Wednesday, January 12, 2011

Pemain SAD Indonesia Diminati Klub Amerika Latin


Para pemain muda Indonesia di proyek Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Indonesia yang berkompetisi di Uruguay diminati sejumlah klub lokal dan Chile.

Penanggung jawab proyek SAD Indonesia Demis Djamaoedin mengungkapkan hal itu dalam perbincangan di kantor Badan Pembinaan dan Pengembangan Usia Muda (BPPUM), Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.

“Ada sejumlah klub di Uruguay dan Chile yang berminat untuk mengambil anak-anak,” ungkap Demis dengan mimik sumringah.

Yang dia maksud dengan “anak-anak” ialah tujuh anak asuhnya yang kini memperkuat tim SAD Indonesia di Uruguay. Demis memaparkan ketujuh pemain itu kelahiran 1992 atau berusia sekitar 19 tahun. Sesuai dengan ketentuan Federasi Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA), mereka sudah bisa masuk ke dunia professional dan dikontrak suatu klub.

“Ada kemungkinan dikontrak penuh, bukan bermain dengan status pinjaman (dari SAD Indonesia) ke klub lain yang berminat itu. Karena, mereka sudah berusia 18 tahun atau lebih sebagaimana batasan yang digariskan FIFA,” jelasnya.

Menurut Demis, sejumlah klub Uruguay yang berminat antara lain Defensor Sporting, Nacional, dan Miramar Misiones. Adapun klub Chile yang tertarik anak-anak SAD Indonesia yang berkompetisi usia muda Uruguay itu ialah Universidad Catolica, Colo-Colo, dan Union Espanola. Mereka ialah klub-klub yang berlaga di Liga Primer atau divisi tertinggi kompetisi di negara Amerika Latin tersebut.

Sejauh ini, sudah ada dua teman seangkatan tujuh pemain itu yang telah berganti kostum dengan status dipinjamkan ke klub Atletico Penarol. Mereka ialah Syamsir Alam yang perosisi sebagai striker dan M Zainal Haq yang posisi sebagai stopper. Masa peminjaman mereka akan habis pada November nanti.

“Selanjutnya terserah keputusan Penarol apakah akan dimabil penuh (dikontrak) atau diperpanjang pemijamannya atau apa. Kami siap menerima keputusan itu dengan tangan terbuka,” ujar Demis.

Saat ini, total pemain muda yang tengah disemai di kompetisi usia muda Uruguay yang terkenal bagus itu berjumlah 40 pemain. Perinciannya, sebanyak 12 orang kelahiran 1992, 11 orang kelahiran 1993, dan 17 pemain kelahiran 1994.

Tahun ini, SAD Indonesia ikut berkompetisi sepakbola usia muda dengan menurunkan dua tim, yakni U-19 dan U-17.

Misi SAD ialah membina talenta muda pemain sepakbola Indonesia yang diharapkan kelak bisa memperkuat tim nasional sepakbola Indonesia di berbagai ajang regional maupun internasional. Uruguay dipilih karena memiliki sistem pembinaan dan kompetisi usia muda yang bagus. Selain itu, lingkungan sosial dan budaya di Uruguay tidak jauh berbeda dengan Indonesia, terutama dari aspek nilai-nilai kekeluargaannya.

Berita Dari BolaNews.Com

Tim Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Indonesia
Pemain muda Indonesia yang tergabung dalam program Sociedad Anonima Deportiva (SAD) yang kini berlatih di Uruguay menjadi magnet baru bagi sepak bola Amerika Selatan. Dua klub Chili mengincar sejumlah pemain SAD.

"Ada dua tim asal Chili yakni Universidad Catolica dan Union Espanyol yang berminat pada pemain SAD," kata Manajer Tim SAD, Demis Djanaoeddin di Jakarta seperti dilansir Antara, Selasa (11/01).

Demis mengatakan, kedua tim dari Chili itu pernah melakukan uji coba dengan tim SAD. "Keduanya menyatakan ingin mengambil beberapa pemain dengan status pinjaman dan masih kita bicarakan lebih lanjut," katanya.

Sementara dua pemain lainnya yakni Syamsir Alam dan Zaenal Haq menjalani seleksi untuk salah satu Tim Uruguay, Penarol. "Keduanya akan melaksanakan latihan perdana digelar, 12 Januari 2011," katanya. Keduanya telah lebih dulu bertolak ke Uruguay pada 9 Januari lalu. "Keduanya berpeluang untuk masuk tim inti Penarol. Jika tidak tentunya akan masuk Tim Quarta U-19 Penarol," katanya.

Selain Syamsir dan Zaenal, sebanyak 40 pemain juga akan diberangkatkan ke Uruguay. Rombongan ini terdiri dari 19 pemain SAD musim lalu ditambah pemain yang lolos seleksi pada 18 Desember 2010 lalu.

Tim SAD akan dibagi dalam dua tim yakni Tim U-17 dan Tim U-19 yang akan tampil di kompetisi pemain muda di Uruguay.

Source : BolaNews.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter