Saturday, December 18, 2010

Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup Bagi Beckham

BBC anugerahi Beckham Pengabdian Olahragawan Seumur Hidup.

Mantan kapten Inggris David Beckham dijadwalkan akan menerima penghargaan Pengabdian Olahragawan Seumur Hidup dari BBC Sports.

Gelandang berusia 35 tahun ini merupakan pemain yang telah menorehkan banyak prestasi, selain menjadi salah satu pemain yang bermain paling banyak untuk tim nasional, dia juga memenangkan enam gelar Liga Primer dan Liga Champions ketika bersama klub Manchester United.

Dia juga berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Spanyol setelah dibeli dengan harga £25 juta, dan selanjutnya melanjutkan karis di Los Angeles Galaxy dan sempat dua kali menjalani musim pinjaman bersama raksasa Italia AC Milan.

"Rekor David di dalam maupun diluar lapangan sangat luar biasa,'' kata editor BBC Sports Carl Doran.

"Ini adalah ganjaran yang pas bagi seseorang yang memiliki karis yang luar biasa dan atas pekerjaannya yang tidak pernah berhenti sebagai duta olahraga Inggris. Dia juga menjadi contoh yang baik dan saya yakin dia akan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat."

Di tahun 2001 Beckham juga pernah mendapatkan penghargaan Olahragawan Tahunan setelah publik memilihnya karena aksi tendangan bebasnya saat melawan Yunani di menit-menit terakhir berhasil membawa Inggris lolos ke putaran final Piala Dunia 2002.

Karirnya di tim nasional Inggris dimulai pada September 1996 saat melawan Moldova, dan hingga saat ini dia telah tampil bersama tim nasional selama 115 kali, dan menjabat ban kapten tim nasional sebanyak 59 kali.

Karirnya mulai meredup setelah pindah ke LA Galaxy dan mengalami cedera saat bermain untuk Milan pada bulan Maret, cedera itu pulalah yang menyebabkan dia gagal masuk tim nasional saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Karirnya yang luar biasa ini sebenarnya tidak lepas dari tangan dingin Sir Alex Ferguson yang menanganinya selama 10 tahun di Old Trafford.

Salah satu momen bersejarah Beckham saat berseragam MU adalah ketika merajai Eropa di tahun 1999 dengan merebut gelar Treble. Tendangan pojoknya dimenit-menit akhir berhasil menciptakan gol bagi Manchester United untuk mengalahkan Bayern Muenchen di final Liga Champions.

Pada tahun itu juga dia menikahi mantan personil Spice Girl Victoria Adams, dan dikaruniai tiga anak lelaki.

Saat pindah ke Real Madrid pada tahun 2003, dia bermain dengan sejumlah pemain top lainnya seperti Zinedine Zidane, Luis Figo, Raul dan Roberto Carlos.

Dia hanya berhasil memberikan gelar bagi Madrid di musim 2006-2007.

Saat ini Beckham tinggal di Los Angeles bersama keluarganya dan seringkali kembali ke Inggris dan menjadi salah satu anggota penting saat Inggris ikut dalam seleksi tuan rumah Piala Dunia 2018, dimana Inggris kalah dari Rusia dalam pemungutan suara awal Desember.

Para Peraih Penghargaan BBC

2009 Seve Ballesteros
2008 Sir Bobby Charlton
2007 Sir Bobby Robson
2006 Bjorn Borg
2005 Pele
2004 Sir Ian Botham
2003 Martina Navratilova
2002 George Best
2001 Sir Alex Ferguson

Source : BBC Indonesia

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter