Monday, January 16, 2012

Jenis Dan Macam Blog

Yang namanya blog itu sangatlah beragam jenisnya, pada umumnya jenis blog berdasarkan atas topic atau tema yang diambil. Jenis-jenis blog itu antara lain meliputi:

1. Blog Pribadi! Blog pribadi yaitu blog yang berisi segala sesuatu yang bersifat individual dari sang pemilik blog, blog pribadi serupa dengan diary, jika biasanya diary berupa sebuah buku dengan goresan tinta namun dijaman digital seperti saat ini blog bisa dikatakan sebagai diary yang berupa data online dari hasil tarian jemari diatas keyboard. Dan meski berupa cerita pribadi sang pemilik blog bisa membaginya kepada siapa saja atau dengan kata lain bisa dinikmati oleh siapapun. Isinya bisa tentang pengalaman keseharian, semacam catatan harian atau istilah gaulnya adalah cuhat alias curahan hati.

2. Blog Tutorial! Blog tutorial yaitu blog yang berisi tutorial tentang pembuatan atau pengoperasian sesuatu, misal tutorial blog, tutorial facebook, tutorial email, tutorial photoshop, tutorial MsOffice, Tutorial Bisnis online dan lain sebagainya.

3. Blog Bisnis! Blog bisnis adalah blog yang dibuat untuk keperluan berbisnis, misal jual beli online atau hanya untuk sekedar sarana promosi.

4. Blog Politik! Blog politik yaitu blog yang membuat tema tentang berita politik, aktivis politik atau politikus, dan semua persoalan politik yang ditujukan untuk umum. Tak jarang para politisi memiliki blog pribadi yang biasanya digunakan untuk menuliskan gagasan dan opini seputar politik.

5. Blog Kesehatan! Blog kesehatan yaitu blog yang membahas seputar kesehatan. Isinya lebih spesifik dibidang kesehatan, misalnya tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, mengenai penyakit baru, penemuan obat terbaru, cara mengatasi suatu penyakit, cara hidup sehat dan masalah lainya yang berkaitan dengan kesehatan.

6. Blog Sastra! Blog sastra yaitu blog yang membahas seputar dunia sastara, misalnya berisi tentang prosa, puisi, sajak dan lainnya. Blog sastra lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).

7. Blog Perjalanan! Blog perjalanan yaitu blog yang berisi tentang kisah petualangan atau traveling. Mungkin bisa berupa cerita tentang perjalanan/traveling dari satu tempat ketempat yang lainya. Mungkin ketempat wisata atau mungkin berupa kuliner.

8. Blog Riset! Blog riset yaitu blog yang memuat persoalan akademis seperti berita riset terbaru, kabar penelitian masalah yang sedang buming misalnya kasus bakteri pada susu formula yang menghebohkan Indonesia.

9. Blog Hukum! Blog hukum yaitu blog yang membahas mengenai persoalan tentang hukum atau urusan hukum yang disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

10. Blog Media! Blog media yaitu blog yang berfokus pada pemberitaan semacam media massa seperti Koran atau telesi. Karena berisifat online biasa disebut cybernews.

11. Blog Agama! Blog agama yaitu blog yang membahas mengenai suatu agama, mungkin membahas soal agama Islam, bisa juga agama Kristen, Katolik, Hindu atau mungkin Budha. Hal-hal yang dimuat bermaksud untuk mempermudah bagi para pemeluk agama tersebut untuk memperdalam masalah ilmu agama.

12. Blog Pendidikan! Blog pendidikan yaitu blog yang membahas seputar dunia pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru yang biasanya berisi tentang mata pelajaran tertentu, berisi tentang soal dan pemecahanya.

13. Blog Kebersamaan! Blog kebersamaan yaitu blog yang ditulis oleh kelompok tertentu untuk kepentingan kelompok tersebut.

14. Blog Petunjuk (Directory)! Blog petunjuk yaitu blog yang berisi ratusan link halaman website. Blog ini bisa membantu orang-orang yang mencari informasi diinternet dengan kata kunci yang merajuk ke blog petunjuk dan kemudian baru menuju ke blog yang membahas tema yang dicari.

15. Blog Pengejawantahan! Blog pengejawantahan yaitu blog yang fokus tentang objek diluar manusia seperti kucing, monyet, anjing dan lainya.

16. Blog Pengganggu (Spam)! Blog pengganggu yaitu blog yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog), kenapa di sebut pengganggu karena keberadaan meraka bisa saja sebagai penipu.

Jenis-jenis blog tersebut hanyalah sebagian saja yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk membuat blog jenis apa? Mungkin blog tutorial, blog kesehatan atau apapun sesuai selera anda.

Source : SidomiNews.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter