Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Sunday, August 21, 2011

Menggunakan Blog Mobile Version Untuk Handphone

Pada dasarnya, blog memang berada pada versi web untuk browser di komputhttp://www.blogger.com/img/blank.gifer. Namun, terkadang jika menggunakan versi web akan terasa berat untuk para pengunjung setia blog anda karena besarnya kapasitas yang akan di-load. Misal saja blogku ini “MyAkise”, ketika aku buka menggunakan HP me-load kapasitas sebesar 114KB. Untuk ukuran HP itu sudah termasuk besar karena memakan pulsa yang tidak sedikit juga.

“Bisa gag ya, buka di HP tanpa me-load sebesar itu?”
Tentu saja bisa, memang banyak aplikasi online third-party yang menyediakan layanan untuk membuat versi mobile(HP). Tapi kita tidak memerlukannya untuk tips kali ini, kita hanya cukup mengutak-atik sedikit di Blogger.

Keuntungan Menggunakan Mobile Version
1. Jika di buka menggunakan HP tidak membutuhkan kapasitas besar.
2. Bisa menghemat pulsa HP karena sedikit load kapasitas bandwidth.
3. Blog kita tetap bisa di buka memakai browser komputer maupun browser HP, karena blogger sudah memberikan 2 tipe jadi tergantung kita mau menggunakan versi browser komputer saja atau ditambah mobile version.

Untuk triknya, lihat nih :
1. Login ke Blogger in draft. (karena cara yang aku temukan ini ada di blogger in draft, jika belum memakai blogger in draft sebagai default blogger. Untuk versi lama, pada dashboard kanan atas centang “use blogger draft as default”. Jika tidak ada, masuk ke alamat resminya Blogger in Draft)



Tampilan Blogger In Draft

2. Setelah Login, masuk ke tab Template.

3. Klik icon “Gear” yang ada pada Mobile version. Pilih “Yes. Show mobile template on mobile devices” dan pilih juga model tampilan di HP sesuka kalian. Jika sudah klik “Save”.http://www.blogger.com/img/blank.gif
4. Blog Mobile Version siap digunakan, untuk test coba lihat blog kalian lewat HP atau browser dengan URL “http://namablog.blogspot.com/?m=1”. Misalnya, Untuk Blog Saya Linknya Ialah http://myakise.blogspot.com/?m=1



Catatan :
Cara ini tidak otomatis, maksudnya bila kalian tidak menyertakan “?m=1” di belakang URL blog kalian maka versi yang akan kalian buka adalah versi web. Jadi bila mau menggunakan versi mobile, kalian harus membuat sebuah link yang diletakkan di blog untuk pengunjung lain atau menuliskan URL lengkap seperti diatas. Blogger berbeda dengan Wordpress yang jika dibukan lewat HP akan menggunakan versi mobile secara otomatis.

Semoga Berhasil Dan Selamat Menikmati Online Via Web Maupun Lewat Mobile.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...