Thursday, January 27, 2011

Bocah SMP Garap Antivirus - Cari Tambahan Uang Saku Dengan Jual Cheat Code

Jakarta - Sadar akan kondisi keluarganya, bocah SMP si pembuat antivirus Artav -- Arrival Dwi Sentosa -- tak mau membebani orangtuanya. Dia pun berinisiatif mencari tambahan uang saku dengan berjualan cheat code game Point Blank. Game yang tengah digandrungi anak-anak sebayanya.

"Seminggu uang saku saya Rp 30.000. Kalau buat beli buku, uang saku saya dipotong. Jadi saya cari tambahan dengan jual cheat code buat Point Blank," ucapnya, polos kepada detikINET di rumahnya di Gang Adiwinata No 9, Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Satu cheat code buatannya pun tidak dihargai mahal. Hanya Rp 5.000 per cheat code. Harga yang sangat murah jika dibandingkan perjuangannya membuat cheat code tersebut. Dalam seminggu paling hanya 1-2 'kode curang' yang dia jual.

"Ya butuh waktu 1 jam untuk bikinnya. Saya bikin di warnet atau di rumah. Nanti mereka (teman-temannya, red.) datang ke sini. Lumayan lah buat menambah jajan," katanya.

Kemampuan programing Ival -- sapaan akrabnya -- didapat bukan dari pendidikan formal. Dia berguru pada buku dan internet. Saat ini baru sekitar 20 buku koleksinya. Mulai dari buku tentang merakit komputer, dasar-dasar visual basic sampai dengan tutorial Windows. Bahkan dirinya pun membuat satu modul dari print out artikel-artikel di internet.

"Ini saya print terus dijilid biar enak dibacanya. Kalau mau beli buku saya harus menabung dulu," katanya, sembari menunjukan modulnya.

Perlu waktu satu tahun bagi Ival untuk membuat Artav. Saat ini sudah 26.267 kali Artav didownload dari situsnya di www.artav-antivirus.com. Database virusnya pun sudah hampir 2.000-an dengan hampir 500.000 variannya.

Dia pun membuka donasi di antivirus buatannya untuk mensupport pengembangan Artav. Nominal donasinya pun tidak besar, minimal Rp 20.000. Ival pun akan menambahkan fitur-fitur menarik bagi para donatur.

Namun saat ditanya sudah berapa banyak donatur, sambil tersenyum Ival menjawab baru satu orang yang memberikan donasi. "Hehehe... Baru satu," katanya.

Jika Anda ingin membantu Ival dalam mengembangkan anti virus ciptaannya, silakan kirimkan donasi Anda ke nomor rekening 377.201.006.545.539 Bank BRI Unit Bojongsoang Cabang Majalaya, atas nama Yani Soffia. Setelah itu Anda bisa konfirmasi ke email artav_antivirus@yahoo.com.

"Tinggal tuliskan fitur apa yang diinginkan. Maksimal 3 fitur. Nanti saya tambahkan spesial buat donatur," ucapnya.

(afz / ash)

Source Postingan : Detik Inet

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter