Thursday, July 07, 2011

Prestasi Anak Negeri - Kontingen Tunagrahita Indonesia Bawa Pulang 15 Medali Emas

Sekitar 46 atlet tunagrahita yang tergabung dalam kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) berhasil mendapatkan medali emas dalam Special Olympics World Summer Games XIII. Dari tujuh cabang olahraga yang diikuti, para pahlawan olimpiade itu meraih 15 medali emas, 13 medali perak dan 11 medali perunggu.

Rombongan atlet tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Rabu, 6 Juli 2011. Setibanya di Terminal II, para atlet langsung dibawa menuju ruang VIP Terminal I Bandara. Rombongan disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng.

Andi mengaku bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas prestasi luar biasa yang didapatkan kontingen Indonesia. “Prestasi yang didapatkan kali ini sangat membanggakan,” kata Andi kepada wartawan.

Olimpiade kali ini, menurutnya terdapat kenaikan prestasi dibandingkan 4 tahun sebelumnya di Sanghai yang mendapatkan 9 emas, 9 perak dan 4 perunggu. “Prestasi ini sangat luar biasa, dibandingkan dengan olimpiade yang biasanya hanya dapat 1 atau 2 emas,” katanya.

Andi mengungkapkan ke-46 atlet tunagrahita itu mengikuti 7 cabang olahraga, dan yang paling banyak menyumbangkan emas pada cabang bulutangkis, dia juga berharap semoga prestasi yang diukir oleh anak bangsa yang memiliki kebutuhan khusus ini bisa menjadi inspirasi dalam mengaharumkan nama bangsa. Terutama untuk atlet biasa, diharapkan juga bisa seperti mereka. “Itu hak rakyat Indonesia untuk mengharumkan bangsa pada bidangnya masing-masing. Tidak terkecuali bagi yang memiliki keterbatasan,” katanya.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Pudji Hastuti juga mengaku sangat bersyukur dengan pencapaian kontingen SOIna kali ini. “Kami sangat bersyukur dan bangga terhadap kontingen SOIna. Mereka berhasil mengukir prestasi yang membanggakan dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter