Thursday, September 02, 2010

Agar Hasil Jepretan Kamera Ponsel Ciamik

DULU, sebuah kamera, ya fungsinya cuma untuk memotret thok. Pemutar MP3 pun cuma buat dengar musik saja. Nah, di era konvergensi seperti sekarang ini, sebuah perangkat pasti multifungsi. Kini fasilitas kamera tak cuma menempel di kamera saja. Peranti macam laptop dilengkapi kamera. Begitu pun dengan ponsel.

Omong-omong ponsel kamera, hampir semua ponsel yang beredar dilengkapi fasilitas ini. Tak cuma ponsel berharga jutaan, ponsel berbanderol ratusan ribu pun dipersenjatai dengan fitur kamera, walau dari segi kualitas pastinya kalah dari ponsel kamera berharga mahal. Soal kualitas, ponsel kamera bisa diadu dengan kamera digital.

Tapi tahukah Anda, kadang memotret menggunakan ponsel hasilnya tak sebagus yang inginkan, meskipun kualitas kamera ponsel Anda sudah termasuk jempolan? Tidak gampang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setiap merek dan tipe ponsel mempunyai kemampuan yang berbeda mengenai fasilitas kamera digitalnya.

Tapi, seperti dikutip dari digital-photography-school.com ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hasil jepretan bisa maksimal.

1. Pencahayaan Cukup
Cahaya sangat penting untuk hasil foto. Ingat baik-baik premis ini, low light=gambar buruk. Maka, cobalah untuk mengambil gambar dalam kondisi penerangan yang cukup. Saat memotret di bawah terpaan sinar matahari, objek jangan membelakangi datangnya cahaya. Hal ini bisa dilanggar ketika Anda ingin bereksperimen membuat foto siluet. Kalaupun ingin berfoto di dalam ruangan, pastikan kondisi cahaya maksimal. Bila perlu nyalakan lampu agar ruangan terisi cukup cahaya. Untuk mengatasi keterbatasan cahaya, beberapa ponsel menyediakan lampu flash teringerasi.

2. Dekati Objek
Ponsel kamera umumnya tidak dibekali lensa zoom yang maksimal. Jadi, bila Anda mengambil foto sebuah objek dari jarak jauh, foto akan tampak pecah dan buram. Format pengambilan foto dari jarak yang dekat akan membuat hasil foto terlihat jauh lebih baik dan detail. Tapi jaga jarak Anda dengan objek. Terlalu dekat bisa berakibat gambar tidak jelas.

3. Jaga Keseimbangan
Tiap kamera ponsel punya problem yang disebut shutter lag. Shutter lag adalah jeda waktu antara pengambilan dan proses perekaman gambar. Jadi, ada baiknya setelah menekan tombol kamera, tahan dulu sekitar 2-5 detik agar hasil foto tidak blur. Usahakan pula tangan Anda jangan bergoyang saat tombol shutter ditekan.

4. Pilih Resolusi Tinggi
Makin tinggi resolusi yang Anda pakai, makin baik gambar yang dihasilkan. Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Perbedaan ini baru akan terlihat saat foto dipindahkan dan dilihat di layar komputer.

5. Pelajari Kaidah Fotografi
Tak ada salahnya Anda belajar sedikit tentang teknik fotografi, terutama soal pencahayaan, angle, atau kompisisi. Agar hasil foto lebih maksimal. Teknik fotografi dasar bisa Anda dapatkan dengan cara browsing di internet.

6. Eksplorasi Ponsel Kamera
Ponsel kamera untuk tipe-tipe ponsel mid-end dan high-end umumnya dibekali fitur yang cukup lengkap. Di sana bisa Anda temukan pengaturan brightness, exposure, white balance, dan fitur-fitur lain. Dengan mengetahu fasilitas ponsel kamera, Anda bisa menghasilkan foto yang lebih optimal.

7. Jangan Takut Bereksperimen
Bila ponsel Anda dibekali kartu memori yang cukup, cobalah mengambil foto dengan angle yang berbeda- beda. Kalau perlu ambil foto sebanyak mungkin. Dijamin, foto Anda akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.

8. Bersihkan Lensa
Ponsel kamera umumnya tidak dibekali penutup lensa. Ini membuat lensa mudah kotor bila terkena debu atau jari tangan. Ini memengaruhi kualitas gambar. Pastikan untuk membersihkan lensa Anda sebelum mengambil foto.

9. Jangan Lupa Etiket
Jangan sembarangan menggunakan kamera ponsel. Bila Anda hendak memotret di tempat-tempat tertentu -- bukan tempat publik -- lebih baik meminta izin terlebih dahulu. Kalau di sebuah tempat Anda dilarang mengambil gambar, patuhilah. Oh ya, mengambil gambar orang atau pun objek secara diam-diam pun sebenarnya melanggar etika.

(bin/gur)

Sumber : TabloidBintang.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter