Monday, December 12, 2011

Indonesian Awards - Anugrah Peduli Pendidikan 2011

Jakarta, 12 Desember 2011-- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali memberikan Anugerah Peduli Pendidikan (APP). Pemberian penghargaan yang langsung diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh ini ditujukan bagi perusahaan, kabupaten/kota, yayasan/kelompok masyarakat dan individu/innovator pendidikan yang memilik kepedulian terhadap dunia pendidikan serta tayangan televisi yang bersifat edukatif.

Acara yang berlangsung di Gedung D Kemdikbud ini selain dihadiri Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim juga dihadiri ratusan orang yang peduli dan berkontribusi dalam dunia pendidikan, yang terdiri dari pejabat Eselon I dan II Kemdikbud, direktur perusahaan BUMN dan Swasta, rektor perguruan tinggi, insan dunia pertelevisian dan para tamu undangan lainnya. APP 2011 dimeriahkan dengan berbagai kesenian, di antaranya Tari Saman oleh Duta Pariwisata dan Tari Lenggang Nyai oleh Putri Tuna-Rungu Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Nuh mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang mendasari diselenggarakannya Anugerah Peduli Pendidikan. Pertama, adanya keinginan membangun budaya apresiatif-konstruktif. Budaya apresiatif harus bisa dilestarikan, sehingga menjadi bagian dari budaya bangsa."Alasan kedua, dunia pendidikan tidak mungkin hanya diselesaikan Kemdikbud," ujar Menteri Nuh. Melalui APP, Kemdikbud ingin mengajak semua pihak, termasuk pemimpin media massa, untuk mencari peluang dalam berkontribusi di bidang pendidikan. Alasan ketiga, adanya nilai transendental. "Kami ingin membuka peluang bagi semuanya untuk bersama-sama masuk surga," tuturnya yang diikuti tepuk tangan hadirin.

Ada lima kategori bagi penerima Anugerah Peduli Pendidikan (APP) 2011 yaitu:

1. Kabupaten/Kota, untuk daerah yang berhasil memenuhi anggaran pendidikan 20%, serta kelancaran penyaluran dana BOS. APP Kategori Kabupaten/Kotamadya penghargaan diberikan kepada Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah; Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah; Kabupaten Gorontalo, Gorontalo; dan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
2. Yayasan, kepada yayasan nirlaba atau kelompok masyarakat yang berperan aktif memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. APP Kategori Yayasan, diperoleh Nusa Tenggara Centre, Nusa Tenggara Barat; PT. Bumitama Gunajaya Agro, Kalimantan Tengah; Muslimat NU, Jawa Timur; dan Aisyiyah, DKI Jakarta.
3. Individual dan Inovator Pendidikan, untuk sosok yang terbukti memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan pendidikan serta memiliki gagasan dan inovasi yang diterima masyarakat. APP Kategori Individual dan Inovator Pendidikan diperoleh Ibu Karli dari Surabaya; John Ndalu dari Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur; Siti Fauzanah dari Temanggung, Jawa Tengah; dan Dian Inggrawati dari DKI Jakarta.
4. Acara Televisi Edukasi, untuk acara televisi yang bersifat mendidik dan memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung antara lain bersifat fathonah (olah pikir), sidik (olah hati), amanah (olah raga), dan tabligh (olah rasa). Untuk Kategori Acara Televisi Edukasi, diperolah Kick Andy, Metro TV; Ranking 1, Trans TV; Si Bolang, Trans 7; dan Aku Ingin Sekolah, B Channel.
5. Perusahaan, kepada perusahaan yang peduli terhadap pendidikan dengan kegiatan memberikan beasiswa, kesempatan belajar bagi karyawan, serta membangun sarana pendidikan.APP kategori Perusahaan, diperoleh Garuda Indonesia, Perusahaan Gas Negara, Indofood, Semen Gresik, CIMB Niaga, PT. Timah, dan ExxonMobil.

APP 2011 dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan kesenian di antaranya Tari Saman oleh Duta Pariwisata dan Tari Lenggang Nyai oleh Putri Tuna-Rungu Indonesia. Dalam acara ini juga diserahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Pendidikan Karakter, yaitu Kategori Logo Pendidikan Karakter, Slogan Pendidikan Karakter, dan Animasi Pendidikan Karakter.

Source : Www.Dikti.Go.Id

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter