Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Thursday, June 27, 2013

Apakah Semua Orang Pasti Akan Mengalami Katarak?

Tanya:
Apakah semua orang saat sudah tua pasti akan kena katarak, atau apakah ada cara untuk mencegahnya? Lalu kalau saya pernah
melakukan oprasi LASIK, jika nanti kena katarak apakah masih bisa operasi katarak?
Cynthia, 24 tahun

Jawab:
Sebagian besar katarak terjadi karena perubahan komposisi kimia lensa mata yang mengakibatkan lensa mata menjadi keruh. Perubahan ini dapat terjadi karena meningkatnya usia, trauma mata, penyakit tertentu seperti diabetes melitus atau penyakit mata sendiri.

Katarak yang disebabkan oleh proses penuaan alamiah (katarak senilis) merupakan jenis katarak yang paling umum dan dapat terjadi mulai usia 40 tahun. Maka mereka yang berumur di atas 40 tahun, berisiko lebih besar untuk mengalami katarak, meskipun timbulnya pada sebagian orang  ada yang cepat dan ada yang lambat.

Cepat lambatnya timbul kartarak senilis bisa dipengaruhi oleh adanya penyakit diabetes ataupun riwayat terpapar sinar matahari dalam jangka panjang seperti pada petani, nelayan, ataupun pekerja lapangan. Maka untuk menurunkan resiko katarak, hindari paparan sinar matahari langsung, misalnya dengan menggunakan payung, topi, atau kacamata hitam, menjaga pola hidup agar terhindar dari diabetes, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi makanan ataupun obat yang mengandung antioksidan secara berlebihan, karena salah satu penyebab dari perubahan lensa diduga oleh peningkatan oksidan dalam tubuh yang mengganggu metabolisme lensa mata.

Sampai saat ini tindakan operasi untuk mengganti lensa asli merupakan satu-satunya cara yang efektif untuk mengatasi katarak. Operasi  katarak ini dapat dilakukan pada penderita dengan riwayat operasi lasik, karena pada operasi lasik dilakukan pada bagian kornea mata, sedangkan pada operasi karatak operasi difokuskan pada bagian lensa mata. Selagi tidak ada kelainan ataupun komplikasi pada kornea akibat operasi lasik seperti kekeruhan pada kornea maka operasi katarak dapat dilakukan.

dr. Tri Ayu Lestari SpM.
MeetDoctor.com

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...