Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Friday, May 27, 2011

Cara Membagi Bandwidth Warnet

Sekedar ingin berbagi pengalaman menangani bandwidth, mohon maaf kalau topiknya sudah basi dan tidak berkenan di hati rekan²...

Ada banyak program Bandwidth Management yang bisa kita pakai untuk mengatur aliran bandwidth di network kita, diantaranya adalah bandwidthcontroller, comtraffict, SoftPerfect Bandwidth Manager dll...

Rekomendasi dari suhu OPC a.k.a kang MAS adalah bandwidthcontroller namun setelah saya berputar² mencari versi "full"nya ternyata sangat susah sekali sehingga saya mencari program laen yg fungsinya sama dan kebetulan saya mendapatkan SoftPerfect Bandwidth Manager Full.

tujuan pengaturan bandwidth ini adalah agar tidak terjadi saling serobot antar pemakai bandwidth, kan lutju kalau admin tiba² nggak bisa browsing atopun d/l gara² bandwidth diabisin ma user yang demen nyedot file² gajah atau si Admin di omelin si BOS, krn si BOS kaga bisa narik imil... hehehe

Katakanlah kita memiliki Bandwidth 512 kbps, nah b/w ini mau dibagi secara 'adil' pada 7 user yang ada dalam network kita, misalnya saja pembagiannya sebagai berikut :

Admin : Unlimited
BOS : 128 kbps
User laen masing² 64 kbps

1. Add user dan lakukan pengaturan bandwidth dari yang bersangkutan.



2. Tentukan IP user yg akan di 'atur' bandwidthnya.



3. Destination Address kita pilih 'localhost' ini merujuk ke tempat dimana program Bandwidth Manager tertanam, jika sharing internetnya menggunakan Proxy (seperti saya), maka untuk destination port diisi dengan port dari si Proxy cth. 80, untuk yang share internetnya make NAT bisa pilih "any".



4. Setelah semua pengaturan beres akan terlihat seperti berikut



5. Kalau ada bos (host maksudnya... hehehe) atau user yang mau dikurangi bandwidth nya tinggal atur menggunakan "edit ruler" dan masukkan value yang baru.



Demikian sekelumit kisah dari orang yang masih buta jaringan mudah²an para suhu yang sudah expert berkenan menyempurnakan tulisan saya yang amburadoel ini.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...