Wednesday, December 22, 2010

10 Hal Penting Dalam Memilih Open Source Product


Ketika memilih komponen open source untuk perusahaan, penting untuk melakukan pemeriksaan latar belakang dan memastikan produk open source yang telah Anda pilih sesuai dengan model bisnis perusahaan Anda dan standar TI. Di bawah ini adalah 10 pertanyaan, untuk mengevaluasi kematangan open source.

open source media ict file informasi teknologi 10 Hal Penting Dalam Memilih Open Source

1. Apakah Persyaratan Lisensi Open Source Kompatibel Dengan Kebutuhan Bisnis ?

Open source terutama dilindungi oleh hukum hak cipta, dan lisensi memberikan dasar bagi hak-hak yang Anda miliki di perangkat lunak. Harus diklasifikasikan sebagai open source. produk perlu mematuhi empat hal: menggunakan, mempelajari, untuk mendistribusikan ulang, dan untuk memperbaiki. Namun, lisensi biasanya termasuk istilah lain yang mungkin tidak sesuai dengan model bisnis tertentu.

Free Software Foundation (FSF) dan Open Source Initiative (OSI) berfungsi sebagai panduan untuk lisensi open source, dan keduanya memiliki halaman yang memvalidasi dan katalog lisensi open source.

2. Bagaimana Kekuatan Di Komunitas Masyarakat ?

Sebuah proyek open source bukan hanya tentang kode, tetapi juga tentang komunitas masyarakat terbuka yang mengelilingi dan mempertahankan proyek. Komunitas ini dapat berkisar dari remaja satu-satunya pengembang untuk satu organisasi yang kompleks multi-entitas beragam komunitas, seperti yang ditemukan di Linux dan Firefox.

Dalam komunitas pengujian, pemeliharaan, meninjau, dan memperbaiki kode, bug dan kerentanan keamanan menjadi kelebihan dalam pemecahan masalah.

3. Seberapabaik Produk Yang Diadopsi Oleh Pengguna ?


Tes dari setiap proyek open source adalah seberapa baik telah diadopsi oleh berbagai kelompok pengguna dan organisasi. Banyak proyek open source telah menampilkan berbagai klien yang telah mengadopsi dan menggunakan produk mereka. Ini memberikan anda beberapa jaminan bahwa produk akan mengantarkan pada janji-janji, terutama jika Anda menemukan klien yang ada mirip dengan perusahaan anda.

Mungkin wawasan yang terbaik Anda dapat masuk ke suatu produk dari pengguna lain yang telah menggunakannya untuk sementara waktu.

4. Dapatkah Mendapatkan Jaminan Atau Dukungan Komersial Jika Membutuhkannya ?

Semua proyek open source yang bebas lisensi disediakan "apa adanya" tanpa jaminan apa pun. Berdasarkan pada kebutuhan Anda, Anda juga dapat mendukungnya sampai batas tertentu internal dan bergantung pada dukungan sukarela dari masyarakat.

5. Apakah Ada Proses Penjaminan Kualitas ?

Banyak proyek open source memiliki kedewasaan dan stabilitas untuk mendukung lingkungan produksi, tapi masih banyak di mana stabilitas tidak memenuhi sasaran. Tentu saja, persyaratan stabilitas akan tergantung pada di mana Anda menerapkan produk. Apapun kebutuhan Anda, selalu lebih baik untuk memeriksa jaminan kualitas, proses yang diikuti oleh proyek dalam rilis.

6. Seberapa Baik Dokumentasinya ?

Beberapa proyek open source bisa sangat miskin akan dokumentasi mereka. Insinyur perangkat lunak open source terkemuka sering terfokus pada pengembangan produk, jadi dokumentasi sering ketinggalan jaman. Produk kebutuhan pengguna dan administrator panduan manual. Kadang-kadang panduan ini tersedia secara online dalam bentuk wiki atau bahkan sebuah tutorial. Tentu saja, popularitas produk harus memiliki kualitas dokumentasi diperhitungkan, tetapi Anda harus selalu memastikan bahwa dokumentasi ini sangat cocok untuk basis pengguna target Anda.

7. Bagaimana Sistem Dapat Dengan Mudah Disesuaikan Dengan Kebutuhan ?

Semua baik proyek open source termasuk didokumentasikan extensible arsitektur plug-in yang dapat digunakan untuk menyesuaikan produk. Penting untuk memiliki lebih dari satu pilihan yang tersedia bagi Anda (termasuk pilihan internal jika mungkin).

8. Bagaimana Proyek Dapat Dengan Mudah Diatur ?

Ada berbagai model untuk bagaimana proyek open source dijalankan dan bagaimana keputusan dibuat. Model pemerintahan yang terbaik adalah salah satu yang mencakup semua stakeholder - pengembang, pengguna, vendor - secara transparan proses pengambilan keputusan. Untuk proyek open source yang lebih besar, sebuah yayasan yang didedikasikan juga tak ternilai harganya dalam memberikan dukungan hukum yang diperlukan dan menjamin kekayaan intelektual dikelola dengan baik. Pada akhirnya, semakin baik kemampuan Anda untuk terlibat dan mempengaruhi komunitas pengembang sebagai pengguna, lebih responsif proyek akan kebutuhan anda.

9. Apakah Produk Berskala Untuk Kebutuhan ?

Banyak aplikasi open source yang dibangun di atas LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP / Perl / Python) atau teknologi J2EE stack, yang umumnya salah satu teknologi yang paling scalable. Banyak aplikasi Web portal yang populer? memanfaatkan stack ini dan telah disesuaikan ini dari ujung ke ujung untuk mencapai skalabilitas yang hebat. Salah satu manfaat pergi dengan end-to-end open source adalah model solusi jangka panjang memberikan fleksibilitas itu.

10. Apakah Ada Patch Keamanan Secara Berkala ?

Sebuah proyek yang membawa ancaman keamanan serius dan mampu memperbaiki kelemahan sebelum serangan dapat mengeksploitasi, mereka akan memiliki proses yang mapan untuk melacak kelemahan keamanan dan perbaikan secara proaktif. Manfaat dari open source adalah bahwa Anda memiliki hak untuk mengaudit secara independen untuk kekurangan kode dasar keamanan dan dapat memperbaikinya sendiri tanpa menunggu komunitas masyarakat untuk merespons.

open source media ict file informasi teknologi 10 Hal Penting Dalam Memilih Open Source

(denis/ICTF)

Source : ICTFiles.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter