Saturday, December 29, 2012

Bambang Pamungkas (Bepe), 5 Besar Pemain Terbaik Asia 2012 Versi ESPN

 

TEMPO.CO, Jakarta - Nama Bambang Pamungkas mungkin sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepak bola Indonesia. Berbagai macam penghargaan pernah disematkan kepada penyerang Persija Jakarta itu. Namun, pernahkah anda membayangkan namanya ada di atas pemain-pemain Asia yang merumput di Eropa?

Ya, Bepe--sapaan akrab Bambang Pamungkas--masuk ke dalam daftar 10 pemain terbaik Asia 2012. Prestasi itu di didapat setelah kolumnis ESPN, John Duerden, menyusun nama-nama pesepak bola Asia yang tampil gemilang pada 2012.




Hebatnya, dari 10 pemain tersebut nama Bepe berada di urutan kelima, di atas bek Inter Milan Yuto Nagatomo dan kiper Wigan Athletic Ali Al Habsi. Penilaian ESPN memang sedikit menimbulkan tanda tanya, tetapi mereka memiliki penilaian tersendiri yang membuat Bepe berada di urutan kelima.

"Terkadang sepak bola tidak hanya tentang mencetak. Meskipun Bambang telah melakukannya sekali lagi, mencetak 16 gol untuk klub tercintanya Persija Jakarta. Tetapi, dia telah melakukan hal yang lebih dari itu," Duerden menuliskan itu di situs ESPN.

Menurut Duerden, Bepe kerap menjadi juru bicara untuk pesepak bola di Indonesia yang tersandung masalah dalam sepak bola Indonesia. Dia juga membantu pesepak bola yang tidak digaji tepat pada waktunya. Sosok Bepe di Indonesia menjadi figur yang memiliki visi dan jiwa kepemimpinan dari sebuah negara memiliki keterbatasan, setidaknya dalam hal lapangan sepak bola.

"Dia juga menyerukan penentangan terhadap perpecahan dalam persepakbolaan Indonesia yang memiliki dua liga dan organisasi. Mungkin sulit bagi orang lain untuk mencontoh apa yang Bambang lakukan di atas lapangan. Tetapi semuanya bisa belajar dari striker itu di luar lapangan," ujar Duerden.

Prestasi ini jelas membanggakan nama Indonesia di pentas sepak bola internasional yang surut dengan prestasi. Apalagi, saat ini sepak bola Indonesia sedang kisruh. Lantaran ada dua organisasi yang menjalankan liga sepak bola masing-masing di Indonesia.

Bahkan FIFA mengancam akan memberikan sanksi kepada Indonesia jika mereka tidak bisa menyelesaikan permasalahan sepak bola di Indonesia. Oleh karena itu, terpilihnya Bepe dalam daftar 10 pesepak bola terbaik Asia 2012 sedikit mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional.

Meskipun kini telah berusia 32 tahun, Bepe tetap tajam sebagai ujung tombak tim Macan Kemayoran--julukan Persija. Sepanjang musim 2011-2012 Liga Super Indonesia, Bepe mencetak 16 gol dari 33 pertandingan bersama tim Ibu Kota Jakarta itu.

Berikut 10 pesepak bola terbaik 2012 versi ESPN:

1. Omar Abdulrahman (Uni Emirat Arab dan Al Ain);
2. Shinji Kagawa (Jepang dan Manchester United);
3. Koo Ja-cheol (Korea Selatan dan FC Augsburg);
4. Lee Keun-ho (Korea Selatan dan Ulsan Horangi);
5. Bambang Pamungkas (Indonesia dan Persija Jakarta);
6. Yuto Nagatomo (Jepang dan Inter Milan);
7. Teerasil Dangda (Thailand dan Muangthong United);
8. Amjad Radhi (Irak dan Arbil);
9. Rozaimi Rahman (Malaysia dan Harimau Muda);
10. Ali Al Habsi (Oman dan Wigan Athletic).

Source : Tempo.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter