Monday, November 28, 2011

Sport News - Musim Depan, Premiership Terapkan Teknologi Garis Gawang


Keterangan Gambar : Proses gol Frank Lampard ke gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer di laga perdelapan final PD 2010 di Free State Stadium, Bloemfontein, 27 Juni 2010. Masuknya bola ke dalam gawang luput dari pengamatan wasit dan hakim garis.

Liputan6.com, London: Besar kemungkinan Liga Premier akan mengunakan teknologi garis gawang mulai musim depan. Demikian pernyataan dari Asosiasi Sepakbola Inggris (FA). Sekretaris Jenderal FA Alex Horne menyatakan, jika satu atau lebih dari sistem yang diuji berjalan optimal maka otoritas tertinggi sepakbola di Inggris akan membuka diri menerapkan teknologi tersebut.

Menurut Horne, teknologi yang akan memantau garis gawang dapat memberi manfaat positif bagi kemajuan sepakbola. “Selama bertahun-tahun kita berpikir teknologi ini bagus buat membantu wasit,” kata dia.

Sembilan sistem tengah diuji di bawah otoritas independen yang mendapat tanggung jawab dari induk asosiasi sepakbola dunia FIFA. Keputusan final diharapkan sudah bisa dibuat pada Juli 2012. Horne sebelumnya menyebutkan, musim 2012-2013 mungkin terlalu cepat untuk mengadopsi teknologi garis gawang. Tetapi komentar terkini Horne berkata lain.

“Mungkin saja kita menyaksikan penerapan teknologi garis gawang di Liga Premier untuk musim 2012-2013. Kesalahan sudah terlampau sering dan kita menyaksikan wasit dan hakim garis tidak melihat bola sudah melintasi garis gawang atau belum,” imbuh Horne. “Kami membutuhkan dukungan mereka (teknologi garis gawang) dalam membuat keputusan.”

FIFA selama ini menentang penerapan teknologi dalam sepakbola. Organisasi pimpinan Sepp Blatter ini lebih mendukung keputusan final tetap di tangan petugas pertandingan. Opini itu berubah ketika tembakan Frank Lampard tak disahkan wasit meski dalam rekaman video terlihat bola telah melewati garis gawang saat Inggris bertemu Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010.(DIM/BBC)

Source : Liputan6.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter