Tuesday, April 12, 2011

Google Rayakan Setengah Abad Perjalanan Manusia Di Luar Angkasa


12 April 1961, Yuri Alekseyevich Gagarin segera menghadapi hari istimewa dalam hidupnya. Pakaian luar angkasa yang besar dan berat, melekat di tubuh letnan Angkatan Udara Soviet ini. Hari ini, Gagarin akan menjadi manusia pertama yang pergi meninggalkan bumi dan berwisata ke angkasa luas.

Sebuah gurun sepi di Kazakhstan menjadi tempat pemberangkatannya. Di gurun ini terdapat Tyuratam Missile Test range (sekarang Baikonur Cosmodrome), lokasi peluncuran misil yang menjadi kendaraan wisata Gagarin di luar angkasa.

Gagarin ditempatkan di kapsul Vostok, di ujung misil balistik R-7. Misil ini semula diproduksi sebagai peluncur hulu ledak nuklir, namun kini menjadi sarana pelontar Gagarin ke ruang angkasa.

Pukul 9.06 waktu setempat, ahli roket Sergei Korolev menekan tombol yang mengaktifkan peluncuran misil. Di dalam misil, Gagarin berteriak dengan lantang, “Poekhali! (Ayo berangkat!)”. R-7 segera melesat meninggalkan bumi. Sejarah baru pun tercatat hari itu. Gagarin resmi menjadi manusia pertama yang berpetualang di luar angkasa.

Gagarin terlahir di pesisir barat Moscow, 9 Maret 1934. Gagarin menghabiskan masa kecilnya di sebuah peternakan. Di usia 7 tahun, tentara Jerman menginvasi Rusia.

Ayahnya yang semula berprofesi sebagai tukang kayu, terpaksa bergabung dengan militer. Gagarin tinggal di bawah lindungan sang ibu yang juga harus menjaga saudara-saudaranya yang lain.

Di SMU, Gagarin dilatih sebagai teknisi dan sempat menuntut ilmu di sekolah teknik di Moscow. Tahun 1951, Gagarin meninggalkan bangku sekolahnya dan memutuskan untuk masuk sekolah industri.

Saat itulah, Gagarin mulai tertarik pada dunia kedirgantaraan, hingga ia bergabung di sebuah sekolah penerbangan.1955, Gagarin lulus dari sekolah penerbangan dan bergabung di Angkatan Udara Soviet. Kemampuannya yang di atas rata-rata membuatnya ditugaskan untuk menguji coba pesawat-pesawat baru dan super canggih.

Saat Soviet menyusun misi rahasia untuk menembus ruang angkasa, Gagarin menghadap atasannya dan mengajukan diri menjadi seorang kosmonot (di negara lain disebut astronot).

Atasannya tertegun karena tak pernah ada sebelumnya yang menyampaikan keinginan ini. Gagarin pun lolos tes dan berhasil mencetak rekor perjalanan pertama di luar angkasa.

Walau perjalanan ini hanya berlangsung selama 108 menit, namun mampu menoreh catatan baru di sejarah teknologi manusia. Misi ini pun menyulut kecemburuan pemerintah AS, hingga melangsungkan aksi yang lebih nekat lagi, mendaratkan manusia pertama di bulan.

Merayakan 50 tahun peluncuran roket Vostok yang membawa manusia pertama di luar angkasa, hari ini, Selasa (12/4), Google menampilkan logo khusus yang menggambarkan peristiwa bersejarah ini.

Dalam logo yang dipajang di halaman Google di seluruh dunia ini, terdapat animasi peluncuran roket ke luar angkasa. Nuansa retro pun hadir dalam pilihan warna yang menghiasi logo ini.

Poekhali, Gagarin!

(rere/gur)

Source : Tabloid Bintang

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter