Wednesday, March 02, 2011

Robot Cheetah Militer AS Berlari Lebih Cepat Dari Manusia

Rancangan Robot Cheetah

Jakarta - Era militer masa depan sepertinya bakal dipenuhi kecanggihan teknologi robot. Khususnya di militer Amerika Serikat yang intensif mengembangkannya. Kini, mereka membesut proyek robot Cheetah yang mampu berlari lebih cepat dari manusia.

Robot Cheetah ini dibesut oleh Boston Dynamic. Mereka mendapat kontrak dari Departemen Pertahanan AS. Boston Dynamic sebelumnya pernah membuat robot bernama BigDog, yang membantu tentara membawa bawaan berat di medan sulit.

Namun anehnya, militer AS belum tahu persis apa kegunaan robot Cheetah ini nantinya. Agaknya, mereka ingin membuatnya dulu kemudian baru menelisik akan seperti apa manfaatnya bagi para tentara.

"Mereka lebih banyak berfokus pada pengembangan teknologi dan melihat kegunaan apa yang bisa diaplikasikan dengannya," ucap Marc Raibert, presiden Boston Dynamic seperti dilansir DailyMail dan dikutip detikINET, Rabu (2/3/2011).

Mencontoh Cheetah yang memiliki postur menawan untuk berlari ngebut, robot tersebut bakal menambah deretan arsenal robot yang saat ini sudah dipunyai militer negeri Paman Sam. Ia diklaim mampu berlari sprint, bermanuver zig zag dan berhenti seketika.

Cheetah sendiri adalah binatang darat dengan kemampuan lari paling cepat, dengan kecepatan maksimal sampai 70mph. Si robot, yang prototipenya direncanakan muncul dalam waktu 20 bulan, digadang-gadang dapat berlari di kisaran 20-30mph.

Selain si robot Cheetah, Boston Dynamics juga membuat robot baru bernama Atlas. Si Atlas yang bentuknya mirip manusia meski tanpa kepala ini, diharapkan dapat menjelajah medan-medan berbahaya. ( fyk / ash )

Source : Detik Inet

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter