Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Saturday, November 03, 2012

Pemenang Kedua Lomba Blog #MTGF2012 - Hari Sumpah Pemuda Di Benteng Somba Opu

 Minggu, 28 Oktober 2012. Hari yang spesial bagi para pemuda. Hari Sumpah Pemuda. Jika dahulu para pemuda memprakarsai tanggal bersejarah tersebut dengan pengakuan bahwa mereka adalah satu. Satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sekarang giliran kita para generasi muda yang mengisinya melalui karya dengan segala kesempatan dan kreativitas yang ada.



         Momentum hari sumpah pemuda di Makassar kali ini bisa saya katakan lebih berkesan dari pada biasanya. Menilik kemajuan teknologi dan peradaban yang semakin berkembang pesat, membuat kita bergerak cepat dan terkadang meninggalkan budaya-budaya luhur yang sebenarnya sangat berharga, unik dan merakyat. “Awas kehilangan jati diri!” itulah kalimat peringatan untuk kita semua.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia ketika di antara kita generasi muda, masih ada yang peduli dengan kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang mulai luntur, nyaris lenyap bahkan mungkin banyak di antara kita yang sudah tidak mengenali kebudayaan-kebudayaan tersebut, tak terkecuali permainan tradisional. Hal tersebutlah yang sepertinya mendorong Komunitas Jalan-Jalan Seru (JJS) untuk mengadakan kegiatan Makassar Tradisional Games Festival 2012 (MTGF 2012).
Kegiatan MTGF 2012 yang berlangsung di Benteng Sumba Opu Makassar cukup menyita perhatian banyak pemuda. Dalam kegiatan tersebut mereka bisa kembali mengenang permainan-permainan sederhana yang sempat mengisi masa-masa kecil mereka. Permainan tersebut di antaranya ma’boy, mang’asing, maggoli’, lambasena, dende-dende, majjeka dan permainan-permainan tradisional khas Makassar lainnya.

Di tengah keseruan dan kehebohan para remaja serta orang dewasa yang sedang bermain, terlihat pula anak-anak kecil yang sedang lalu lalang mencoba berbagai permainan, berbaur di tengah kerumunan orang-orang yang usianya terpaut jauh dari mereka. Anak-anak kecil itu sepertinya sengaja dibawa dalam kegiatan tersebut agar mereka bisa mengetahui dan mengenal permainan-permainan tradisional yang sangat seru dan menyenangkan. Dan terang saja, mereka berhasil hanyut dalam kegiatan tersebut. Terlihat anak-anak yang sedang membawa tali karet, telihat pula anak kecil yang sedang mencoba bermain engran, dan anak kecil yang sedang berdiri mematung menyaksikan orang-orang dewasa yang sedang bermain asing-asing.
 
Seperti halnya yang dilakukan oleh Komunitas Skholatanpabatas (STB). Kakak-kakak relawan STB sengaja membawa anak-anak panti agar mereka bisa berjalan-jalan sekaligus dapat bermain dan merasakan keseruan kegiatan MTGF 2012. Menurut salah satu relawa STB “Selama ini anak-anak semakin tenggelam dalam kemajuan teknologi dan dunia gadget sehingga nyaris tidak mengenali permainan tradisional daerah mereka.”

Selang beberapa saat permainan harus terhenti karena guyuran hujan. Namun, kegiatan yang dijadwalkan mulai dengan registrasi pada jam 11.00 wita ini kembali dilanjutkan ketika hujan mulai reda. Semarak sumpah pemuda sangat terasa dikalangan pemuda Makassar berkat MTGF 2012. Tak hanya keseruan tapi hadiah menarik telah disiapkan bagi para pemenang permainan-permainan tersebut. Semoga kegiatan-kegiatan serupa lebih sering lagi diadakan oleh para generasi muda dan pemerhati kebudayaan tradisional sebagai bentuk penghargaan dan rasa cinta terhadap warisan para pendahulu kita. Sampai jumpa di MTGF 2013.

Source : Dblueskymuslimah.Blogspot.Com

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...