Tuesday, September 27, 2011

Lebih Berenergi Olahraga Lebih Di Pagi Hari

Berolahraga di pagi hari tentunya punya banyak tantangan, salah satunya harus bangun lebih awal. Tapi cobalah untuk memulai olahraga di pagi hari, karena banyak manfaatnya lo.

Di pagi hari, udara masih bersih, dan ini sangat baik buat paru-paru. Selain itu sinar matahari yang masuk ke retina mata di pagi hari akan memasuki jalur saraf ke otak sebagai sinyal awal fungsi tubuh, dan juga membantu memulai fungsi metabolisme seperti memicu pelepasan hormon-hormon yang mempengaruhi nafsu makan, tekanan darah dan siklus tidur-bangun.

Seperti dikutip Livestrong, beberapa manfaat berikut bisa Anda dapatkan dengan berolahraga di pagi hari.

* Membantu orang lebih konsisten berolahraga.

Umumnya di pagi hari sangat jarang menemui hambatan, bandingkan dengan ketika olahraga di malam hari atau setelah pulang dari bekerja. Kebanyakan orang sudah merasa lelah bekerja, akhirnya malas untuk berolahraga.

* Lebih berenergi.

Olahraga di pagi hari lebih meningkatkan mood dan energi sesudahnya. Kondisi ini membantu orang menjadi lebih siap untuk menghadapi tantangan kerja atau apapun di siang hari. Bila olahraga dilakukan di malam hari akan membuat suhu tubuh naik dan bisa mengganggu tidur.
  
* Lebih baik dalam membakar kalori.

Setelah berolahraga, tubuh masih akan membakar kalori karena masih banyaknya kegiatan yang dilakukan. Saat bekerja, tubuh akan menggunakan energi secara lebih efisien sehingga merampingkan massa otot.

* Tempat kebugaran belum ramai.

Kebanyakan orang pergi ke tempat kebugaran sore atau malam hari sehingga tempat tersebut penuh, bahkan harus antri bila menggunakan peralatan olahraga. Nah, jika pergi ke tempat kebugaran di pagi hari, tidak perlu antri untuk menggunakan peralatan, sehingga olahraga akan lebih efektif.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter