tidak tersendat-sendat.

Tak cuma itu, pengguna juga dapat melakukan video chat dengan mudah. Teknologi ini juga memungkinkan berselancar internet makin cepat dan menyenangkan tanpa terganggu dengan waktu tunda (delay time). Yang paling bikin senang, biaya untuk menikmati teknologi 4G ini diprediksi lebih murah. Pasalnya, biaya untuk mengaplikasikan teknologi 4G lebih murah ketimbang teknologi 3G atau pun HDSPA (3,5G).

Long Term Evolution (LTE) dikembangkan Nokia Siemens Networks (NSN). Nokia Siemens Networks mendemonstrasikan pertama kali pada 2006. Lalu, melakukan uji lapangan pertama kali pada 2007 di Berlin dan Munich, Jerman.

Secara komersial, layanan telekomunikasi generasi keempat (4G) dengan teknologi LTE untuk pertama kalinya diluncurkan oleh operator seluler TeliaSonera bekerja sama dengan Ericsson di Stockholm, Swedia, Desember tahun lalu.
Tahun ini, beberapa vendor ponsel bakal merilis ponsel 4G. Nokia, Samsung, LG, juga perusahaan raksasa komputer Apple MacIntosh juga bakal merilis ponsel Apple iPhone yang juga dipersenjatai 4G.

(bin/gur)

Source : Tabloid Bintang

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter