Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Rabu, November 26, 2014

Seputar Antariksa - Berhasil, Printer 3D Cetak Produk Di Ruang Angkasa

Berhasil, Printer 3D Cetak Produk di Ruang AngkasaIlustrasi (CNN Indonesia/Thinkstock)
JakartaCNN Indonesia -- Mesin pencetak atau printer 3D berhasil melakukan fungsinya di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Printer itu sukses mencetak sejumlah peralatan yang digunakan oleh kru ISS.

Keberhasilan itu adalah terobosan baru. Nantinya ia akan mempengaruhi kinerja dan proses eksplorasi ruang angkasa.

"Ketika manusia pertama pertama kali membentuk sebuah alat dari batu, sangat sulit dipahami untuk membuat replika yang sama di ruang angkasa," kata CEO Made in Space, Aaron Kemmer, dikutip dari Cnet.


Kemmer bilang, pengoperasian printer 3D di ruang angkasa adalah momen transformatif. Tidak hanya untuk pengembangan di ruang angkasa, tapi juga untuk kemampuan manusia untuk tinggal jauh dari bumi.

Ide di balik penggunaan printer 3D ini adalah untuk efisiensi waktu dan penghematan biaya. Pasalnya, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan antariksawan, yang harus dikirim langsung dari bumi. Itu akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak untuk pengiriman.

Bentuk efisiensinya adalah penggunaan printer 3D. Para peneliti cukup mengirimkan rancangan desain peralatan yang akan digunakan dan kemudian dicetak melalui printer 3D di stasiun ruang angkasa.

"Proyek ini menunjukan dasar-dasar manufaktur yang berguna untuk digunakan di ruang angkasa. Hasil penelitian ini akan menjadi batu loncatan untuk kemampuan manusia di masa depan yang akan mengubah arsitektur misi eksplorasi menjadi lebih baik," kata Direktur Penelitian dan Pengembangan Made in Space, Mike Snyder.

Printer 3D ini pertama kali digunakan di ISS pada tanggal 24 November lalu dan akan digunakan untuk mencetak beberapa peralatan yang dibutuhkan oleh para antariksawan.

Penggunaan printer 3D ini memang sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu. Para peneliti sempat meragukan keakuratan mesin pencetak 3D, jika digunakan di ruang angkasa.

Mengingat kemampuan mesin dalam hal fleksibilitas, kemampuan tarikan, torsi, dan beberapa faktor lainnya dipengaruhi oleh gravitasi. Sehingga ketika berada dalam gravitasi nol, kemampuan ini dinilai akan berkurang.

Namun keberhasilan para peneliti mencetak produk printer 3D dengan tingkat akurasi yang tinggi semakin meyakinkan mereka bahwa alat ini akan membantu kinerja mereka dalam melakukan eksplorasi.

"Komponen manufaktur yang dihasilkan lebih dapat diandalkan dan efisien. Dan dalam waktu dekat, komponen ini bisa digunakan," ujar Snyder.

Source : CNNIndonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...