Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Wednesday, November 07, 2012

Ulang Tahun Kelima Android Makin Dewasa

 
Pada 5 November 2007, Google bersama T-Mobile, HTC, Qualcomm, Motorola, dan hampir 30 perusahaan lainnya bergabung dan mengumumkan pengembangan Android, sistem operasi terbuka yang dibeli Google setahun sebelumnya.

Buah kerjasama tersebut dibawa oleh T-Mobile G1 atau HTC Dream, perangkat Android pertama yang masuk ke pasaran pada September 2008.

Sukses tak datang seketika, tapi kini, lima tahun setelah "kelahirannya" dicetuskan, Android telah menjelma menjadi sistem operasi smartphone paling dominan dengan penguasaan pasar sebesar 75 persen, menurut data kuartal ketiga dari IDC.

"Android datang pada saat yang tepat, ketika iPhone mengusung tren baru dan operator seluler membutuhkan produk lain untuk menantang keberhasilan Apple," ujar Geoff Blaber dari firma penelitian CCS Insight, seperti dikutip oleh TechWorld.

Hal lainnya yang turut mendorong Android adalah sifatnya yang bebas lisensi dan terbuka, serta interface yang mirip iOS pada iPhone. Hal yang terakhir disebutkan memungkinkan para vendor perangkat lain berkompetisi dengan Apple sementara menawarkan level harga lebih murah.

Meski tak sefenomenal pencapaiannya di dunia smartphone, di pasar tablet, Android juga semakin menjadi. Sebanyak 10.2 juta tablet Android terjual selama kuartal ketiga tahun ini sehingga menaikkan pangsa pasarnya menhadu 41,3 persen dari 29,2 persen tahun lalu, menurut lembaga riset pasar Strategy Analytics.

Dalam kurun waktu yang sama, pangsa pasar Apple menurun dari 64,5 persen menjadi 56,7 persen.

Dari segi penjualan per merek, tak ada satupun produsen perangkat Android yang bisa menyamai volume penjualan Apple. Tapi secara kolektif, para vendor macam Samsung dan Asus membantu meningkatkan pangsa pasar Android.

Bagaimana dengan tren Android di masa depan? Belum lama ini Chairman Google Eric Schmidt mengatakan bahwa angka aktivasi perangkat Android mencapai 1,3 juta aktivasi per hari.

Jika kecenderungan itu terus berlanjut, maka sebelum tahun keenam sejak kelahirannya nanti, jumlah total aktivasi perangkat Android akan mencapai angka satu miliar.

Dikuasai Samsung

Samsung adalah salah satu faktor utama yang mendukung keberhasilan Android, sementara HTC dan Motorola Mobility yang merupakan pendukung lama sistem operasi itu mengalami kesulitan bersaing.

Kendala yang dialami HTC menunjukkan betapa sulitnya bersaing dengan Samsung dan keluarga Galaxy-nya.

"HTC One X adalah produk bagus, tetapi segera tenggelam begitu Samsung meluncurkan Galaxy S III," ujar Blaber.

HTC yang tak lain merupakan pembuat perangkat Android pertama mengalami penurunan angka penjualan menjadi 7,3 juta unit smartphone selama kuartal ketiga, dibandingkan 12,7 juta pada tahun lalu, menurut data dari IDC. Keuntungan bersih pun terjun bebas sebesar 79 persen dibanding kuartal ketiga 2011, menjadi 133,5 juta dollar AS.

Dalam kurun waktu yang sama, Samsung berhasil menjual 56,3 juta unit smartphone. Saingan beratnya, Apple, menjual iPhone tak sampai setengah angka tersebut, yaitu 26,9 juta unit. ZTE telah menyodok ke urutan keempat dalam hal produsen smartphone terbesar.

Akan tetapi, seperti halnya ketika Android pertama kali diluncurkan, para produsen gadget tak punya banyak pilihan OS alternatif.

"Itulah kesulitan yang dihadapi banyak produsen ponsel saat ini," kata Blaber lagi.

Windows Phone bisa menjadi alternatif, tetapi masih perlu membuktikan diri. Keadaan bisa berubah di kuartal terakhir tahun ini, di mana sejumlah smartphone Windows Phone 8 akan memulai penjualannya, menurut penjelasan dari IDC.

Mematahkan dominasi Android, menurut Ramon Llamas, manajer riset dari IDC, bukanlah hal yang mudah. Dalam tiap tahun semenjak peluncuran perangkat pertamanya, Android telah melewati dan memgambil pangsa pasar dari para kompetitornya.

Source : Kompas Tekno

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...