Sunday, December 30, 2012

Kaleidoskop Sepakbola Indonesia 2012

Tahun 2012 menjadi puncak dari kekisruhan yang sudah dimulai sejak tahun lalu, dan situasi ini masih dalam bentuk tanda tanya di tahun depan.

CATATAN REDAKSI

Pergantian tahun sudah dalam hitungan hari, dan begitu panjang dan melelahkan perjalanan yang dilalui sepakbola Indonesia sepanjang 2012. Melelahkan karena terlalu banyak drama yang menghiasai berbagai peristiwa di persepakbolaan nasional di tiap bulannya.

Konflik yang sudah terjadi sepanjang 2011 pun masih berlanjut hingga tahun ini. Munculnya dua organisasi dan tim nasional menggambarkan konflik yang tak kunjung berakhir. Tak pelak, sepakbola Indonesia pun selalu dihiasi kejadian memilukan dibandingkan menyenangkan.

Di tahun ini, Persipura Jayapura yang sempat digagalkan PSSI tampil di Liga Champions Asia, karena tidak berada di kompetisi di bawah payung PSSI, akhirnya bisa bermain di liga tertinggi antarklub Asia itu setelah memenangi gugatan di pengadilan arbitrase olahraga internasional (CAS).

Tragedi memilukan terjadi ketika timnas senior digasak Bahrain sepuluh gol tanpa balas, yang membuat Indonesia menelan kekalahan terbesar sepanjang sejarah. Begitu juga dengan kegagalan di AFF Suzuki Cup 2012, hingga meninggalnya pemain asal Paraguay Diego Mendieta.

 

Indonesia juga sepertinya dipayungi dewi fortuna di tahun ini. Tiga kali ancaman sanksi yang akan diberikan FIFA kepada Indonesia tak terealisasi. Presiden FIFA Sepp Blatter dalam keterangannya kepada wartawa pada 14 Desember pun menyatakan tak adanya sanksi bagi Indonesia di akhir tahun sebagai kado Natal dan tahun baru.

Sedangkan di kompetisi domestik, Sriwijaya FC memastikan diri menjadi juara Indonesia Super League (ISL). Sedangkan Semen Padang merajai Indonesian Premier League (IPL), dan Persibo Bojonegoro menyabet gelar juara Piala Indonesia.

Mundurnya sejumlah pengurus PSSI di bawah kendali Djohar juga turut mewarnai jalannya roda organisasi. Mulai dari pengunduran diri Ahmad Riyadh sebagai wakil ketua komisi banding (Komding), Tri Goestoro dari posisi sekjen hingga Todung Mula Lubis dari joint committe (JC).

Berikut rangkuman sejumlah peristiwa yang mewarnai perjalanan sepakbola Indonesia sepanjang tahun Naga Air:


JANUARI

12 Januari
PSSI telah menjalin kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk membantu pengelolaan keuangan induk organisasi sepakbola nasional ini agar lebih efisien dan efektif serta akuntabel.

13 Januari
Komisi disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada Persipura Jayapura, karena mengikuti kompetisi Indonesia Super League 2011/12, yakni didegradasi ke Divisi Utama dan denda Rp500 juta, serta dilarang melakukan aktivitas transfer pemain.

PSSI Dituding memberlakukan standar ganda dalam memberikan sanksi demi kepentingan terselubung induk organisasi sepakbola nasional tersebut. Sebab, klub lainnya langsung dijatuhi sanksi ketika ISL bergulir, dan dilanjutkan dengan dua tim Papua lainnya, Persidafon Dafonsoro dan Persiwa Wamena.

24 Januari
PSSI mulai membekukan sejumlah pengurus provinsi (Pengprov) menjelang berlangsungnya kongres tahunan pada Maret dengan dalih permintaan klub dan anggota di mana Pengprov itu berada. Pengprov pertama yang dibekukan adalah Jawa Timur.
 


FEBRUARI

2 Februari
Pengadilan arbitrase olahraga internasional (CAS) memenangkan gugatan Persipura Jayapura, dan menyatakan tim Mutiara Hitam berhak tampil di Liga Champions Asia. CAS juga memberikan kesempatan kepada PSSI, AFC, dan Adelaide United untuk memberikan jawaban hingga 6 Februari, sebelum pengadilan tersebut mengeluarkan keputusan final pada 10 Februari.

10 Februari
Konfederasi sepakbola Asia (AFC) memutuskan Persipura Jayapura tampil di play-off Liga Champions Asia (LCA) 2012 melawan Adelaide United di Stadion Hindmarsh, Kamis (16/2). Konfederasi sepakbola Asia (AFC) tidak menunggu keputusan akhir pengadilan arbitrase olahraga internasional (CAS). AFC untuk sementara berpegang kepada putusan sela CAS pada 2 Februari lalu.

16 Februari
Persipura Jayapura kandas di babak play-off Liga Champions Asia setelah menelan kekalahan 3-0 dari Adeilaide United di di Stadion Hindmarsh. Gol Adelaide dicetak Nigel Boogaard, Evgeniy Levchenko, dan Sergio van Dijk.

21 Februari
Wakil ketua komisi banding (Komding) PSSI Ahmad Riyadh resmi menyatakan mundur dari jabatannya, karena menilai kondisi persepakbolaan nasional saat ini makin tidak kondisif.

29 Februari

Timnas senior mendapat hasil memalukan usai mencatat kekalahan telak 10-0 dari Bahrain di babak ketiga Grup E kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia pada 29 Februari di Manama. Itu menjadi kekalahan paling telak yang pernah diterima tim nasional di berbagai event, setelah terakhir kali terjadi pada 3 September 1974 di Coppenhagen dengan skor 9-0 di laga persahabatan melawan Denmark.

MARET

5 Maret
Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono meminta PSSI untuk melakukan introspeksi, mengapa tim nasional Indonesia bisa sampai kalah dengan skor telak hingga memecahkan rekor kekalahan terbesar yang pernah diterima oleh tim Garuda.

9 Maret
Timnas U-21 menelan kekalahan 2-0 dari Brunei Darussalam pada final turnamen Piala Hassanal Bolkiah di Stadion National Hassanal Bolkiah. Untuk kali kedua Brunei meraih kemenangan atas Indonesia. Brunei pernah menundukkan tim Merah Putih 3-2 di laga Grup 2 kualifikasi Olimpiade pada Maret 1980.

15 Maret
Komite olahraga nasional Indonesia (KONI) mengeluarkan keputusan untuk menyelesaikan kisruh persepakbolaan nasional. Keputusan itu berisi sembilan poin yang diharapkan dapat menuntaskan semua permasalahan berdasarkan hasil pertemuan dengan PSSI, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), komite penyelamat sepakbola Indonesia (KPSI), dan PT Liga Indonesia (LI).

18 Maret
Kisruh sepakbola terus berlanjut dengan adanya dua kongres di hari yang sama. Di Palangkaraya, PSSI menggelar kongres tahunan demi menghindari sanksi FIFA. Sedangkan di Jakarta, KPSI melakukan kongres luar biasa yang memilih La Nyalla sebagai ketua umum PSSI, dan tidak mengakui keberadaan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husein.

23 Maret
Aji diberi sanksi oleh FIFA, karena dianggap melanggar aturan disiplin FIFA tentang melontarkan kalimat tak pantas kepada perangkat pertandingan berdasar pasal 48 kode disiplin FIFA. Pelanggaran yang dilakukan Aji sepertinya ketika ia mengeluar kalimat 'uang terlibat di sini' saat Indonesia digilas Bahrain 10-0.

27 Maret
Piala Indonesia PSSI resmi digulirkan. Namun, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) masih belum mengumumkan jadwal lengkap turnamen tersebut.

30 Maret
PSSI lolos dari sanksi, dan komite eksekutif (Exco) FIFA memberikan kesempatan kepada induk organisasi sepakbola nasional itu untuk membenahi karut marut persepakbolaan di tanah air hingga 15 Juni.

APRIL 


4 April
Setelah memperpanjang deadline untuk menyelesaikan kisruh, FIFA juga menugaskan Asian Footbal Confederation (AFC) untuk membentuk tim Task Force guna menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di sepakbola Indonesia.

Anggota tim Task Force yang ditugaskan ke Indonesia adalah wakil presiden AFC Prince Abdullah Ibnu Sultan Ahmad Shah, Anggota Exco FIFA dan AFC Dato' Worawi Makudi, Sekjen AFC Alex Soosay, dan ketua asosiasi anggota dan hubungan internasional James Johnson.

10 April
Nil Maizar resmi ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Indonesia untuk berlaga di turnamen AFF Suzuki Cup 2012.

MEI

5 Mei
Pengadilan arbitrase olahraga internasional (CAS) resmi menghentikan persidangan antara Persipura Jayapura dan PSSI, AFC, serta Adelaide United terkait Liga Champions Asia (LCA). CAS meminta biaya perkara ditanggung keempat pihak dengan ketentuan 40 persen AFC, 40 persen PSSI, serta masing-masing 10 persen kepada Adelaide United dan Persipura.

Selain itu, AFC dan PSSI juga masing-masing dituntut untuk membayar kontribusi biaya legal sebesar CHF 5000 (sekitar Rp50 juta) kepada Persipura dan Adelaide United.

26 Mei
Tim Indonesia Selection dibekap FC Internazionale 4-2 dalam laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/5) malam WIB.

JUNI

5 Juni
Timnas senior bermain imbang 2-2 saat menghadapi Filipina dalam pertandingan persahabatan di Stadion Rizal Memorial, Manila.

7 Juni
Taskforce AFC untuk Indonesia melahirkan MoU untuk penyelesaian kemelut organisasi sepakbola di Indonesia. MoU ditandatangani PSSI, KPSI dan ISL di Kuala Lumpur. Mengacu kepada MoU, Taskforce AFC untuk Indonesia menghasilkan badan ad-hoc yang bernama Joint PSSI Committee (JC) dari unsur PSSI Djohar dan KPSI/ISL.

20 Juni
Sriwijaya FC memastikan diri menjadi juara ISL usai mengalahkan Persela Lamongan 3-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Ini merupakan debut Kas Hartadi sebagai pelatih di Sriwijaya FC. Kepastian menjadi juara diperoleh dengan menyisakan tiga pertandingan.

24 Juni
Semen Padang tampil sebagai juara di kompetisi baru bentukan PSSI, Indonesian Premier League (IPL) setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh 3-1 di Stadion H Agus Salim. Walau Semen Padang hanya menyisakan satu laga, raihan poin 43 dari 21 pertandingan tidak mungkin dikejar pesaing terdekatnya, Persema Malang.

JULI

5-15 Juli
Indonesia yang menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-22 2013 gagal ke putaran final setelah menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup E. Timnas U-22 dibekap Australia 1-0, dan digasak Jepang 5-1. Tiga kemenangan Indonesia masing-masing diperoleh ketika mengalahkan Timor Leste 2-0, menekuk Makau 2-1, dan menghajar Singapura 2-0.

14 Juli

Persibo Bojonegoro menggagalkan upaya Semen Padang meraih gelar ganda usai tampil sebagai kampiun Piala Indonesia dengan mengalahkan tim Kabau Sirah 1-0 final di Stadion Sultan Agung, Bantul.

23 Juli
Persebaya IPL menjalani pertandingan persahabatan dengan klub Liga Primer Inggris Queens Park Rangers di Stadion Gelora Bung Tomo. Dalam laga yang sempat diwarnai padamnya lampu stadio sebelum dan saat pertandingan berlangsung, QPR mengalahkan Persebaya IPL 2-1.

25 Juli
Turnamen Java Cup 2012 yang digelar oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo akhirnya resmi diundur, akibat dua tim besar, Galatasaray dan Everton, membatalkan niat mereka untuk ikut serta. Hingga sekarang, pengunduran tersebut masih belum menemui kejelasan.
 
AGUSTUS

4 Agustus
Valencia bermain sepenuh hati dengan membukukan keunggulan mutlak 5-0 atas timnas senior Indonesia pada pertandingan eksebisi di stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

8 Agustus
Indonesia mencatat ranking terendah sepanjang sejarah dengan menempati peringkat ke-159. Ranking tersebut menjadi yang terburuk, memperbarui rekor sebelumnya, yaitu peringkat ke-153, yang pernah diduduki Indonesia pada masa ketum PSSI Azwar Anas (1995), Nurdin Halid (2006) dan juga Djohar Arifin Husein (2012).
 
SEPTEMBER

2 September
Setelah adanya dualisme organisasi, hadir juga dualisme tim nasional setelah KPSI membentuk timnas yang berisikan para pemain ISL untuk diterjunkan di AFF Suzuki Cup 2012 pada November.

4 September
Sekjen PSSI Tri Goestoro resmi mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya. Setelah Tri mengundurkan diri, beberapa hari kemudian giliran deputi sekjen bidang SDM dan pengembangan Mursid W Kusumo yang mundur. Posisi Tri selanjutnya diisi Halim Mahfudz.

9-10 September
Timnas U-22 tidak mampu mengungguli Malaysia U-22 usai menelan kekalahan tipis 1-0 dalam turnamen SCTV Cup 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Keesokan harinya, sepuluh pemain timnas senior dikalahkan Korea Utara 2-0. Indonesia bermain dengan sepuluh orang setelah Hamdi Ramdhan mendapatkan kartu kuning kedua.

11 September
Striker timnas Indonesia Andik Vermansyah menjalani trial bersama tim reserve DC United. Dalam pertandingan melawan Montreal Impact, Andik dimasukkan di babak kedua menggantikan Robbie Russell.

15 September
Timnas senior bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Vietnam dalam pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya menjelang Piala AFF 2012.

20 September
Federasi sepakbola Vietnam (VFF) mendapat kabar mengejutkan dari PSSI yang membatalkan secara mendadak pertandingan uji coba pada 22 September di Stadion My Dinh, Hanoi.

26 September
Nil Maizar akhirnya mencicipi kemenangan pertama bersama timnas Indonesia di level internasional setelah mencukur tuan rumah Brunei Darussalam 5-0 di stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan.

26 September
Langkah Arema IPL ke semi-final Piala AFC 2012 kandas setelah menelan kekalahan 2-0 dari tuan rumah Al Ittifaq di leg kedua perempat-final. Dengan demikian, Arema kalah agregat 4-0 setelah di leg pertama dibekap 2-0.

29 September
Mantan striker Arema Indonesia dan Persib Bandung Marcio Souza mendapat pencekalan dari PT Liga Indonesia (LI) dan klub-klub peserta.

OKTOBER

3 Oktober
Setelah pada 8 Agustus mencatat ranking FIFA terendah sepanjang sejarah, Indonesia kembali memecahkan rekor dengan menempati peringkat 170. Posisi Garuda digusur Bangladesh dan India yang masing-masing naik satu tangga.

15 Oktober
Federasi sepakbola Asia Tenggara memutuskan timnas senior yang berhak tampil di Piala AFF 2012 adalah tim di bawah pengelolaan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husein.

16 Oktober
Hasil imbang tanpa gol antara Vietnam Indonesia, seperti uji coba di Surabaya bulan lalu, kembali terjadi ketika kedua tim bereksebisi di stadion My Dinh, Hanoi. Laga ini rencananya diselenggarakan pada 22 September.

21 Oktober
Timnas U-23 menempati peringkat tiga turnamen Batik Cup 2012 setelah mengalahkan Divisi Utama U-23 All Star 1-0 di Stadion Manahan, Solo. Sedangkan Persiba Bantul tampil sebagai kampiun usai menundukkan Persis Solo Selection 2-0.

29 Oktober
Todung Mulya Lubis mundur sebagai ketua joint committee (JC), karena karena kinerja dari lembaga yang dibentuk taskforce AFC itu tidak menemui hasil signifikan. Komposisi perwakilan empat orang di masing-masing kubu membuat setiap rapat tak pernah menemui kata sepakat.

NOPEMBER

7 November
Indonesia dipastikan tergabung bersama negara jiran, Malaysia dan Singapura, serta runner-up kualifikasi pada undian grup AFF Suzuki Cup 2012 yang digelar di Bangkok. Laos akhirnya bergabung ke grup ini setelah menempati posisi runners-up.

9 November
Bek timnas senior Diego Michiels tersandung kasus hukum terkait aksi pengeroyokan terhadap Mef Paripurna di salah satu pusat perbelanjaan malam sebelumnya. Michiels akhirnya masuk bui, dan dicoret dari skuat Piala AFF 2012.

14 November
Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba menjelang AFF Suzuki Cup 2012 dengan skor tipis 1-0 melalui gol Bambang Pamungkas pada menit ke-66.

17 November
Timnas senior mendapatkan hasil cukup bagus menjelang AFF Suzuki Cup 2012 setelah bermain imbang tanpa gol melawan Kamerun U-23 Plus di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (17/11). Pertandingan antara Indonesia dan Kamerun U-23 Plus sempat tertunda selama setengah jam dari jadwal kick-off, karena pemain tim besutan Nke Dieudonne mogok bermain menuntut pelunasan match fee.

23 November
Rapahel Maitimo resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mendapatkan paspor. Maitimo pun masuk ke dalam skuat timnas senior di AFF Suzuki Cup 2012, dan Nil Maizar memutuskan untuk mencoret Arthur Irawan dengan adanya Maitimo.

24 November – 22 Desember
Indonesia tersingkir di penyisihan Grup B AFF Suzuki Cup 2012 setelah hanya menempati peringkat ketiga klasemen. Usai bermain imbang 2-2 melawan Laos, timnas senior sukses menundukkan Singapura 1-0. Namun di laga penentuan, tim Merah Putih dipaksa menyerah 2-0 dari Malaysia.

Untuk kali pertama, selisih gol Indonesia minus sejak Piala AFF bergulir tahun 1996. Indonesia untuk pertama kalinya juga mengalahkan Singapura di ajang ini. Singapura akhirnya tampil sebagai juara Piala AFF 2012.

29 November
Indonesia kehilangan jatah di Liga Champions Asia pada musim mendatang. Hilangnya jatah Indonesia ini berdasarkan permintaan PSSI dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo.

DESEMBER 

3 Desember
Diego Mendieta, pemain Persis Solo yang berlaga di kompetisi Divisi Utama PT Liga Indonesia (LI) meninggal dunia di Rumas Sakit Dr Moewardi, Solo. Kepergian pemain asal Paraguay ini mematik reaksi dari berbagai penjuru dunia.

6 Desember
Klub Indonesian Premier League [IPL] Semen Padang dan Persibo Bojonegoro dipastikan akan bersaing di Piala AFC 2013. Dari hasil undian Semen Padang, akan menghadapi klub Hongkong Kitchee, Singapore Armed Forces (Singapura), dan Churchill Brothers (India) di grup E.

Sementara runner-up IPL dan juara Piala Indonesia, Persibo Bojonegoro, berada di Grup F bersama klub Myanmar Yangon United, Sun Hei (Hongkong), dan New Radiant (Maladewa).

10 Desember
Dua organisasi sepakbola nasional yang saling berseberangan kembali menggelar kongres secara bersamaan. PSSI melangsungkan kongres luar biasa (KLB) di Palangkaraya, sedangkan KPSI di Jakarta.

11 Desember
Pemerintah melalui kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) membentuk gugus tugas (taskforce) yang bertugas untuk menghindari Indonesia dari kemungkinan sanksi FIFA pada 14 Desember.

14 Desember
FIFA memberikan kado Natal dan tahun baru kepada Indonesia dengan menunda sanksi pasca menggelar rapat komite eksekutif (Exco) di Tokyo, Jepang. FIFA memberikan batas akhir hingga Maret untuk menuntaskan konflik di Indonesia, dan berjanji bakal benar-benar memberikan sanksi bila masih belum ada penyelesaian.

19 Desember
Indonesia masih bisa tersenyum setelah menutup tahun dengan menempati peringkat ke-156. Ini merupakan lonjakan cukup berarti setelah sempat menempati posisi terendah dalam sejarah, yakni 170 dunia.
 

HARAPAN 2013

FIFA telah memperpanjang nafas Indonesia dengan tidak memberikan sanksi pada 14 Desember. Dengan demikian, masih ada kesempatan bagi PSSI dan KPSI untuk menyelesaikan konflik di antara mereka agar kondisi persepakbolaan nasional yang sudah terpuruk cukup parah dapat diperbaiki. Tanpa adanya dualisme organisasi dan kompetisi, maka bisa dibentuk sebuah tim nasional yang tangguh, dan konsentrasi dapat dicurahkan untuk meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia.

Sejumlah agenda sudah menanti timnas senior dan junior pada 2013. Timnas senior bakal melakoni laga kualifikasi Piala Asia 2015, serta bersaing dengan Irak, Arab Saudi, dan Cina pada awal tahun. Sedangkan timnas U-23 berlaga di SEA Games 2013 di Myanmar pada akhir tahun.

Source : www.goal.com 
  

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter