Sunday, November 27, 2011

Badan Pusat Statistik Jadi Model Dunia

BANDUNG, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga statistik resmi Indonesia diakui dan dijadikan model oleh sejumlah negara di dunia. Selain kunjungan studi banding, pengakuan itu juga dalam bentuk penunjukan Indonesia sebagai ketua komite statistik.

Kepala BPS yang kini menjabat Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, dalam Workshop Wartawan Statistik 2011 di Bandung, Jawa Barat, mengatakan, Indonesia setidaknya ditunjuk untuk memimpin Komite Statistik Asia Pasifik yang beranggotakan 62 negara, Wakil Ketua Komite Statistik Negara-negara Islam, dan Ketua Komite Statistik ASEAN (Asia Tenggara) dengan 10 negara anggota.

"Menjadi Ketua Komite Statistik Asia Pasifik merupakan yang pertama dalam sejarah Indonesia. Konsekuensi dari pengakuan itu, banyak negara yang datang ke Indonesia untuk belajar statistik," tambah Rusman.

Walau demikian, kata Rusman, BPS masih harus membenahi sejumlah kekurangan, antara lain dalam proses penyampaian data ke publik. Tantangan yang besar adalah dalam menjelaskan data untuk meminimalkan persepsi keliru yang disampaikan pengamat di ruang publik, seperti soal pengangguran, kemiskinan, dan inflasi.

Source : Kompas.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter