Tuesday, November 30, 2010

Tips Agar Baterai Tak Berumur Pendek

KONON daya tahan baterai ponsel itu sangat singkat. Jika Anda cas ponsel Anda setiap malam, kemampuan bekerja baterai menjadi tak maksimal setelah 12-15 bulan.

Nah, jika Anda melakukan pengecasan dua kali seminggu, berarti umur baterai Anda bisa mencapai 2-3 tahun. Jadi, lebih sedikit melakukan pengecasan, maka makin lama pula umur baterai.

Karena frekuensi pengecasan berpengaruh terhadap umur baterai, jangan terlalu sering mengecas ponsel. Ini mau tidak mau membuat Anda harus menghemat penggunaan baterai Anda.

Bagaimana caranya? Berikut tipsnya:

Redupkan Lampu Layar
Ada baiknya redupkan lampu layar ponsel jika berada dalam ruangan yang gelap atau pun redup. Cara ini akan membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap lampu itu. Lagi pula, keberadaan lampu layar di ruangan minim cahaya tidak terlalu krusial. Pasalnya, lampu utama dalam ponsel cukup mampu dukung cahaya yang dibutuhkan ponsel.

Matikan Jaringan Nirkabel

Cek ponsel Anda, apakah jaringan nirkabel aktif atau tidak. Jika aktif, segera matikan. Sering kali kita lupa menonaktifkan Bluetooth ataupun WiFi. Pengaktifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.

Pastikan Anda Di Mode GSM
Ponsel 3G umumnya memiliki pilihan seting jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Bila Anda tak sedang menikmati fasilitas 3G, disarankan untuk menggunakan mode GSM saja agar menghemat baterai.

Batasi Penggunaan Internet
Menggunakan internet via ponsel secara terus-menerus membuat energi ponsel terkuras. Batasi penggunaan internet di ponsel kalau memang tak terlalu diperlukan.

Jangan Gonta-Ganti SIM
Setiap kali mengganti SIM, ponsel Anda harus dimatikan. Dan ketika awal dihidupkan, ponsel akan me-load sistem ponsel dan melakukan pencarian sinyal operator. Pekerjaan ini menguras tenaga baterai yang cukup besar.

Batasi Komunikasi Suara
Komunikasi suara sama-sama membutuhkan daya yang besar. Jangan terlalu lama berbicara lewat telepon. Ada baiknya Anda mengetahui spesifikasi waktu bicara yang dimiliki ponsel Anda. Ini membantu Anda mengukur seberapa panjang durasi Anda berkomunikasi menggunakan ponsel.

Matikan GPS
GPS menjadi fitur yang paling boros daya karena GPS receiver menggunakan gelombang radio yang sangat menguras energi baterai ponsel.

Jangan Sering Menggunakan Radio, Pemutar Musik/Video, Kamera Dan Game
Jika fitur ini sering digunakan, bakal mengonsumsi daya yang lebih besar. Alhasil dalam hitungan jam, baterai Anda tersedot habis.

Gunakan Aplikasi Hemat Baterai
Aplikasi model ini biasanya menginformasikan berapa energi baterai yang tersisa dan memprediksikan berapa lama baterai bisa bertahan. Aplikasi ini tentu sangat berguna buat Anda yang ingin menghemat baterai.

dari Berbagai Sumber

(bin/gur)

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter