Saturday, April 02, 2011

Peraturan FIFA Tentang Bola


Dimana di kami sebelumnya telah mengulas tentang ukuran lapangan menurut standart FIFA maka kali ini kami akan mengulas tentang peraturan bola yang dipakai dalam sepak bola menurut standart FIFA.

Kualitas Dan Ukuran

Spesifikasi Bola :
*) berbentuk bulat
*) terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai
*) lingkaran tidak lebih dari 70 cm (28 inci) dan tidak kurang dari 68 cm (27 inci)
*) berat tidak lebih dari 450 g (16 oz) dan tidak kurang dari 410 g (14 oz) pada saat
dimulainya pertandingan
*) tekanan udara sam dengan 0,6 – 1,1 atm (600 – 1100 g/cm2) pada permukaan laut (8,5
lbs/sq inci)

Penggantian Bola Yang Rusak

Jika bola rusak atau kurang berfungsi dengan baik ketika pertandingan sedang berlangsung maka :
*) pertandingan harus dihentikan sementara
*) pertandingan dilanjutkan dengan menjatuhkan bola pengganti pada tempat dimana bola pertama mengalami kerusakan, kecuali apabila permainan dihentikan di dalam daerah gawang, untuk kejadian ini wasitmesti menjatuhkan bola penggantidi garis daerah gawang yang sejajar dengan garis gawang pada posisi yang terdekat dengan lokasi awal bola pada saat permainan dihentikan.

Jika bola pecah atau rusakketika tidak sedang dalam permainan yaitu pada waktu akan dilakukan kick off, tendangan gawang, tendangan sudut, tendangan hukuman, tendangan pinalti, atau lemparan kedalam:
*) pertandingan dilanjutkan sesuai keadaan pada saat kejadian tersebut

Penggantian bola selama pertandingan berlangsung tidak dapat dilakukan tanpa ijin/perintah wasit

Keputusan 1

Sebagai tambahan kepada persyaratan dalam peraturan ini, bola yang dapat diterima untuk dipergunakan pada pertandingan resmi yang diorganisir di bawah ketentuan FIFA atau kofederasi, hanyalah bola yang memenuhi kondisi salah satu dari yang berikut ini:
Logo resmi “FIFA APPROVED”
Logo resmi “FIFA INSPECTED”
Logo resmi “INTERNATIONAL MACHBALL STANDART”

Apabila salah satu simbol diatas terdapat pada sebuah bola, hal itu mneyatakabn bahwa bola tersebut telah diuji secara resmi dan telah sesuai dengan persyaratan khusus, perbedaan untuk setiap logo dan merupakan tambahan terhadap spesifikasi minimal yang diuraikan dalam peraturan bola. Daftar ketentuan tambahan yang spesifik terhadap masing – masing logo harus disetujui oleh IFAB. Lembaga yang melakukan pengujian ini subjek kepada persetujuan FIFA.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Asosiasi – asosiasi Anggota dapat memakai bola yang memiliki salah satu dari ketiga logo ini.

Keputusan 2

Dalam pertandingan yang dimainkan pada kompetisi resmi yang diorganisir di bawah pengawasan FIFA, konfederasi atau Asosiasi – asosiasi Anggota, tidak diperkenankan untuk menggunakan segala bentuk iklan komersil pada bola, kecuali logo kompetisi, logo pengelola kompetisi dan merk dagang resmi produser. Peraturan kompetisi dapat membatasi ukuran dan jumlah logo tersebut.

Bola – Bola Cadangan

Bola – bola cadangan harus ditempatkan di sekeliling lapangan permainan untuk dipergunakan selama pertandingan berlangsung, dengan ketentuan bahwa bola – bola tersebut memenuhi persyaratan dari Peraturan bola dan penggunaannya berada dibawah kontrol wasit.

Bola – Bola Berada Di Lapangan Permainan

Apabila bola cadanganmemasuki lapangan pertandingan pada saat permainan sedang berlangsung, wasit harus menghentikan permainan apabila bola tersebut mengganggu jalannnya pertandingan. Pertandingan dilanjutkan kembali dengan menjatuhkan bola (dropped ball) di tempat dimana bola yang sebenarnya berada ketika permainan dihentikan, kecuali apabila permainan dihentikan di dalam daerah gawang, untuk kejadian ini wasit mesti menjatuhkan bola di garis daerah gawang yang sejajar dengan garis gawang pada posisi yang terdekat dengan lokasi awal bola yang sebenarnya berada pada saat permainan dihentikan.

Apabila bola cadangan memasuki lapangan pertandingan pada saat permainan sedang berlangsung tanpa mengganggu jalannya permainan, wasit harus mengeluarkannya pada kesempatan pertama dari tempat yang paling mungkin tanpa harus menghentikan pertandingan.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter