Thursday, June 14, 2018

World Cup 2018 - 12 Stadion Megah Untuk Pertandingan



1. Luzhniki Stadium

Kota: Moscow
Kapasitas: 81,000

Stadion terbesar di Rusia untuk Piala Dunia dan juga untuk laga final akan tedengar akrab di telinga fans Manchester United dan Chelsea dengan stadion itu menjadi tuan rumah untuk partai final Liga Champions 2008 yang mempertemukan kedua klub.

Bagian dalam stadion dihancurkan dan dibangun kembali sejak 2013 tetapi atap, yang baru ditambahkan pada 1996, dan bagian luar yang ikonik tetap sama dan di-integrasikan dengan struktur baru.

Kapasitasnya sedikit bertambah menjadi 81 ribu dan lintasan lari telah dihilangkan, guna membantu meningkatkan atmosfer pertandingan.

Pertandingan Babak Grup: Rusia vs Arab Saudi, Jerman vs Meksiko, Portugal vs Maroko, Denmark vs Prancis

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar, semifinal, final.

2. Kazan Arena
Kota: Kazan
Kapasitas: 45,379

Rubin Kazan pindah dari stadion lama ke Kazan Arena pada 2013. Stadion ini diketahui memiliki layar luar terbesar di Eropa, yang melebar sepanjang satu tribun.

Sebagai stadion lain yang tuntas sebelum turnamen, lokasi ini juga menjadi salah satu tempat untuk Piala Konfederasi 2017, menggelar salah satu laga semifinal.

Pertandingan Babak Grup:  Prancis vs Australia, Iran vs Spanyol, Polandia vs Kolombia, Korea Selatan vs Jerman

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar, perempatfinal.

3. Samara Arena


 
Kota: Samara
Kapasitas: 44,918

Samara Arena yang disebut Cosmos Arena diluar Piala Dunia dijadwalkan rampung pada 2018 dan akan menjadi markas baru Kylia Sovetov, yang saat ini bermain di Metallurg Stadion.

Dibangun dalam bentuk kubah kaca ala luar angkasa, stadion ini menjadi bentuk penghormatan untuk peran Samara dalam program eksplorasi ruang angkasa di Uni Soviet dan keunggulan bisnis dan riset luar angkasa berkelanjutan di kota.

Kebakaran pada Agustus membuat kontruksi sempat tertunda, tetapi ofisial Rusia optimistis stadion akan selesai tepat waktu.

Pertandingan Babak Grup: Kosta Rika vs Serbia, Denmark vs Australia, Uruguay vs Rusia, Senegal vs Kolombia

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar, perempat-final.

4. Mordovia Arena


Kota: Saransk
Kapasitas: 45,015

Mordovia adalah republik yang dihuni lebih dari 800 ribu orang, terletak 500 kilometer dari Moskwa, tetapi masih menjadi bagian dari federasi Rusia. Stadion baru ini akan menjadi markas untuk FC Mordovia Saransk, klub yang dibentuk dengan merger dua klub lokal pada 2005.

Meski kapasitas stadion akan mencapai 45 ribu untuk Piala Dunia, setelah turnamen akan dipangkas menjadi 28 ribu agar bisa lebih selaras dengan kebutuhkan klub - meski jumlah itu masih cukup besar bagi tim yang berkutat di divisi tiga.

Stadion dibuka pada 21 April dengan pertandingan uji coba, kontruksi Mordovia Arena dan infrastrukturnya mulai dibangun pada 2010 silam.

Pertandingan Babak Grup: Peru vs Denmark, Kolombia vs Jepang, Iran vs Portugal, Panama vs Tunisia

Pertandingan Babak Gugur: Tidak ada.

5. Rostov Arena


Kota: Rostov
Kapasitas: 45,000

Rostov Arena akan menjadi bagian besar perkembangan baru di dalam kota yang terletak di tepi sungai Don, dan akan menjadi kandang FC Rostov plus lokasi Piala Dunia.

Terletak seribu kilomter dari Moskwa, Rostov tidak pernah menjadi juara liga tetapi pernah sangat dekat memberi kejutan pada 2015-2016 hanya terpaut dua angka dari CSKA Moskwa pada klasemen akhir.

Stadion dan taman yang berdekatan dibuka pada Mei 2018 dan termasuk jalur khusus sepeda sepanjang tujuh kilometer, trotoar dan area hijau.

Pertandingan Babak Grup: Brasil vs Swiss, Uruguay vs Arab Saudi, Korea Selatan vs Meksiko, Islandia vs Kroasia

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar.



6. Fisht Stadium

 
Kota: Sochi
Kapasitas: 47,659

Fisht Olympic Stadium adalah salah satu proyek paling menarik Rusia untuk Piala Dunia stadion ini awalnya dibangun untuk Olimpiade dan Paralympic pada 2014, tetapi sebuah arena indoor tertutup.

Untuk menggunakannya pada turnamen lain (menjadi lokasi Piala Konfederasi), kontruksinya diubah menjadi stadion sepakbola terbuka yang memenuhi regulasi FIFA. Stadion ini milik pemerintah Rusia dan tidak menjadi markas klub sepakbola.

Pertandingan Babak Grup: Portugal vs Spanyol, Belgia vs Panama, Jerman vs Swedia, Australia vs Peru

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar, perempat-final.

7.
Ekaterinburg Arena

Kota: Yekaterinburg

Kapasitas: 35,000

Ini tidak diragukan lagi sebagai stadion paling aneh yang dibangun Rusia untuk Piala Dunia.

Dikenal sebagai Central Stadium di Yekaterinburg, sebelumnya stadion ini adalah tempat multifungsi yang hanya baru-baru ini dibangun ulang tetapi kemudian membutuhkan pembongkaran penuh untuk Piala Dunia dan setelah itu akan digunakan oleh FC Ural Yekaterinburg. Stadion ini akan menampung 35 ribu fans saat turnamen sebelum direduksi menjadi 25 ribu.

Ini sangat menarik perhatian jelang turnamen karena fakta unik bahwa bagian paling atas tribun di belakang salah satu gawang tampak menjulang tinggi hingga setara dengan atap stadion.

Pertandingan Babak Grup: Mesir vs Uruguay, Prancis vs Peru, Jepang vs Senegal, Meksiko vs Swedia

Pertandingan Babak Gugur: Tidak ada.

8. Volgograd Arena

 
 
Kota: Volgograd
Kapasitas: 45,568

Ini adalah stadion baru didesain khusus untuk Piala Dunia dan juga akan menjadi markas FC Rotor Volgograd. Ini dibangun di atas Central Stadium milik Rotor terdahulu, yang dihancurkan pada 2014.

Yang mengejutkan, meski sangat baru, relatif besar dan menyuguhkan desain yang sangat menarik, lokasi ini tidak akan menggelar pertandingan babak gugur. Mungkin kota yang berjarak nyaris seribu kilometer dari Moskwa menjadi alasan.

Pertandingan Babak Grup: Tunisia vs Inggris, Nigeria vs Islandia, Arab Saudi vs Mesir, Jepang vs Polandia

Pertandingan Babak Gugur: Tidak ada.

9. Nizhny Novgorod Stadium

Kota: Nizhny Novgorod
Kapasitas: 44,899

Stadion dekat sungai lagi, Nizhny Novgorod Arena terletak pada pertemuan sungai Volga dan Oka. Berada di samping Alexander Nevsky Cathedral dan sepanjang perairan dari Nizhny Novgorod Kremlin, menciptakan pemandangan yang impresif.

Setelah turnamen, FC Olimpiyets Nizhny Novgorod akan pindah ke stadion. Mereka promosi ke kasta kedua Rusia pada 2016-2017 dan menjadi klub top kota setelah bubarnya FC Volga Nizhny Novgorod.

Rumput dipasang pada Agustus 2017 menyusul kesuksesan periode uji coba di Skotlandia, sementara kota membangun fasilitas latihan baru dan lapangan latihan yang akan digunakan oleh anak-anak dan tim olahraga lokal setelah Piala Dunia.

Pertandingan Babak Grup: Swedia vs Korea Selatan, Argentina vs Kroasia, Inggris vs Panama, Swiss vs Kosta Rika

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar, perempat final.

10. Kaliningrad Stadium


 
 
Kota: Kaliningrad
Kapasitas: 35,212

Kaliningrad bisa dibilang unik di antara kota tuan rumah lain, karena kota ini tidak terletak di daratan Rusia tetapi berada di tengah Polandia dan Lithuania.

Stadion ini akan menampung 35 ribu fans untuk Piala Dunia sebelum kapasitasnya dikurangi menjadi 25 ribu dan menjadi markas baru FC Baltika Kaliningrad, yang bermain di kasta kedua, dengan memakai nama Arena Baltika.

Stadion dibuka secara resmi pada Maret dengan pertandingan uji coba antara Baltika dan klub Jerman Schalke.

Pertandingan Babak Grup: Kroasia vs Nigeria, Serbia vs Swiss, Spanyol vs Maroko, Inggris vs Belgia

Pertandingan Babak Gugur: Tidak ada.


11. Saint Petersburg Stadium

 
Kota: Saint Petersburg
Kapasitas: 68,134

Jika Anda berpikir kontruksi stadion Rusia tampak lebih lancar daripada Brasil 2014, Anda pasti belum mendengar markas baru Zenit, Krestovsky Stadium, yang akan disebut Saint Petersburg Stadium untuk turnamen FIFA.

Bisa Anda lihat, stadion tampak mengagumkan dan harus demikian, karena ini telat sembilan tahun dan jauh melebihi perkiraan bujet. Zenit akhirnya pindah kandang pada April setelah berbagai penundaan dan bisa menggelar final Piala Konfederasi.

Pertandingan Babak Grup: Maroko vs Iran, Rusia vs Mesir, Brasil vs Kosta Rika, Nigeria vs Argentina

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar, semi-final, play-off tempat ketiga.

12. Rostov Arena



Kota: Rostov
Kapasitas: 45,000

Rostov Arena akan menjadi bagian besar perkembangan baru di dalam kota yang terletak di tepi sungai Don, dan akan menjadi kandang FC Rostov plus lokasi Piala Dunia.

Terletak seribu kilomter dari Moskwa, Rostov tidak pernah menjadi juara liga tetapi pernah sangat dekat memberi kejutan pada 2015-2016 hanya terpaut dua angka dari CSKA Moskwa pada klasemen akhir.

Stadion dan taman yang berdekatan dibuka pada Mei 2018 dan termasuk jalur khusus sepeda sepanjang tujuh kilometer, trotoar dan area hijau.

Pertandingan Babak Grup: Brasil vs Swiss, Uruguay vs Arab Saudi, Korea Selatan vs Meksiko, Islandia vs Kroasia

Pertandingan Babak Gugur: Babak 16 besar.



No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter