Monday, November 28, 2011

Dilarang Masak Mie Instant Bersamaan Dengan Bumbunya

Mie Instant yang kita kenal memang salah satu jenis makanan kemasan yang sangat mudah penyajiannya, rasanya pas, dan harganya pun relatif terjangkau.

Akan tetapi tahukah anda bahwa selain bahan pengawet yang terdapat dalam kandungan Mie Instant, ada ancaman lain dalam Mie Instant yang bisa membahayakan tubuh manusia? Hal ini ada hubungannya dengan cara memasak Mie Instant. Coba anda perhatikan semua kemasan Mie Instant! Kebanyakan prosedur memasaknya adalah masak mie terlebih dahulu baru setelah matang bumbu dimasukkan. Mengapa dalam prosedur memasak Mie Instant tidak ada yang menganjurkan bumbu dimasak bersamaan dengan mienya? Untuk mengetahui alasannya mari kita simak keterangan berikut ini.

Bumbu Mie Instant ternyata mengandung bahan MSG (Monosodium Glutamate) adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula tebu atau gula beet. MSG atau sering dikenal dengan sebutan vetsin atau michin ini memiliki fungsi sebagai bahan penyedap rasa, jadi tak heran jika rasa Mie Instant memang bisa memanjakan lidah. Tapi sebagai peringatan, kita dilarang memasak Mie Instant bebarengan dengan bumbunya karena Monosodium Glutamate bila dipanaskan hingga mencapai suhu 120 derajat celcius lebih, akan berpotensi menjadi Karsinogen.

Kita sama-sama tahu bahwa karsinogen sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, disebabkan karena karsinogen merupakan zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

Karena sekarang kita sama-sama telah mengetahui bahayanya memasak Mie Instant bersamaan dengan bumbunya, maka sebaiknya kita hindari hal tersebut. Demikianlah sekilas informasi ini.

Semoga posting kali ini bermanfaat. Terima Kasih ...

Source : Kaskus Forum

Alasan kenapa "dilarang Masak Mie Instant Bersamaan Dengan Bumbunya" adalah HOAX !!!

Diberitakan bahwa, Dilarang memasak Mie Instant bebarengan dengan bumbunya karena Monosodium Glutamate bila dipanaskan hingga mencapai suhu 120 derajat celcius lebih, akan berpotensi menjadi zat Karsinogen (Zat pemicu kangker).


Kenyataannya:

MSG (Monosodium/Mononatrium Glutamate) memiliki titik lebur 232 C. pemanasan hingga dekomposisi dapat melepas gas beracun (bukan karsinogenik) NOx dan Na2O.
MSG ini bersifat penguat rasa (enhancer) umami, bukan sebagai penyedap rasa.
Makanan instan bisa menimbulkan bahan karsinogenik jika dipanggang di atas api langsung.

Zat karsinogenetik dapat timbul dalam mengolah makanan (barbecue,sate), zat yg sama ada pada asap rokok (benzo[a]pyrene), seperti PAHs (polycyclic aromatic hydrocarbons) berasal dari asap pembakaran yg tidak sempurna, jadi kalo kita merasakan aroma asap dalam makanan bisa jadi bahan ini ada di dalamnya dan HCAs (heterocyclic amines) dihasilkan dari reaksi kimia antara daging dan pemanasan suhu tinggi atau dalam waktu lama.

Jurnal riset dari FDA (Food and Drug Administration), FASEB (Federation of American Societies for Experimental Biology), European Communities Scientific Committee for Foods, The Australia and New Zealand Food Standards, menyatakan bahwa, MSG masih ada dalam list yang diperbolehkan dipakai, belum melarang penggunaan MSG di masyarakatnya. MSG masih dipakai sebagai bahan tambahan dalam produk farmasi dan makanan.

Kesimpulan:


Pernyataan bahwa dilarang memasak Mie Instant bebarengan dengan bumbunya karena Monosodium Glutamate bila dipanaskan hingga mencapai suhu 120 derajat celcius lebih, akan berpotensi menjadi Karsinogen adalah tidak benar karena tidak di sertai atau tidak sesuai dengan fakta-fakta ilmiah. Jangan makan dan menggunakan bumbu secara berlebihan, Jangan memanggang dan memasak makanan dengan suhu yang tinggi dalam waktu yg lama, selain karena akan merusak makanan dan akan menghasilkan zat yg berbahaya, juga rasanya tidak akan enak karena gosong....


Informasi lebih lanjut:
-Forum sains
-handbook of pharmaceutical excipients, 6th edition
-http://id.wikipedia.org/wiki/Mononatrium_glutamat
-http://en.wikipedia.org/wiki/Monosodium_glutamate
-http://en.wikipedia.org/wiki/Carcinogen
-dll.

Tolong bantu sebarkan informasi ini, supaya tidak terjadi kesalahpahaman yg dapat meresahkan...

Source : Kaskus Forum

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter